Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Rumah Ammanford dan Suara-Suara Tanpa Wujud di Bawahnya

Rumah idealnya menjadi tempat yang paling disukai oleh pemiliknya. Karena di dalam rumah, pemiliknya bisa beristirahat dan melakukan hal apapun tapa diusik oleh orang lain. Namun bagaimana jika rumah tersebut malah membuat pemiliknya merasa tidak nyaman karena adanya hal-hal aneh yang terjadi di dalamnya?

Hal itulah yang menimpa pasangan Alan dan Christine Tait yang sama-sama sudah berusia lebih dari 60 tahun. Mereka tinggal di sebuah rumah yang terletak di Ammanford, Wales, Inggris. Pada awalnya mereka bisa tinggal di rumah tersebut selama 11 tahun lamanya tanpa kendala. Namun kehidupan damai tersebut seketika berubah sejak peristiwa aneh yang terjadi di bulan Juni 2018.

Suatu malam di bulan tersebut, Christine sedang berada di dapur untuk membuat kopi. Saat ia sedang berada di depan kompor untuk merebus air, mendadak ia mendengar suara aneh yang nampaknya datang dari bawah rumah. Christine yang merasa bingung kemudian pergi melaporkan temuannya tersebut kepada suaminya.

 “Saat saya pertama kali mendengarnya, suara tersebut terdengar seperti suara siraman,” kata Christine kepada wartawan Wales Online. “Saya berkata kepada Alan kalau saya tidak yakin dari manakah sumber suaranya. Jadi ia kemudian meninggalkan telepon dengan perekam yang menyala di kamar mandi untuk mencari tahu dari mana sumber suaranya.”

Saat mendengar suara hasil rekaman tersebut, mereka malah merasa semakin bingung. Sebabnya adalah rekaman tersebut menampilkan suara-suara yang tidak wajar seperti mesin yang sedang menyala, deruman sepeda motor, rantai yang sedang menghantam sesuatu, hingga suara yang nampaknya seperti suara teriakan manusia.

Rekaman Suara yang Mencekam
Rekaman Suara yang Mencekam
Rekaman Suara yang Mencekam via walesonline.co.uk
Alan dan Christine akhirnya sadar kalau suara tersebut berasal dari bawah rumahnya. Bukan tepat dari bawah rumah mereka, melainkan berasal dari suatu tempat yang terletak di bawah ruang bawah tanah mereka.

Merasa penasaran kenapa bisa ada suara-suara aneh yang datang dari bawah rumah mereka, Alan kemudian membuat celah sepanjang 1,5 meter pada tembok rumah mereka dan kemudian memasang alat perekam di sela-selanya. Ia berharap kalau getaran suara yang dihantarkan melalui tembok akan membuat suaranya terdengar lebih jelas.

Perekaman tersebut dilakukan selama beberapa hari. Saat mereka mendengar hasil rekamannya, kini mereka merasa bingung takut karena suara yang mereka dengar terasa semakin janggal dan menakutkan.

Menurut pengakuan Alan, suara-suara yang tertangkap oleh alat perekamnya terdiri dari aneka macam suara seperti teriakan perempuan, anjing yang sedang menggonggong, mesin printer yang sedang menyala, klakson mobil, mesin motor, hingga suara menyerupai sirine mobil polisi. Alan merasa yakin kalau suara-suara tersebut semuanya berasal dari bawah rumah yang sudah dihuninya selama belasan tahun.

Karena Alan dan Christine merasa bingung dengan rekaman suara yang mereka dapat, keduanya kemudian menuju berbagai tempat di Inggris untuk meminta saran mengenai apa yang sebaiknya mereka lakukan. Mereka juga berharap kalau semakin banyak orang yang tahu kalau di bawah rumah mereka, terdapat hal-hal aneh yang sedang berlangsung.

“Ratusan orang sudah menghubungi kami dan mereka setuju kalau rumah kami harus diperiksa dengan seksama,” jelas Alan. “Yang saya inginkan hanyalah penjelasan. Kenapa bisa ada suara teriakan manusia? Pasti ada sesuatu yang sedang terjadi. Kami sudah memasang mikrofon di mana-mana, karena kami ingin meyakinkan diri kami kalau kami mungkin salah dengar.”

“Kami sudah memasnag mikrofon di depan rumah, di belakang rumah, di dalam serta di luar, serta di ruang bawah tanah. Mikrofon yang kami pasang di ruang bawah tanah menangkap suara teriakan dan suara-suara lainnya. Perangkat lainnya, yang dinyalakan pada waktu yang bersamaan, tidak mendapatkan suara apa-apa,” jelas Alan.

