PLARIUSMODIFIKASI101

Tragis Setelah Kawin Para Binatang Ini Harus Rela Mati Ditangan Pasangannya

Tuesday, June 30, 2020
Kehidupan binatang memang selalu penuh misteri yang selalu mengundang rasa ingin tahu untuk diselidiki lebih lanjut. Dalam sejarahnya banyak hewan dimanfaatkan oleh manusia untuk transportasi seperti unta di padang gurun, Kuda di pegunungan ataupun kerbau untuk membajak sawah. Binatang juga erat kaitannya dengan pemujaan seperti kucing dan buaya di zaman Kerajaan Mesir yang disucikan. Sehingga tidak heran disana banyak ditemukan lambang kucing atau buaya di dinding piramida Mesir.

Selain itu ternyata binatang layak untuk diteliti karena perilaku alamiahnya yang membuat kita takjub. Seperti perilaku perkawinan hewan yang diluar nalar manusia. Untuk perkawinan masih dalam satu keturunan masih bisa dimaklumi namun yang mengerikan saat terjadi perkawinan kemudian salah satu pasangan membunuh pasangannya. 

1.Sadisnya belalang sembah betina
Sadisnya belalang sembah betina
Sadisnya belalang sembah betina via idntimes.com
Dalam segi ukuran belalang sembah betina lebih besar daripada belalang sembah jantan. Kemudian belalang sembah jantan menempelkan tubuhnya ke si betina kemudian terjadilah atifitas seksual. Saat aktifitas seksual berjalan tiba - tiba kepala belalang sembah betina menoleh dan langsung memotog leher pasangannya. Namun dengan posisi kepala putus hubungan seksual itu tetap terjadi. Mengerikan bukan? Di akhir cerita kemudian belalang sembah berita memakan kepala dan tubuh pasangannya. Tujuan dari kanibalisme ini adalah menambah protein dalam tubuh si betina itu sendiri.

2.Perkawinan lebah madu
Perkawinan lebah madu
Perkawinan lebah madu via background.id
Dalam sebuah sarang lebah hanya ada satu lebah betina yakni sang ratu. Dimana tubuh ratu lebah ini cenderung lebih besar karena berfungsi sebagai reporduksi. Sahabat anehdidunia.com saat sang ratu keluar dari sarangnya kemudian para lebah jantan menghampirinya untuk melakukan aktifitas seksual. Masalahnya dalam aktifitas seksual itu lebah jantan memasukkan kelaminnya dengan kecepatan tinggi dan menggunakan kekuatan otot perut. Akibatnya setelah sepersekian detik alat kelamin lebah jantan meledak dan matilah si lebah jantan. Kemudian datang lebah jantan lainnya secara bergantian untuk kawin dengan sang ratu namun dengan nasib sama yakni mati.

3.Tikus Antechinus Stuartii
Antechinus Mouse Stuartii
Antechinus Mouse Stuartii via flickr.com
Tikus Antechinus Stuartii adalah hewan yang berada di Austalia. Mereka kawin hanya pada musim dingin saja. Disaat itulah dia akan melakukan kawin dengan betina sebanyak mungkin. Dimana dalam fase kawin ini bisa berlangsung hingga berjam - jam lamanya. Akibatnya Tikus Antechinus Stuartii menjadi kelelahan dan sistem kekebalannya turun drastis. Hal itulah membawa kematian pada si jantan.

4.Ikan Salom Pasifik
Ikan Salom Pasifik
Ikan Salom Pasifik via 99.co
Ikan Salom Pasifik ini identik dengan kegiatannya yang melawan arus sehingga selalu meloncat - loncat. Dalam kegiatan reproduksinya ini Ikan Salom Pasifik betina langsung mati. Kemudian Ikan Salom Pasifik jantan membawa telur mereka ke kawasan air tawar. Proses menuju kawasan air tawar ini juga membutuhkan energi besar. Sehingga tidak heran setelah sampai tujuan Ikan Salom Pasifik jantan mati karena kehabisan energi.

