PLARIUSMODIFIKASI101

Unik, Kota di Amerika Serikat Ini Namanya Mirip dengan Nama Kota di Negara Lain

Monday, February 08, 2021

Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, wilayah Amerika Serikat pun memiliki banyak kota di dalamnya. Yang menarik, sejumlah kota di Amerika Serikat memiliki nama yang serupa dengan kota-kota besar di negara lain. Hal itu sendiri bisa terjadi karena penduduk Amerika Serikat memang banyak yang aslinya merupakan golongan imigran dari negara lain. Berikut ini adalah 5 contoh kota tersebut.

Milan

milan
milan via en.wikipedia.org

Milan bukan hanya ada di Italia. Di negara bagian New York, ada juga kota yang bernama Milan. Tidak seperti kota Milan di Italia yang memiliki citra sebagai kota metropolitan yang amat modern, kota Milan yang ada di AS justru merupakan kota kecil dengan suasana pedesaan yang kental. Bahkan hingga sekarang, sektor pertanian dan penggilingan masih menjadi sektor ekonomi andalan warga kota ini.

Tidak diketahui asal-usul kenapa kota tersebut diberi nama Milan. Satu hal yang pasti, para imigran dari Eropa memang memiliki kebiasaan mengadopsi nama-nama tempat di Eropa untuk menyebut kota yang dihuninya. Sahabat anehdidunia.com sebagai contoh, nama New York (York Baru) terinspirasi dari Duke of York, keluarga bangsawan yang berasal dari kota York, Inggris.

Orang pertama yang diketahui menghuni kota Milan adalah Johannes Rowe, seorang imigran asal Palatinate, Jerman. Pada awalnya ia membeli tanah seluas hampir 4 km persegi dari tuan tanah setempat yang bernama Robert Livingston. Ia kemudian menggunahan lahan tersebut untuk mendirikan rumahnya pada tahun 1766.

Rumah yang dibangun oleh Rowe sekarang sudah tidak dapat ditemukan, namun rumah tersebut masih berdiri hingga tahun 1940 dan sempat dipotret pada tahun tersebut. Lokasi yang dulunya menjadi rumah Rowe sekarang terletak di dekat Balai Kota Milan.  

Cairo

cairo
cairo via en.wikipedia.org

Jika mendengar nama Cairo, maka seketika kita akan membayangkan sebuah kota besar di negara Mesir yang berlokasi tepat di sebelah Sungai Nil. Faktanya, kota yang bernama Cairo bukan hanya ada di Mesir. Di Amerika Serikat pun juga ada kota yang bernama Cairo, tepatnya di negara bagian Illinois.

Cairo didirikan di Illinois Selatan, daerah yang juga menyandang julukan sebagai Mesir Kecil (Little Egypt). Ada beberapa teori mengenai kenapa daerah yang bersangkutan dijuluki sebagai Mesir Kecil. 

Menurut salah satu teori, julukan Mesir Kecil muncul setelah pada tahun 1799, petinggi gereja Baptis yang bernama John Badgley menjuluki kawasan Illinois Selatan sebagai Tanah Goshen. Goshen merupakan nama lokasi dalam Injil yang di masa sekarang dipercaya merujuk kepada Mesir. Salah satu alasan kenapa Badgley mengeluarkan julukan demikian adalah karena di Illinois Selatan, terdapat gundukan besar buatan suku Indian yang nampak menyerupai Piramid Mesir.

Menurut teori lain, nama Mesir Kecil diberikan karena pada tahun 1830-an penduduk Illinois Utara terpaksa pergi ke selatan untuk membeli gandum menyusul terjadinya kekeringan. Karena tindakan mereka tersebut nampak seperti orang-orang Israel Kuno yang beramai-ramai pergi ke tepi Sungai Nil untuk membeli bahan makanan, istilah Mesir Kecil pun kemudian muncul untuk menyebut Illinois Selatan.

Tidak lengkap rasanya jika ada tempat berjulukan Mesir, namun tidak ada tempat berjulukan Cairo. Maka pada tahun 1836, didirikanlah kota bernama Cairo di dekat Sungai Mississippi. Karena Sungai Mississippi banyak dilalui oleh kapal-kapal penumpang dan pengangkut barang, Cairo sempat menjadi kota pelabuhan yang ramai disinggahi. 

Namun selain dampak positif tersebut, Sungai Mississippi juga membawa bahaya tersendiri bagi penduduk Cairo. Kota tersebut sempat beberapa kali dilanda banjir hasil luapan Sungai Mississippi, salah satunya pada tahun 2011.

Mecca

kota Mecca yang terletak di Amerika Serikat.
kota Mecca yang terletak di Amerika Serikat via kumparan.com

Mekkah adalah kota di Arab Saudi yang ramai dikunjungi oleh umat Muslim dari seluruh dunia. Kota Mekkah sendiri dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Mecca. Selain kota Mecca yang terletak di Arab Saudi sana, ternyata ada juga kota Mecca yang terletak di Amerika Serikat. 

