Berita Aneh Unik

Sistem Penulisan Kuno yang Tak Terpecahkan

01 Nov 2012

Sejarah penulisan adalah satu kisah panjang dan menarik. Tanpa pengguna hidup dan contoh perbandingan, seorang arkeolog yang menggali dan menemukan sebuah script/naskah/prasasti baru, mungkin akan menghabiskan sisa hidup mereka dengan menggaruk-garuk kepala dan mencoba untuk menerjemahkannya. Tanpa sesuatu yang setara dengan batu Rosetta, hampir mustahil untuk merekonstruksi sistem penulisan yang sudah mati. Ini adalah 11 contoh dari script yang belum terpecahkan meskipun para kriptografer, ilmuwan dan penerjemah sudah melakukan usaha usaha terbaik mereka.

11. Isthmian

www.anehdidunia.com

Isthmian skrip berasal dari Mesoamerika, sekitar 500BCE sampai 500CE, dan kita belum tahu apa yang dikatakannya. Ini jelas suatu sistem penulisan yang sepenuhnya dikembangkan, dan analisis dari tulisan ini menyimpulkan bahwa tampaknya skrip ini adalah logosyllabic. Sistem ini digunakan oleh orang-orang pasca-Olmec, dan didasarkan sekitar dua set karakter: yang pertama adalah logograms, di mana masing-masing simbol ewakili seluruh kata, yang lain digunakan untuk mewakili suku kata. Ini bahasa mashup linguistik. Sejauh ini hanya 10 artefak yang telah ditemukan dengan script ini pada mereka, tapi itu jelas sebuah sistem sepenuhnya terbentuk. Karena hanya ada sedikit contoh, mereka yang mengklaim telah mampu menerjemahkannya tidak begitu bisa dikonfirmasi kebenarannya .

10. Singapore Stone
www.anehdidunia.com

Batu Singapura adalah sepotong besar batu pasir ditemukan di Singapura, diukir dengan naskah yang tidak diketahui, asli Asia Tenggara. Skrip/naskah ini mungkin berasal antara abad 10 dan 13, dan mungkin adalah bahasa Jawa Kuno atau Sansekerta. Sayangnya sahabat anehdidunia.com, batu ini sekarang sebagian besar hancur, karena pada tahun 1843, lempengan asli diledakkan untuk melebarkan jalan sungai. Bahkan dengan 175 tahun penelitian batu tersebut, kita masih tidak tahu bahasa apakah itu, meskipun rincian linguistik daerah dinyatakan cukup terkenal.

9. Phaistos Disc
www.anehdidunia.com

Disc Phaistos adalah contoh utama dari Cretian Hieroglyphs dari sekitar 2000BC, dan terkait dengan Linear A dan Linear B (penjelasan lebih lanjut, nanti). Disk ini berdiameter 15cm yang kedua sisinya berukir menuju kepusat searah jarum jam, dan gambar diatas hanyalah salah satu dari tujuh artifak yang ditemukan berukir script yang sama. Disc ini dan artefak lainnya memicu minat populer dan telah menjadi subyek penelitian intens oleh para amatir dan profesional yang sama-sama telah mencoba untuk menguraikan skrip ini, tanpa ada satupun yang berhasil. Ada sekitar 45 huruf/simbol pada disk, dan dituliskan pada kedua sisi dalam bentuk spiral. Ada yang menduga disk ini menceritakan sejarah, ada juga yang mengira bahwa ini adalah papan permainan, yang lainnya menuduh bahwa tulisan di disk ini adalah cerita, bahkan ada yang percaya bahwa disk ini adalah potongan geometri yang tidak diketahui. Terlepas dari semua dugaan, kita masih tidak tahu apa yang dituliskan pada disk ini.

8. Southwest Paleohispanic Script

www.anehdidunia.com

Naskah Paleohispanic baratdaya, yang namanya mengundang perdebatan sebanyak perdebatan tentang terjemahannya. Rupanya beberapa orang tidak suka menyebutnya Barat Daya karena tidak menggambarkan apa-apa, dan tampaknya ini adalah hal yang akademisi perdebatkan. Sistem penulisan ini ditemukan pada sekitar seratus batu-batu besar di sepanjang baratdaya Spanyol, dari sekitar 700BCE. Sangat sedikit yang setuju bahwa ini bahasa kuno, kecuali bahwa skrip ini sebagian besar tampaknya digunakan untuk batu pemakaman, dan bahwa skrip ini dituliskan dengan bentuk spiral. Tipenya sendiri tampaknya sebagian suku kata, dengan setiap simbol mewakili suku kata, seperti di Jepang.

