Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Aneh Orang Tiba-Tiba Saja Terbakar Sendiri Tanpa Sebab

Anehdidunia.com - Spontaneus human combustion (SHC) adalah suatu fenomena misterius di mana seseorang secara tiba-tiba mengeluarkan api yang membakar dirinya sendiri. Padahal orang tersebut sedang tidak menyalakan api dan tidak ada api yang menyala di dekatnya.

Tidak ada yang tahu pasti kenapa SHC bisa timbul. Satu hal yang sudah diketahui adalah saat SHC muncul, korban bisa tewas di tempat akibat terbakar hidup-hidup. Berikut ini adalah beberapa contoh kasus SHC yang paling terkenal sekaligus membingungkan.

Terbakar Setelah Perutnya Mengeluarkan Api Biru

Terbakar Setelah Perutnya Mengeluarkan Api Biru
Terbakar Setelah Perutnya Mengeluarkan Api Biru via romangambar.blogspot.com

Robert Bailey adalah seorang warga kota London, Inggris, yang dikenal sangat gemar meminum minuman keras. Robert diketahui tinggal di sebuah apartemen yang terletak di kawasan London Selatan.

Suatu hari pada bulan September 1967, orang-orang sedang berseliweran untuk pergi ke tempat kerjanya masing-masing. Mendadak, terdengar suara ribut yang datang dari apartemen Robert.

Saat warga setempat bergegas pergi menuju sumber suara, mereka begitu terkejut saat melihat tubuh Bailey sedang dilalap api. Mereka spontan langsung menghubungi pemadam kebakaran.

Saat regu pemadam sudah tiba di lokasi, mereka menyemprot tubuh Robert untuk memadamkan api yang sedang menggerogoti dirinya.

Api tersebut memang berhasil dipadamkan. Namun karena luka bakar pada tubuh Robert sudah terlalu parah, Robert pun harus meninggal dunia.

Saat tubuh lokasi insiden ini diperiksa, kejanggalan langsung terlihat. Pasalnya selain Robert, tidak ada benda di apartemen tersebut yang terbakar. Petugas juga tidak menemukan benda yang mungkin menjadi pemicu kebakaran.

Pemeriksaan Pada tubuh Robert menunjukkan kalau ada semacam luka sayatan pada perut Robert. Pemadam kebakaran lantas menduga kalau api yang membakar tubuh Robert muncul dari dalam perutnya sendiri.

Robert diyakini merasa amat kesakitan menjelang kematiannya. Pasalnya ia terlihat menggigitii tiang pagar tangga sambil menahan sakit.

Saking kuatnya gigitan Robert, gigi Robert nampak tertanam begitu dalam pada pembatas tangga tadi. Petugas terpaksa menggunakan alat tukang untuk mencabut mulut Robert secara paksa dari pagar tangga yang digigitnya.

Terbakar Hingga Jadi Abu Dalam Hitungan Menit

Terbakar Hingga Jadi Abu Dalam Hitungan Menit
Terbakar Hingga Jadi Abu Dalam Hitungan Menit via detik.com

Young Sik Kim adalah seorang pria berusia hampir 80 tahun yang tinggal di Honolulu, Hawaii. Karena Kim menderita kelumpuhan pada tubuh bagian bawahnya, Kim pun harus selalu berada di atas kursi roda.

Bulan Desember 1956, terjadi insiden misterius yang harus mengakhiri nyawa Kim secara tragis. Entah bagaimana, tiba-tiba saja ada api yang muncul dari perutnya, Api tersebut dengan cepat membesar dan membakar seluruh badan Kim.

Saat tetangga Kim yang bernama Virginia Cadet melihat peristiwa tersebut, ia sontak langsung menghubungi pemadam kebakaran.

Regu pemadam kebakaran akhirnya tiba di kediaman Kim 15 menit kemudian. Namun mereka terlambat. Kim beserta kursi rodanya sudah terbakar habis jadi abu. Yang tersisa sekarang hanyalah sepasang telapak kaki Kim.

Polisi dan petugas damkar merasa bingung bukan main saat harus mencari tahu penyebab asli musibah ini. Pasalnya saat tubuh Kim terbakar, buku dan pakaian yang ada di dekatnya semuanya berada dalam kondisi utuh.

Rumah Kim juga nampak berada dalam kondisi baik-baik saja. Dengan kata lain, apa pun penyebab asli kebakaran ini, apinya bukan berasal dari rumah Kim.

Terbakar Saat Duduk Santai di Hadapan Orang Banyak

Terbakar Saat Duduk Santai di Hadapan Orang Banyak
Terbakar Saat Duduk Santai di Hadapan Orang Banyak via idntimes.com

Bulan November 2015, penduduk kota Flensburg di Jerman diguncang oleh musibah yang tidak pernah disangka oleh siapapun. Salah seorang warga mereka tewas akibat terbakar hidup-hidup.

Orang yang menjadi korban dari malapetaka ini diketahui merupakan seorang wanita berusia kepala empat. Ia memiliki hubungan yang cukup akrab dengan warga lokal.

