Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Unik yang Pernah Dilakukan Manusia pada Daun Telinga

Anehdidunia.com - Daun telinga adalah bagian tubuh manusia yang terletak di bagian kiri dan kanan kepala. Selain berfungsi untuk menangkap suara di sekitarnya, daun telinga juga membantu menentukan oenampilan pemiliknya. Itulah sebabnya sejumlah orang sengaja memasang anting pada telinganya.

Namun memasang anting sendiri ternyata bukanlah satu-satunya hal yang pernah dilakukan manusia pada daun telinganya atas faktor penampilan. Berikut ini adalah hal-hal unik yang pernah dilakukan oleh manusia pada daun telinganya.

Dioperasi Jadi Lancip

Dioperasi Jadi Lancip
Dioperasi Jadi Lancip via diadona.id

Jika anda pernah menonton film atau memainkan game yang bertema fantasi, maka anda seharusnya pernah berpapasan dengan ras yang bernama elf. Di dalam kisahnya, elf kerap digambarkan memiliki paras menyerupai manusia, namun dengan telinga yang runcing.

Karena elf di dalam kisahnya juga kerap ditampilkan sebagai ras yang cantik atau tampan, banyak orang yang kemudian jatuh hati kepada elf.

Di China, tingginya obsesi orang-orang pada ras elf bahkan sampai membuat mereka nekat mengambil tindakan yang bagi kalangan awam terlihat berlebihan. Mereka yang terobsesi ini nekat mengoperasi daun telinganya sendiri hingga wujudnya menyerupai daun telinga elf.

Menurut staf Mylike Medical Cosmetic yang melayani jasa operasi kecantikan di kota Shanghai, tingkat permintaan untuk melakukan operasi pada daun telinga begitu tinggi setiap harinya. Sampai-sampai mereka yang hendak menjalani operasi ini harus masuk dalam daftar antrian dulu.

Hal serupa diutarakan oleh dokter bedah Yu Wenlin. Menurut pengakuannya, ia bisa melakukan operasi daun telinga sebanyak 6 kali setiap harinya.

Alasan kenapa penduduk China begitu tergila-gila dengan telinga elf bukan karena faktor penampilan semata. Di China, daun telinga yang bentuknya lancip juga dianggap membawa nasib baik.

Dipakai Tarik Tambang

Dipakai Tarik Tambang
Dipakai Tarik Tambang via americanindianmagazine.org

Tarik tambang merupakan permainan yang amat lazim digelar saat ada acara outbound. Metode permainannya yang mudah dilakukan menyebabkan tarik tambang amat sering dilombakan.

Dalam tarik tambang, 2 orang atau 2 kelompok yang saling berhadapan akan mencoba menarik tali ke arahnya masing-masing. Mereka yang berhasil menarik lawan hingga melewati garis batas di tengah-tengah arena permainan bakal dinyatakan sebagai pemenang.

Permainan tarik tambang biasanya dilakukan dengan memakai tangan. Namun tahukah anda kalau di luar negeri, ada permainan tarik tambang yang dilakukan dengan memakai daun telinga?

Permainan tarik tambang unik tersebut adalah permainan khas suku Eskimo di Kanada. Dalam permainan tarik tambang versi mereka, 2 orang akan berdiri dalam posisi saling berhadap-hadapan.

Daun telinga masing-masing peserta kemudian akan dililit dengan tali yang saling terhubung. Saat permainan dimulai, peserta akan mencoba menjatuhkan lawannya dengan cara menarik kepalanya ke arah belakang.

Jika ada peserta yang tertarik hingga jatuh, maka peserta tersebut bakal dinyatakan sebagai pihak yang kalah. Tidak jarang ada peserta yang mengalami cedera serius pada daun telinganya akibat mengikuti permainan ini.

Menurut ketua WEIO (organisasi penyelenggara turnamen Olimpiade khusus suku Eskimo), permainan tarik tambang memakai daun telinga dilakukab supaya para pesertanya belajar menahan rasa sakit. Ia menambahkan kalau suku Eskimo harus tahan menderita setiap harinya karena mereka menggantungkan hidupnya dari aktivitas seperti berburu di alam liar.

Mengangkat Beban

Mengangkat Beban
Mengangkat Beban via youtube.com

Satu lagi pemainan khas suku Eskimo yang berhubungan dengan daun telinga. Jika menurut anda tarik tambang memakai daun telinga sudah cukup membuat ngilu, maka permainan yang satu ini bakal membuat anda memegang daun telinga anda sendiri.

Permainan tersebut adalah mengangkat beban dengan memakai daun telinga. Dalam permainan ini, daun telinga akan diikat dengan benda yang berat.

Namun hal yang harus dilakukan oleh peserta permainan ini masih belum berhenti sampai di sana. Peserta juga diharuskan berjalan dengan beban yang masih bergelantungan pada telinganya.

Berat benda yang harus dibawa dengan memakai telinga juga tidak main-main. Ada permainan di mana pesertanya harus berjalan dengan beban seberat 11 kg pada telinganya. Bayangkan, seseorang harus berjalan sambil membawa barbel seberat itu dengan memakai telinganya.

