PLARIUSMODIFIKASI101

Musisi Ini Konon Mengadakan Perjanjian Dengan Iblis Agar Jago Main Musik

Wednesday, May 06, 2020
Melihat musisi profesional mempertunjukkan keahliannya memainkan alat musik bakal senantiasa mengundang decak kagum siapapun. Terlebih lagi jika lagu yang dimainkan memiliki tingkat kesulitan amat tinggi. 

Saat orang-orang merasa begitu takjub akan keahlian bermusik yang dimiliki oleh orang-orang tertentu, kabar kalau musisi tersebut mendapatkan bakatnya dari iblis pun lantas bermunculan. Berikut ini adalah  musisi terkenal yang konon bisa mahir bermain musik karena menjual jiwanya ke iblis.

Robert Johnson

Robert Johnson musisi blues

Robert Johnson adalah musisi asal AS yang hidup pada tahun 1911 hingga 1938. Ia dikenal sebagai salah satu pemain gitar terbaik pada masanya. Sampai-sampai majalah musik Rolling Stones menobatkan Johnson sebagai gitaris terbaik ke-5 dalam daftar 100 gitaris terbaik versi mereka. Johnson juga dikagumi karena ia dipandang sebagai tokoh yang mendongkrak poularitas aliran musik blues.

Namun di balik kegemilangannya tersebut, tersembul pula cerita negatif mengenai Johnson. Ia dirumorkan membuat perjanjian dengan iblis supaya bisa menjadi musisi handal. Rumor itu sendiri beredar karena saat masih duduk di bangku sekolah menengah, Johnson tidak dianggap sebagai orang yang mahir bermain gitar.

Hingga kemudian saat ia sudah berusia 18 tahun, Johnson secara tiba-tiba menunjukkan keahlian bermain gitar yang luar biasa. Sahabat anehdidunia.com popularitasnya di dunia musik pun ikut meroket dalam sekejap. Orang-orang yang pernah mengenal Johnson lantas bertanya-tanya bagaimana ia bisa mahir bermain gitar dalam waktu singkat.

Johnson sendiri secara terang-terangan mengaku kalau dia memang membuat perjanjian dengan iblis supaya ia bisa mahir bermusik. Menurut klaim Johnson, saat ia sedang merasa depresi pada usia 18 tahun, tiba-tiba saja ia bertemu dengan sosok iblis dalam pikirannya. 

Iblis tersebut kemudian menawarkan bakat musik pada Johnson jika Johnson bersedia menumbalkan jiwanya. Tawaran tersebut disetujui oleh Johnson. Namun kisah misterius mengenai Johnson masih belum berhenti sampai di sana. Saat ia tengah berada dalam puncak popularitasnya, Johnson tiba-tiba meninggal dalam usia 27 tahun akibat sebab yang belum jelas.

Giuseppe Tartini

Giuseppe Tartini

Giuseppe Tartini adalah nama dari musisi asal Italia yang hidup pada tahun 1692 hingga 1770. Ia dikenal sebagai salah satu penggubah lagu sekaligus pemain biola terbaik pada masanya. Namun meskipun memiliki keterampilan yang menonjol di bidang musik, Tartini juga memiliki sisi negatifnya sendiri. Ia dikenal memiliki kepribadian yang emosional dan meledak-ledak.

Tartini juga merasa sangat terobsesi akan bakatnya sendiri. Ia senantiasa membanding-bandingkan keahlian bermusiknya dengan keahlian bermusik orang lain karena ia tidak mau dianggap lebih inferior dibandingkan musisi lain. Hingga pada suatu hari, Tartini tanpa sengaja mendengar permainan biola musisi lain.

Tartini merasa begitu terkesan sekaligus shock akan permainan biola yang ditunjukkan oleh orang tersebut. Saking terpukulnya, Tartini dikabarkan sampai mengalami depresi. Tartini kemudian mengurung diri di ruangannya hingga belasan jam setiap harinya supaya ia bisa bermain biola dengan lebih baik.

Suatu hari saat Tartini sedang tertidur lelap usai berlatih keras, Tartini konon didatangi oleh iblis atau setan dalam mimpinya. Iblis tersebut mengklaim kalau ia bisa mengubah Tartini menjadi pemain biola terbaik di dunia jika Tartini bersedia mengorbankan jiwanya. Tartini lantas meminta iblis tersebut untuk memainkan biola di hadapannya.

Iblis tersebut kemudian memainkan biola di hadapan Tartini dengan melodi dan keterampilan yang tidak pernah disaksikan oleh Tartini sebelumnya. Saat Tartini terbangun, Tartini konon masih bisa mendengarkan alunan nada-nada yang dimainkan oleh sang iblis di dalam kepalanya. Maka, Tartini pun kemudian bergegas mengambil kertas dan menuliskan kembali partitur dari lagu tersebut.

Lagu tersebut kelak menjadi salah satu lagu yang paling terkenal dari Tartini. Karena Tartini konon bisa menciptakan lagu ini berkat bantuan iblis, lagu ini juga dikenal dengan nama “Devil's Trill Sonata”. Tartini sendiri dalam satu kesempatan mengaku kalau lagu yang dimainkannya ini masih belum sebaik dengan lagu yang dimainkan oleh Setan dalam mimpinya.