Suatu hari, wanita tersebut berjalan-jalan santai di taman sebelum kemudian memutuskan untuk duduk beristirahat di bangku taman.

Saat itulah, terjadi insiden yang begitu mengejutkan orang-orang di sekitarnya. Entah bagaimana, tubuh wanita tersebut mendadak dilalap api.

Warga sekitar yang kebetulan berada di lokasi spontan langsung berlari ke arah sang wanita untuk menolongnya. Salah seorang di antara mereka mencoba memadamkan api dengan memakai jaketnya.

Api pada akhirnya memang berhasil dipadamkan. Namun nyawa wanita ini sudah tidak bisa ditolong. Ia harus meninggal karena menderita luka bakar yang terlalu parah.

Dugaan awal menyebutkan kalau wanita ini mungkin meninggal akibat dibakar oleh orang lain. Pasalnya tidak lama sesudah insiden ini terjadi, saksi mata mengaku melihat ada 2 orang yang berlari meninggalkan taman.

Namun dugaan tersebut dengan cepat ditepia karena tidak ada bukti keterlibatan keduanya. Ditambah lagi, saat jasad sang wanita diperiksa, polisi tidak menemukan tanda-tanda bekas penyerangan pada tubuhnya.

Polisi juga tidak bisa memastikan dari bagian tubuh manakah api mulai berkobar. Kematian sang wanita sudah cukup membuat warga kota kecil Flensburg berada dalam kondisi terguncang. Namun penyebab kematiannya yang begitu tragis nan misterius hanya membuat kasus ini terasa semakin sulit dipahami dengan akal sehat.

Terbakar Hingga Tinggal Menyisakan Tulang

Terbakar Hingga Tinggal Menyisakan Tulang
Terbakar Hingga Tinggal Menyisakan Tulang via cnnindonesia.com

Jika bicara soal fenomena SHC, kasus Mary Reeser adalah salah satu yang paling terkenal. Pasalnya kasus Mary cukup sering dibahas oleh kalangan ilmuwan dan penulis yang merasa penasaran dengan kematiannya yang sungguh tidak wajar.

Kisah Mary Reese bermula ketika pada bulan Juli 1951, polisi menerima laporan kalau ada seorang warga St. Petersburg, Florida, yang terbakar hingga tewas.

Saat polisi memeriksa jasad Mary, yang tersisa dari Mary hanya tinggal tengkorak, potongan tulang punggung, dan telapak kaki. Kursi tempat Mary meninggal juga ditemukan sudah habis terbakar dan hanya meninggalkan pegas.

Polisi mengumumkan kalau Mary meninggal akibat tertidur saat puntung rokoknya masih menyala. Api dari rokok tersebut kemudian membesar dan membakar habis jasad Mary.

Penjelasan tersebut nyatanya tidak bisa diterima oleh banyak pihak. Pasalnya dengan mengira-ngira tingkat kekuatan api yang membakar Mary hingga tinggal menyisakan tulang, maka jasad Mary harusnya meninggalkan jejak bau asap yang menyengat. Namun nyatanya bau demikian tidak tercium pada jasad Mary.

Keanehan lainnya adalah selain Mary dan kursinya, tidak ada lagi perabotan dalam rumah yang terbakar. Padahal di dekat lokasi jasad Mary, terdapat benda-benda mudah terbakar seperti tumpukan koran.

Bayi Ini Terbakar Sendiri Hingga 4 Kali

Bayi Ini Terbakar Sendiri Hingga 4 Kali
Bayi Ini Terbakar Sendiri Hingga 4 Kali wowkeren.com

Rahul adalah nama dari seorang bayi yang berasal dari Chennai, India. Pada awalnya kelahiran Rahul disambut dengan penuh kegembiraan oleh keluarganya. Namun hanya masalah waktu sebelum kegembiraan tersebut berubah menjadi ketakutan.

Saat Rahul baru berusia 9 hari, Rahul mendadak terbakar tanpa sebab. Rahul memang selamat seusai mengalami insiden horor tersebut. Namun hanya berselang beberapa hari kemudian, peristiwa serupa kembali terulang.

Saat Rahul sudah menginjak usia 3 bulan, Rahul diketahui sudah 4 kali terbakar sendiri. Fenomena tersebut tak pelak membuat orang tua Rahul beserta orang-orang dekatnya merasa begitu bingung sekaligus cemas.

Dokter Narayana Babu yang menangani kasus Rahul menduga kalau fenomena ini bisa terjadi karena Rahul mengeluarkan gas mudah terbakar dari pori-pori kulitnya. Karena fenomena aneh yang menimpa Rahul ini belum ada solusinya, yang bisa dilakukan oleh keluarga Rahul untuk sekarang adalah menjauhkan benda-benda mudah terbakar dari Rahul - serta berdoa supaya tidak ada yang kehilangan nyawanya jika fenomena terbakar ini muncul kembali secara tiba-tiba.

Sumber :
https://listverse.com/2016/06/12/10-intriguing-cases-of-apparent-spontaneous-human-combustion/