7. Olmec
www.anehdidunia.com

Hanya ada satu contoh dari script diyakini terkait dengan Kekaisaran Olmec, dan itu adalah Blok Cascajal, bertanggal pada milenium pertama SM, ditemukan dalam tumpukan puing-puing di sebuah lokasi bangunan. Blok memiliki 62 glyphs di atasnya, beberapa di antaranya tampaknya adalah tanaman lokal. Sayangnya sahabat anehdidunia.com, dengan korpus kecil seperti ini, sangat sulit untuk dipahami. Bahkan ini adalah satusatunya sampel penulisan yang telah digali terkait dengan kerajaan besar terkemuka yang berdiri lebih dari ratusan tahun, . Simbol-simbol ini benar-benar berbeda dari sistem penulisan lain yang ada didunia, tidakak memiliki organisasi yang jelas antara baris teks. Tanpa informasi tambahan, orang sah sah saja mengatakan bahwa skrip ini adalah palsu atau hoax.

6. Indus Script

www.anehdidunia.com

Selama 600 tahun dari abad 26 SM, Peradaban Lembah Indus berkembang, dengan sistem penulisan rinci dan kompleks, yang masih belum dapat diterjemahkan karena kurangnya pembanding dengan script lain yang dikenal. Pada dasarnya kita membutuhkan sejenis Rosetta Stone. Kita sudah mengetahui script ini sejak tahun 1870-an, dan para ahli menduga skrip ini berasal dari bangsa Dravida, namun tidak ada banyak bukti untuk itu. Apa yang kita tahu tentang skrip ini datang dari 3700 segel yang telah ditemukan, membuat sebuah korpus dengan 417 tanda/huruf, yang sebagian besar digunakan dalam segel disekitar lima simbol. Diperkirakan skrip ini berjalan dari kanan-ke-kiri, dan sebagian besar pictoral, tetapi dengan beberapa simbol abstrak juga.

5. Issyk Kurgan

www.anehdidunia.com

Di daerah tenggara Kazakhstan pada tahun 1969, sebuah gundukan kuburan tunggal ditemukan, dan yang dikuburkan di dalam adalah orang yang berpakaian aneh dan sebuah tapal cangkir perak berukir tulisan yang tidak diketahui terjemahannya sampai saat ini. Satu satunya contoh yang dikenal dari tulisan ini, diduga adalah varian dialek dari bangsa Scythian , tapi tidak ada cukup bukti. Orang yang di dalam kubur terlihat seperti karakter dari game Zelda, dengan topi merah besar dengan puncak yang tinggi, dan lebih dari 4.000 ornamen emas yang menjadi hiasan/rompi dari pakaian merah mereka, termasuk apa yang tampak seperti senjata rantai emas. Pangeran atau putri aneh ini sekarang menjadi harta nasional, tapi para ahli masih berdebat tentang tulisan pada tapal cangkir. Oh iya, diperkirakan kuburan ini berasal dari 4 atau 3 SM, dan sekarang bentuk pakaian ini dijadikan pakaian nasional Kazakhstan ...

4. Jiahu

www.anehdidunia.com

Jiahu simbol kemungkinan adalah sistem tulisan tertua yang pernah kitai temukan. bertanggal pada 6600BCE, hanya ada enam belas karakter yang dikenal, yang ditemukan di situs zaman batu Cina. Simbol memiliki beberapa kesamaan asal-usul visual dengan skrip Cina setelahnya, yaitu ukiran tulang oracle (tulisan yang diukir pada tulang binatang). Jika simbol Jiahu adalah bentuk tulisan, maka kesenjangan antara jiahu dengan tulang-tulang oracle adalah hal yang menakjubkan, yaitu 5.000 tahun penuh. Jadi, antara dua contoh tulisan paling awal dari tulisan Tionghoa, ada lima milenium perbedaan waktu. Kita lebih dekat dengan tulang oracle dalam kronologi daripada simbol Jiahu. Jadi kemungkinannya jiahu bukanlah sebuah teknis tulisan, melainkan lebih kepada proto-tulisan atau hanya gambar dasar. Sistem penulisan pertama yang diterima oleh para ahli adalah cuneiform, 3400 SM.