Nicolo Paganini

Nicolo Paganini

Satu lagi musisi yang berasal dari Italia. Nicolo Paganini adalah musisi asal Italia yang hidup pada tahun 1782 hingga 1840. Seperti halnya Tartini, Paganini juga menyandang reputasi sebagai pemain biola terbaik pada masanya. Ia bahkan disebut-sebut sebagai salah satu pemain biola terbaik di dunia yang pernah ada.

Menurut kesaksian mereka yang pernah menyaksikan permainan Paganini, Paganini bisa memainkan biola dengan tingkat kesulitan yang hampir tidak bisa ditiru oleh pemain biola yang hidup di masa sekarang. Misalnya dengan memainkan 3 oktaf pada 4 senar sekaligus. Paganini juga dikabarkan bisa membuat penonton begitu takjub saking mahirnya ia dalam memainkan biola dengan nada-nada sulit sekaligus indah.

Kehebatan yang dimiliki oleh Paganini tersebut lantas membuat banyak orang bertanya-tanya. Apa rahasianya sehingga Paganini bisa memiliki keahlian bermain biola layaknya manusia super? Rumor kalau Paganini mendapatkan bakatnya dari iblis lantas mulai beredar.

Menurut rumor ini, saat Paganini masih berusia 6 tahun, Paganini membuat perjanjian dengan iblis supaya ia bisa menjadi pemain biola terbaik di dunia. Mudah saja bagi kita untuk beranggapan kalau rumor tersebut tidak memiliki dasar.

Namun menariknya, Paganini tidak mencoba menepis isu tersebut. Padahal kebanyakan penduduk Eropa pada masa itu masih cukup agamis sehingga orang yang dikabarkan memiliki hubungan dengan ilmu hitam bakal dipandang secara negatif. Sahabat anehdidunia.com sebagai akibatnya, walaupun di satu sisi orang-orang menaruh kekaguman terhadap Paganini, tidak sedikit dari mereka yang memandang Paganini dengan penuh rasa takut dan curiga.

Tahun 1840, Paganini meninggal dunia. Namun kabar kalau ia membuat perjanjian dengan setan masih tetap dipegang teguh oleh banyak orang, termasuk oleh lembaga gereja. Akibatnya, pihak gereja menolak membuatkan upacara pemakaman untuk Paganini dan nasib jenazahnya sempat terkatung-katung.

4 tahun seusai kematian Paganini, Paus akhirnya setuju untuk memindahkan jenazah Paganini ke Genoa, kota kelahiran Paganini. Namun Paus tetap menolak untuk memakamkan Paganini. Baru berselang 36 tahun kemudian, mayat Paganini akhirnya dikebumikan lewat upacara pemakaman Katolik yang layak.

Philippe Musard

Philippe Musard

Dari Italia, sekarang kita menuju Perancis. Philippe Mussard adalah musisi asal Perancis yang hidup pada tahun 1792 hingga 1859. Selain terkenal lewat bakatnya, Mussard juga terkenal karena ia kerap menggelar konser di tempat-tempat berbiaya murah sehingga konsernya juga bisa dinikmati oleh golongan menengah ke bawah.

Dibandingkan dengan musisi lain pada masanya, Mussard tergolong sebagai musisi yang nyentrik karena ia kerap menyiapkan tempat pertunjukkan dengan pemandangan dan latar panggung yang tidak biasa. Mulai dari perabotan, cermin, dekorasi, air mancur, hingga patung.

Mussard juga memainkan musiknya sedemikian rupa supaya penonton terpancing untuk menari dan bersorak saat konser berlangsung. Kemudian selain menggunakan instrumen musik biasa, Mussard juga menyisipkan bunyi-bunyian yang tidak terdengar seperti suara musik untuk mengiringi lagu yang dimainkannya. 

Tidak mengherankan jika kemudian konser yang dimainkannya selalu dipenuhi suasana riuh. Dalam beberapa kesempatan saat bertindak sebagai dirigen, Mussard bahkan melemparkan tongkat dirigennya ke arah penonton. Sahabat anehdidunia.com dengan melihat tingkah lakunya yang terkesan liar untuk ukuran musisi pada masa itu, tidak berlebihan jika kemudian Mussard dipandang bak bintang musik rock pada masanya.

Namun di lain pihak, tingkah polah Mussard yang dianggap tidak wajar pada masanya menyebabkan dirinya menjadi sasaran kemunculan gosip-gosip liar. Menurut salah satu gosip, Mussard membuat perjanjian dengan iblis sehingga ia bisa memperoleh popularitas dalam waktu singkat sambil melakukan hal-hal aneh di atas panggung. Namun mengenai benar tidaknya gosip ini, tidak ada yang tahu selain Mussard sendiri.

Bagaimana, anda percaya?

referensi :
https://www.theguardian.com/music/2015/may/23/robert-johnson-photo-does-not-show-blues-legend-music-experts-say
https://mysteriousuniverse.org/2016/12/dark-pacts-strange-tales-of-real-deals-with-the-devil/


close