Mecca sendiri secara teknis bukanlah kota, melainkan semacam perkampungan yang terletak di negara bagian California. Karena Mecca terletak di tengah-tengah Gurun Colorado, Mecca pun memiliki iklim yang panas layaknya kawasan gurun Arab Saudi. Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa perkampungan ini kemudian diberi nama Mecca.

Sebelum tahun 1904, Mecca dikenal dengan nama Walters. Mecca sekarang dihuni oleh 8.500 penduduk. Penduduk Mecca umumnya bekerja di sektor perkebunan, khususnya anggur. 

Meskipun tingkat pendapatan penduduk Mecca tergolong rendah jika dibandingkan dengan kawasan California lain yang menjadi pusat industri, penduduk Mecca tetap merasa kerasan dengan perkampungan mereka. Penduduk Mecca juga memiliki rasa solidaritas yang tinggi satu sama lain karena mereka sudah terbiasa untuk hidup membaur.

London

London
London via en.wikipedia.org

Rasanya tidak ada orang tidak tahu kota London. Kota yang menjadi ibukota Inggris ini sekarang menjadi salah satu kota terbesar di Eropa. Namun London bukan hanya ada di Inggris. Nun jauh di negara bagian Ohio, Amerika Serikat, ada juga kota yang bernama London. 

Ada beberapa teori mengenai kenapa kota tersebut diberi nama London. Menurut teori pertama, nama London digunakan karena penduduk pertama kota tersebut banyak yang berasal dari Inggris. Teori lain menyatakan kalau nama London aslinya berasal dari London Company, perusahaan yang melakukan pemetaan di lokasi cikal bakal kota London.

Kota London pada awalnya hanyalah merupakan desa kecil yang berdiri pada awal abad ke-19. Pada tahun 1840, kota tersebut hanya dihuni oleh 297 orang. Namun menyusul dibangunnya jalan raya yang melintasi kota London, populasi kota tersebut mulai meningkat secara pesat. Pada tahun 1880, jumlah orang yang tinggal di London sudah mencapai lebih dari 3.000 jiwa.

Puluhan tahun berlalu, jumlah penduduk kota London hanya semakin meningkat setelah penduduk dari kota-kota besar di dekat London beramai-ramai pindah ke sana untuk menghindari suasana perkotaan yang semakin padat. Sahabat anehdidunia.com kebetulan London hanya berjarak 40 km dari Columbus, ibukota negara bagian Ohio. Berdasarkan sensus pada tahun 2000, jumlah penduduk kota London diketahui mencapai 8.771 jiwa.

Paris

paris
paris via en.wikipedia.org

Paris menyandang reputasi sebagai salah satu kota paling romantis di dunia. Itulah sebabnya ibukota negara Perancis tersebut senantiasa ramai dikunjungi oleh turis-turis dari dalam dan luar Perancis. Sejumlah kota juga dijuluki sebagai Paris untuk menggambarkan keindahan yang dimiliki oleh kota tersebut. Kota Bandung contohnya, sebelum peristiwa Bandung Lautan Api dijuluki sebagai Parisnya Jawa (Paris van Java).

Selain nama julukan semata, di luar Perancis ternyata benar-benar ada kota yang menggunakan nama Paris. Kota Paris yang terletak di negara bagian Texas adalah contoh dari kota tersebut. Untuk menunjukkan hubungan antara kota Paris di Texas dengan kota Paris yang sesungguhnya, di kota Paris (Texas) sampai ada bangunan miniatur Menara Eiffel.

Texas merupakan negara bagian Amerika yang letaknya paling selatan, sementara Paris terletak di dekat perbatasan utara Texas. Lokasinya tersebut lantas membuat Paris menjadi tempat transit yang ideal untuk jalur-jalur transportasi dari dan menuju Texas. 

Seperti halnya kota Bandung yang pernah dilanda kebakaran hebat semasa peristiwa Bandung Lautan Api, kota Paris pun dalam sejarahnya juga pernah dilalap si jago merah. Salah satu peristiwa kebakaran yang pernah menimpa kota Paris terjadi pada tahun 1916 dan menghanguskan separuh bagian kota.

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Milan,_New_York https://en.wikipedia.org/wiki/Cairo,_Illinois https://en.wikipedia.org/wiki/Southern_Illinois https://en.wikipedia.org/wiki/London,_Ohio https://en.wikipedia.org/wiki/Paris,_Texas https://web.archive.org/web/20150215082903/http://archive.desertsun.com/article/20120325/NEWS07/203240350/Mecca-proud-self-reliant-united-community-Desert-Sun-investigation-iSun



close