5.Parasit bersayap bengkok
Parasit
ilustrasi Parasit bersayap bengkok via discoverlife.org
Cara kerja reproduksi Parasit bersayap bengkok bisa dibilang cukup rumit. Karena Parasit bersayap bengkok betina akan menanamkan dirinya di tubuh serangga seperti lebah. Kemudian menonjolkan kelaminnya diluar. Sahabat anehdidunia.com diwaktu yang tepat Parasit bersayap bengkok jantan datang untuk mengawininya. Setelah itu dalam beberapa jam Parasit bersayap bengkok betina berterlur dan menetaskan anak - anakny. Disaat itu Parasit bersayap bengkok betina mati yang kemudian tubuhnya dimakan bayi - bayi anaknya hingga dewasa kelak.

6.Bunglon Labord
Bunglon Labord
Bunglon Labord via greelane.com
Bunglon Labord adalah bunglon yang hanya ada di pulau Madagaskar. Siklus hidup mereka adalah dari November hingga Maret. Disaat hidup itulah mereka mengumpulkan tenaga dan bereproduksi. Beberapa saat setelah itu sebagaian besar hidup mereka dihabiskan dengan merawat telurnya. Tepat di bulan keempat merekapun mati secara alamiah. 

7.Laba - laba Australia 
Laba - laba Australia
Laba - laba Australia via pri.org
Laba - laba Australia sama seperti belalang sembah. Yakni saat proses reproduksi kemudian Laba - laba Australia betina akan membunuh si jantan. Setelah itu sperma si jantan disimpan hingga dua tahun lamanya. Namun semua itu hanya berlaku bila Laba - laba Australia jantan kawin dengan lawan jenisnya yang lebih tua. Bila lebih muda kecedenrungannya tidak dibunuh.

8.Gurita
Gurita
Gurita via khazanahsemesta.blogspot.com
Gurita betina juga tidak kalah sadis dengan belalang sembah betina. Karena setelah reproduksi kemudian gurita betina membunuh gurita jantan yang kemudian dia makan. Alasannya sederhana sebagai sumber vitamin dari anak - anaknya kelak. 

Tidak sampai disitu nabin gurita betina sebenarnya tidak jauh berbeda dengan si jantan. Karenna dia harus menjaga telurnya jauh di bawah air. Kenapa di bawah air ? Agar aman dari predator dan mencari suhu air yang stabil. Paling tidak gurita betina membutuhkan waktu 53 bulan. Dalam proses menjaga si buah hatinya ini gurita betina sama sekali tidak makan. Sehingga tidak jarang setelah telur menetas dia akan mati.

9.Anglerfish
Anglerfish via indozone.id
Cara reprodukdi Anglerfish cukup mengerikan. Karena setelah Anglerfish jantan bertemu dengan Anglerfish betina dia akan segera mengigit si betina. Sehingga Anglerfish betina mengeluarkan enzim yang dapat menyatukan mereka berdua. Tidak sampai disitu setelah mereka menyatu kemudian lama kelamaan si Anglerfish tubuhnya mengecil. Hingga menjadi sangat kecil, saat si Anglerfish betina akan menetaskan telu kemudian gumpalan itu memberikan sperma ke telur itu.

10.Laron 
Laron
Laron  via rentokil.co.id
Di dalam tanah terdapat banyak rayap - rayap yang membuat sarang di tanah. Rayap ini terbagi menjadi tiga jenis yakni pekerja, prajurit dan reproduktif. Nah rayap jenis reproduktif inilah yang di malam hari keluar. Mereka keluar mencari banyak tempat yang ada cahayanya. Di tempat itu dia mencari pasangannya untuk membentuk koloni baru. Bila mendapatkan pasangan mereka akan menanggalkan sayapnya kemudian mencari lubang di tanah untuk kawin dan bertelur. Kemudian laron betina menjadi ratu baru di dunia rayap yang bertugas berproduksi.  Sedangkan nasib mereka yang tidak mendapatkan pasangan sangatlah mengerikan. Karena dia akan selalu berada di luar hingga mati ssetelah fajar datang.

