Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Boneka Ini Memiliki Asal-Usul Misterius dan Cerita yang Menakutkan

Boneka adalah mainan anak-anak yang lazimnya ditampilkan dalam wujud tiruan manusia atau binatang. Kendati boneka dimaksudkan sebagai objek yang terlihat menggemaskan, boneka acap kali juga menjadi sumber dari munculnya cerita-cerita yang bernuansa horor. Pasalnya ada banyak kisah misterius dan bertema supranatural yang konon ditimbulkan oleh boneka yang disusupi makhluk halus. Berikut ini adalah contoh dari boneka-boneka tersebut.

Boneka Richard dan Sarah 

Boneka Richard dan Sarah

Suatu hari, seorang pria Inggris yang bernama Ben Canham membeli kotak yang berisi barang-barang bekas. Di antara timbunan barang bekas tersebut, Ben menemukan sebuah boneka perempuan yang kondisinya nampak masih bagus. Boneka tersebut nampak mengenakan gaun dan topi berwarna hijau.

Saat Ben memeriksa boneka tersebut dengan lebih seksama, ia menemukan amplop bertuliskan “Baca Aku” yang menempel pada boneka. Merasa penasaran, Ben pun kemudian membuka amplop tersebut. Di dalamnya, ia menemukan surat hasil tulisan tangan yang nampaknya dibuat oleh pemilik boneka yang sebelumnya. 

Di dalam surat tersebut, Ben mengetahui kalau boneka tersebut awalnya ditemukan di dalam mobil yang sudah tidak terpakai pada tahun 1990. Wanita yang menemukan bonekanya kemudian membawa pulang boneka tersebut. Sesudah beberapa hari, wanita tersebut menyadari kalau boneka tersebut sudah berubah posisi dan kotaknya sudah berada dalam kondisi terbuka. Seolah itu belum cukup aneh, wanita tersebut juga kerap mendengar suara tawa kecil dari ruangan tempat bonekanya disimpan. 

Merasa tidak tahan lagi, wanita itupun meminta bantuan kepada bibinya yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan makhluk halus. Sang bibi kemudian menjelaskan kalau boneka ini dulunya dimiliki oleh sepasang kekasih yang bernama Saran dan Richard. Saat keduanya meninggal, arwah Sarah terikat pada boneka, sementara arwah Richard terikat pada kotak bonekanya.

Di dalam surat yang sama juga dijelaskan kalau boneka tersebut awalnya dibeli oleh seseorang. Namun kemudian pembelinya mengembalikan boneka tersebut karena ia mengaku kerap mendengar suara bisikan dan langkah kaki di tangga sesudah membeli boneka tadi.

Bukannya takut, Ben justru merasa penasaran dan ingin membuktikan sendiri isi surat tersebut. Maka, ia kemudian menaruh kotak berisi boneka tersebut di museum khusus barang-barang gaib di Hinckley. Kebetulan Ben juga bekerja sebagai relawan di museum tersebut.

Tidak lama setelah Ben menaruh kotak boneka tersebut di sana, aneka peristiwa aneh mulai terjadi. Kotak boneka kerap terbuka sendiri meskipun tidak ada yang menyentuhnya. Lampu menyala dan mati dengan sendirinya. Suara langkah kaki dan tawa kecil misterius kerap terdengar. Kemudian saat tidak ada yang melihat, boneka yang bersangkutan entah bagaimana sudah berpindah posisi. Boneka tersebut hingga sekarang diketahui masih tersimpan di museum, lengkap dengan suratnya.

Boneka Charley

Boneka Charley

Tahun 1968, suatu rumah bergaya Viktoria Inggris yang berlokasi di New York baru saja ditempati oleh pemilik baru. Saat keluarga pemilik baru rumah tersebut sedang membersihkan tempat tinggal baru mereka, mereka menemukan boneka anak laki-laki teronggok di dalam rumah.

Keluarga tersebut pada awalnya menduga kalau boneka tersebut tanpa sengaja ditinggalkan oleh pemilik rumah yang lama. Namun rentetan peristiwa aneh yang terjadi kemudian membuat mereka menduga kalau boneka tersebut mungkin memang sengaja ditelantarkan di sana.

Pada malam hari, boneka tersebut nampak berubah-ubah posisi dengan sendirinya. Kemudian saat pagi tiba, boneka tersebut nampak sudah ada di ruangan yang berbeda meski tidak ada yang mengaku memindahkan boneka tersebut. Anak perempuan termuda dari pasangan suami istri yang menghuni rumah ini juga mengaku kalau pada tengah malam, boneka tersebut bicara padanya dan memanggil dirinya dengan nama “Charley”.