Tidak ada batasan mengenai seberapa jauh peserta harus berjalan dengan beban yang terikat pada telinganya. Itu berarti selama peserta masih bisa menahan rasa sakit pada leher dan telinganya, maka selama itu pula ia harus berjalan sambil menggendong beban berat memakai telinganya.

Dibuat Jadi Panjang

Dibuat Jadi Panjang
Dibuat Jadi Panjang via kompas.com

Suku Dayak adalah suku asli Indonesia yang berasal dari Pulau Kalimantan. Suku ini memiliki beragam keunikan yang membuatnya begitu menonjol dibandingkan suku-suku lainnya.

Salah satu keunikan tersebut adalah mengenai cara mereka menetapkan standar kecantikan. Sejumlah rumpun suku Dayak memiliki pandangan bahwa kecntikan wanita bukan hanya dilihat dari wajahnya, melainkan juga dari panjang daun telinganya.

Pandangan itulah yang menyebabkan kaum wanita suku Dayak memiliki kebiasaan memasang pemberat pada antingnya. Tujuannya supaya daun telinganya melar sepanjang mungkin.

Tidak semua rumpun suku Dayak mempraktikkan tradisi ini. Hanya beberapa rumpun suku Dayak yang menjalankannya. Jumlah mereka pun belakangan ini semakin lama semakin sedikit akibat tergerus oleh perkembangan zaman.

Beberapa contoh rumpun suku Dayak yang mempraktikkan tradisi unik ini adalah Dayak Penan, Dayak Kenyah, Dayak Bahau, hingga Dayak Taman. Oleh suku Dayak, tradisi memanjangkan daun telinga ini dikenal dengan istilah telingaan aruu.

Tradis pemanjangan telinga sudah dimulai sejak usia bayi. Pada usia tersebut, daun telinga sang bayi akan dilubangi supaya bisa dipasangi tindik yang terbuat dari gabus.

Saat sudah menginjak usia tertentu, barulah gadis yang bersangkutan memakai anting logam yang berukuran besar. Karena beban dari anting tersebut, daun telinganya pun memanjang secara alamiah.

Dihilangkan Supaya Jadi "Alien"

Dihilangkan Supaya Jadi "Alien"
Dihilangkan Supaya Jadi "Alien" via detik.com

Dewasa ini, semakin banyak orang yang melakukan operasi plastik supaya penampilannya terlihat semakin menarik. Namun lain halnya dengan orang yang satu ini. Pasalnya alih-alih membuat penampilannya terlihat semakin menarik, orang ini justru menjalani operasi plastik supaya dirinya terlihat menjadi seperti monster.

Anthony Loffredo adalah nama dari seorang pria yang terobsesi untuk mengubah dirinya sendiri menjadi alien hitam. Untuk keperluan tersebut, Anthony pun nekat menjalani operasi untuk menghilangkan sejumlah bagian tubuhnya sendiri. Mulai dari daun telinga, rambut, dan bahkan sebagian jarinya.

Anthony belum mau berhenti sampai di sana. Ia juga menjalani operasi pada sekujur tubuhnya supaya kulitnya berwarna gelap dan dipenuhi tato berwarna terang. Bagian ujung lidahnya dibuat menjadi bercabang layaknya lidah ular. Giginya juga dimodifikasi supaya berbentuk runcing dan berwarna ungu.

Akibat operasi yang dijalani oleh Anthony tersebut, penampilannya kini berubah drastis. Jika awalnya ia memiliki penampilan normal layaknya manusia kebanyakan, maka kini wujudnya terlihat lebih menyerupai monster.

Anthony mengaku penampilan barunya ini memang membuat ia ditakuti oleh orang-orang di sekitarnya. Tidak ada tempat yang bersedia mempekerjakan dirinya. Kemudian saat mengunjungi restoran, pihak restoran enggan mengizinkan Anthony makan di teras restoran. Mereka tidak mau keberadaan Anthony membuat orang-orang merasa takut dan batal singgah di restoran.

Namun Anthony tetap tidak menyesal. Ia mengaku kalau penampilan barunya membuat ia merasa lebih percaya diri. Ia bahkan berencana menjalani operasi lanjutan untuk mengamputasi kakinya. Horor!


Sumber :
https://www.scmp.com/news/people-culture/social-welfare/article/3136795/chinas-elf-ear-cosmetic-surgery-increasingly
https://listverse.com/2015/02/07/10-bizarre-events-held-at-olympic-games-in-the-far-north/
https://regional.kompas.com/read/2022/10/13/093916578/telingaan-aruu-tradisi-kuping-panjang-khas-suku-dayak-yang-mulai?page=all
https://www.google.com/amp/s/www.news.com.au/lifestyle/real-life/news-life/black-alien-modifies-his-body-including-removing-his-fingers-and-ears/news-story/825168762fd2472a7862e0ae62ff94af%3famp