11.Laba - laba betina tua coklat di Izrael
Laba - laba betina tua coklat di Izrael
Laba - laba betina tua coklat di Izrael via ikons.id
Penelitian dilakukan di wilayah Izrael Tengah dan Izrael Utara. Dalam penelitian ini semua laba - laba betina dikumpulkan dalam satu wadah kemudian diletakkan beberapa pejantan disana. Anehnya pihak pejantan tidak mencari laba - laba betina muda namun mencari yang tua. Dalam perkawinan itu kemudian laba - laba jantan sengaja meninggalkan bagian organ seksual mereka di tubuh laba - laba betina tua itu. Akibatnya organ seksual itu menyumpal di celah kelamin laba - laba betina. Sehingga tidak jarang ini malah dapat mengakibatkan kematian sendiri bagi laba - laba tua coklat. 

12.Nafsu bebek hingga kematiannya
Nafsu bebek hingga kematiannya
Nafsu bebek hingga kematiannya via naturemediteraneo.com
Seekor bebek jantan mampu kawin dalam sehari hingga 10 kali. Bebek bernama Dave ini harus dikebiri lantaran terlalu bersemangat untuk berproduksi bersama bebek betina lainnya. Akibatnya dia melukai organ kelaminyya sendiri hingga mengalami infeksi parah. Sahabat anehdidunia.com melihat bebek kecintaannya sakit oleh pemilik Dave bernama Josh Watson kemudian dibawa ke dokter. Disana dia diberi obat antibiotik dan ditugaskan agar setiap hari alat kelaminnya dicuci setiap hari.

Namun di hari lain ternyata Dave masih tetap bersemangat berproduksi sehingga alat kelaminnya kembali luka. Maka solusi dokter adalah melepas kejantanannya atau kebiri. Tentu bila ini tidak dilakukan maka bebek itu akan mengalami infeksi di kelaminnya yang membawa pada kematiannya.

13.Anaconda
Anaconda
Anaconda via seocrypt.com
Hewan yang identik dengan ular panjang raksasa dengan cara kerja melilit dan meremukkan manusia kemudian memakan hidup - hidup ini ternyata kanibal juga terhadap pasangannya. Anconda betina saat musim kawin melepaskan zat feromon kemudian berdiam diri di suatu tempat. Dari bau zat feromon itulah para pejantan datang. 

Semua pejantan yang datang kemudian menggumulinya bersamaan dengan perlahan dalam waktu hingga 3 bulanan.  Dalam perkawinan lambat ini setiap pejantan berusaha mencari kesempatan untuk bisa menggauli betina. Tidak jarang setelah perkawinan selesai ketika melihat pejantan lebih kecil dari tubuhnya. Kemudian anaconda betina akan memangsa si pejantan.  Tujuan utamanya yakni sebagai sumber nutrisi bagi betina untuk kehidupannya kelak.

14. Ular garter sisi merah di Kanada
Ular garter sisi merah di Kanada
Ular garter sisi merah di Kanada via m.tribunnews.com
Seorang ahli zoologi dari Universitas Sydney meneliti kehidupan ular garter sisi merah ini. Setelah berhibernasi selama delapan bulan merekapun masuk ke musim kawin. Dalam musim kawin ini mereka melakukan secara berkerumun hingga sebulan lamanya. 

Dalam perkawinan ini hanya ada satu betina yang diperebutkan sehingga tidak heran terjadi persaingan fisik diantara ular garter sisi merah jantan. Akibatnya mereka mengalami kelelahan luar biasa yang bisa membawa mereka dalam kematian. Berbeda dngan pihak ular garter sisi merah betina yang hanya pasif. Sehingga dia bisa mempertahankan lemak dan energinya.

referensi
https://kumparan.com/amp/kumparansains/pertaruhan-hidup-laron-dalam-1-malam-kawin-atau-mati-1sT8DGKhLHd
https://m.liputan6.com/global/read/3815194/4-hewan-jantan-ini-akan-mati-saat-atau-setelah-berhubungan-seksual
https://tribunnews.com/amp/internasional/2019/12/08/nafsu-kawin-bebek-ini-berlebihan-hingga-organ-vitalnya-luka-dokter-hewan-lakukan-hal-terpaksa-ini
https://m.liputan6.com/citizen6/read/2911640/terungkap-di-musim-kawin-ular-jantan-suka-pesta-seks-sampai-mati


close