Keluarga yang menghuni rumah tersebut pada akhirnya merasa tidak tahan lagi setelah pada suatu hari, salah seorang putri mereka terbangun dengan luka cakaran di tubuhnya. Boneka tersebut kemudian dikunci di loteng sebelum kemudian berganti-ganti pemilik. Sekarang, Charley terpajang di sebuah toko antik yang berlokasi di Beverly, Massachusetts.

Boneka Janet

Boneka Janet

Suatu hari, sepasang pakar supranatural yang bernama Craig Jones and Matt Wood memeriksa rumah kosong di Texas, AS. Di dalamnya, mereka menemukan boneka perempuan berambut pirang yang bernama Janet. Boneka yang sama diketahui berasal dari tahun 1903. Saat ditemukan, Janet sudah berada dalam kondisi kehilangan mata dan kelopak matanya.

Namun saat Jones dan Wood memotret Janet, keanehan langsung terjadi. Saat keduanya memeriksa foto Janet, mata Janet terlihat terpejam meskipun seharusnya hal tersebut tidak mungkin terjadi mengingat Janet sudah tidak memiliki kelopak mata. 

Mereka kemudian mencoba memotret kembali Janet untuk melihat apakah mata Janet kembali terpejam, namun gagal. Jones dan Wood kemudian meminta bantuan orang-orang untuk memotretkan Janet. Namun foto yang mereka ambil juga tidak menunjukkan mata Janet berada dalam kondisi terpejam.   

Kanehan terkait Janet sendiri masih belum berhenti sampai di sana. Saat orang-orang melihat Janet, mereka mengaku mengalami pusing secara tiba-tiba. Hal tersebut juga menimpa mereka yang hanya sekedar melihat video online Janet. 

Jones juga mengaku kalau saat ia membuat rekaman video mengenai Janet, ia mendengar suara misterius serta bayangan yang menampakkan diri di tangga bawah. Kemudian pintu kamar putri Jones juga terlihat membuka dengan sendirinya.

Boneka dengan Penutup Mata


Setelah dari tadi kita memperoleh kisah mengenai boneka-boneka angker dari Barat, sekarang kita menuju Asia Tenggara. Pada bulan Juni 2014, sebuah boneka aneh ditemukan terbaring di bawah pohon di kawasan Hougang, Singapura. Boneka kecil tersebut nampak sebagai boneka perempuan yang berbaju serba putih dan berambut hitam panjang.

Hal paling menarik perhatian terkait boneka tersebut adalah boneka yang bersangkutan terlihat mengenakan penutup mata berwarna putih. Pada penutup mata tersebut, nampak tulisan hitam “Bismillah” yang ditulis memakai aksara Arab. Kabar mengenai penemuan boneka tersebut kemudian masuk ke situs forum internasional Reddit. 

Dari sana, kisah mengenai penemuan boneka tersebut langsung viral dan kemudian turut dibahas di media massa berbagai belahan dunia. Aneka cerita mengenai asal usul boneka tersebut kemudian bermunculan meskipun tidak diketahui apakah kisah tersebut memang benar atau sekedar hasil rekayasa untuk menciptakan sensasi.

Menurut salah satu cerita, boneka tersebut kadang-kadang terdengar berbisik dalam bahasa Melayu. Kemudian di hari yang sama dengan ditemukannya boneka tersebut, seseorang ditemukan meninggal akibat bunuh diri di apartemen yang lokasinya tidak jauh dari lokasi penemuan boneka.

Menurut cerita lain, kain yang dipasang pada mata boneka tersebut dimaksudkan sebagai segel agar boneka tersebut tidak bisa membahayakan manusia. Jika penutup matanya dibuka, boneka tersebut konon bakal membuntuti orang yang membuka penutup matanya. 

Foto yang menampilkan boneka tanpa penutup mata kemudian beredar di internet di mana salah seorang pengguna Reddit berkomentar, “Dia (bonekanya) terlihat tidak gembira, semoga yang melakukannya baik-baik saja”. Keberadaan boneka itu sekarang tidak diketahui dan kisah mengenai asal-usul kemunculan boneka tersebut masih terus menjadi bahan spekulasi.

Sumber :
https://mysteriousuniverse.org/2019/09/scary-tales-of-haunted-abandoned-dolls/