3. Voynich Manuscript

www.anehdidunia.com

Naskah Voynich adalah salah satu buku paling menarik dan paling membingungkan yang pernah ada - apakah manuskrip ini adalah hoax terbesar di dunia atau petunjuk tentang sesuatu yang kita benar-benar tidak mengerti. Manuskrip ini diduga berasal dari sekitar abad ke-15, dan mirip sebuah ensiklopedi. Kita tidak tahu siapa penulisnya, apa yang dikatakannya, atau bahkan bagaimana script digunakan. Analisis statistik menunjukkan beberapa kesamaan dalam bentuk dengan bahasa Inggris dan bahasa Latin, tetapi bahkan setelah puluhan tahun, para kriptografer yang mencoba untuk mengetahui bagaimana informasi ini dikodekan dan bagaimana alfabet bekerja, benar-benar tidak mengalami kemajuan lebih jauh. Voynich ibarat cawan suci bagi orang-orang yang terobsesi dengan bahasa dan teka-teki, dan ini adalah salah satu hal di mana saya sangat berharap kita dapat memecahkan kode dan menerjemahkannya, karena saya sangat ingin memahami apa yang sebenarnya penulis buku itu katakan.

2. Linear A

www.anehdidunia.com

Linear A (atas) & Linear B (bawah)
Di awal abad ke-20, dunia akademis dan klasik terkejut ketika para ilmuwan berhasil menguraikan salah satu bahasa kuno Kreta: Linear B. Dan di tahun 1951, tidak hanya simbol telah dijelaskan, tetapi panduan pengucapan pun diciptakan, dan dinyatakan sebagai bentuk kuno dari Yunani, meskipun konsensus akademik mengatakan sebaliknya. Kemajuan ini mendorong generasi baru ketertarikan dalam membongkar sistem penulisan yang telah mati, dan dua kandidat yang paling jelas adalah pendahulu untuk Linear B: yaitu Linear A dan Heiroglyphs Cretian. Namun sahabat anehdidunia.com, hingga sekarang, seabad kemudian, kita masih tidak tahu bagaimana memecahkan atau menerjemahkan skrip kuno ini, yang digunakan sekitar 2000 SM. Tidak seperti beberapa contoh lain dalam postingan ini, disini tidak ada kekurangan contoh, puluhan prasasti telah ditemukan, dan bahkan ada beberapa simbol yang sama antara Linear B dengan Linear A, namun para ilmuwan masih belum berhasil mencari tahu satupun dari yang dikatakan skrip Linear A.

1. Rongorongo
www.anehdidunia.com

Orang Rapa Nui meninggalkan salah satu misteri yang terdalam dan paling simpatik untuk sejarawan modern. Moai Pulau Paskah telah membangunkan kesadaran publik saat mengetahui bahwa artefak kuno yang menakjubkan, mewakili ketidakpedulian terhadap lingkungan. Mereka menebang semua hutan mereka dan membunuh semua hewan mereka untuk membuat patung yang lebih religius. Tetapi yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa ada script ditulis berhubungan dengan masyarakat ini. Disebut Rongorongo, seri prasasti ini sepenuhnya belum dapat diterjemahkan meskipun mungkin juga ini hanyalah jenis proto-tulisan. naskah naskah ini ditemukan pada bongkahan 24 atau lebih kayu, biasanya dalam bentuk tablet. Sayangnya, hanya beberapa potong yang selamat, itupun dalam kondisi buruk dan tersebar di seluruh dunia. Menurut sejarah lisan orang-orang di daerah itu, hanya sedikit elit yang pernah diajarkan untuk membaca, dan tidak satupun darinya yang bertahan hidup. Jika naskah naskah ini benar-benar merupakan bahasa tertulis, ini merupakan penemuan yang sepenuhnya independen dari salah satu karakteristik kunci dari kemanusiaan. Tak satu pun dari budaya Pulau Pasifik lainnya memiliki sesuatu yang seperti ini. Ini mungkin bukan benar benar suatu sistem penulisan, melainkan sebuah proto-tulisan, atau perangkat mnemonik untuk rekam silsilah atau navigasi - seperti yang terlihat pada ukiran Maori di Selandia Baru. Rongorongo masih sangat menarik, tetapi mungkin tidak akan pernah bisa dipecahkan.

Baca juga Prediksi John Titor Dan Mesin Waktu

Silahkan Share dengan teman anda melalui tombol share di bawah blog ini dan Dapatkan Update Terbaru dari Kami Gratis atau Mau Berkomentar? Silahkan Follow Twitter Blog ini @blackberrism atau Klik di sini, Untuk Facebook like Di sini. Komentar, Mention dan Retweet anda akan Otomatis Tampil  Di Halaman Depan Blog ini. Mari Berteman dengan Pengunjung yang lain. Terimakasih

Related Article

Paling Aneh