Wartawan media Wales Online yang merasa penasaran dengan cerita pasangan Tait kemudian melakukan penyelidikan secara mandiri ke rumah mereka. Namun sebelum pergi ke sana, Alan memberikan peringatan kalau siapapun yang nekat masuk ke rumah tersebut harus menanggung resikonya sendiri jika sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat wartawan Wales Online berjalan-jalan di dalam rumah pasangan Tait, rumah tersebut sudah berada dalam kondisi kosong. Karena merasa terlalu takut, pasangan Tait memutuskan untuk tidak lagi tinggal di rumah tersebut dan tinggal sementara di tempat lain. 

Ruang bawah tanah yang terletak di bawah rumah pasangan Tait tidak bisa dimasuki karena jalan akses ke bawahnya sudah ditutup. Namun di atas ruang bawah tersebut, ada retakan kecil yang mengarah ke lantai dasar rumah.

Pasangan Tait sendiri sudah melaporkan suara-suara aneh yang mereka rekam kepada polisi setempat pada bulan November 2018. Namun karena polisi tidak menemukan hal-hal mencurigakan di rumah tersebut, mereka memutuskan untuk pergi. Mereka juga tidak mengindahkan permintaan pasangan Tait untuk melakukan penyelidikan ke bawah rumah.

Suara dari Manusia? Atau Hantu?
Suara dari Manusia Atau Hantu
Suara dari Manusia Atau Hantu via walesonline.co.uk
Penolakan yang ditunjukkan oleh polisi tidak membuat pasangan Tait menyerah. Mereka merasa yakin kalau ada sejumlah orang yang secara diam-diam tinggal dan beraktivitas di bawah tempat tinggal mereka. 

Mereka bahkan menduga kalau di bawah rumah mereka, terdapat markas rahasia yang dioperasikan oleh geng penjahat. Sementara suara-suara mencurigakan yang mereka dengar mungkin aslinya berasal dari aktivitas ilegal semisal perdagangan narkoba, atau bahkan orang-orang yang menjadi korban perdagangan manusia.

Atas dugaan itulah, pasangan Tait tidak mau lagi tinggal di rumah tersebut karena mereka khawatir bakal menjadi korban pembunuhan jika ternyata memang ada kelompok penjahat yang beraktivitas di bawah rumah mereka. 

Setelah pergi meninggalkan rumah mereka, pasangan Tait sempat tinggal di Gloucester pada awal tahun 2019. Namun setelah cerita mengenai rumah lama mereka dimuat oleh media lokal, pasangan Tait kemudian pindah ke tempat lain demi menjaga keselamatan mereka. Kendati mereka berdua masih mau diwawancarai oleh wartawan, pasangan Tait menolak untuk memberitahu alamat tinggal mereka sekarang ini.

Karena polisi menolak untuk membantu mengungkap misteri di bawah rumah lama pasangan Tait, mereka memutuskan untuk membuat petisi online supaya pihak berwajib bersedia mengubah pendiriannya dan mau melakukan penyelidikan ke bawah rumah pasangan Tait. Mereka juga menyebarkan poster ke mana-mana untuk menarik perhatian orang-orang supaya mereka bersedia ikut membantu melobi polisi.

“Kami tidak mau kembali ke rumah lama kami hingga masalah ini terpecahkan. Kami rasa kami sedang berurusan dengan geng penjahat sekarang ini, dan kami tidak mau membahayakan hidup kami sendiri jika mereka sampai tahu di mana kami tinggal sekarang,” kata Alan.

Lantas, kira-kira apa penyebab munculnya suara-suara aneh yang datang dari bawah rumah pasangan Tait? Benarkah di bawah rumah mereka, ada ruangan tersembunyi yang sekarang sedang menjadi markas rahasia kawanan penjahat? Atau mungkinkah suara-suara tersebut aslinya bukan berasal dari aktivitas manusia, melainkan dari sesuatu yang gaib dan tidak kasat mata?

Atau mungkinkah sebenarnya suara-suara tersbut sebenarnya direkam di tempat lain dan pasangan Tait hanya mengarang-ngarang cerita? Segala kemungkinan masih terbuka dan selama penyebab asli dari suara-suara misterius tersebut masih belum terungkap, selama itu pula publik hanya bisa menduga-duga. 

Jika anda penasaran, anda bisa mengunjungi halaman situs Wales Online yang mengulas fenomena ini. Di sana, anda bisa mendengar langsung rekaman suara yang konon berasal dari bawah rumah pasangan Tait.

Sumber :
https://www.walesonline.co.uk/news/wales-news/inside-house-owners-fled-country-16496006