Berita Aneh Unik

Awas Produk Kecantikan Kosmetik Berbahaya

05 Aug 2014

Kosmetik adalah alat penunjang yang digunakan manusia untuk tampil lebih cantik menurut pemakainya. Bermacam macam merk alat rias bisa kita temukan di bumi ini. Sahabat anehdidunia.com mempercantik diri dengan menggunakan kosmetik ini sudah ditemukan sejak dulu kala pada abad ke sembilan belas dimana saat itu menggunakan oksida timah dengan soda untuk memutihkan kulit. 



Pada saat sekarang ini, bermunculan produk kosmetik berbahaya dengan merk produk kecantikan wajah yang berbeda beda yang tidak memperdulikan kesehatan lingkungan bahkan kesehatan manusia dan hanya memperhatikan faktor keuntungan semata. Sahabat anehdidunia.com apakah Anda tahu bahwa mengoleskan bahan berbahaya akan lebih berbahaya dibandingkan dengan tertelan? Pada kenyataannya, bahan-bahan berbahaya pada produk Anda, bisa mengakibatkan berbagai efek negatif, mulai dari kulit kita yang terasa seperti dilapisi plastik, tidak bisa bernapas dengan lega, iritasi ringan hingga berbagai macam penyakit kulit. Racun dan toxin ini langsung terserap oleh kulit dan masuk ketubuh kita, masuk ke aliran darah dan tersimpan di sel-sel diseluruh tubuh kita. Akibatnya, bisa menyebabkan berbagai macam efek negatif mulai dari DNA yang berubah, kemungkinan menjadi kanker, menyebabkan kemandulan, kerusakan sistem syaraf dan berbagai masalah kesehatan lainnya plusnya lagi banyak dari bahan tersebut belum diketahui dengan jelas efek sampingnya. Berikut kami sadur dari sumber bahan bahan produk kecantikan yang berbahaya, jika ada zat ini terdapat di kosmetik anda, walaupun kosmetik mahal produk kecantikan korea, segeralah buang!

Talc
Talc merupakan bahan kimia beracun yang digunakan dalam kosmetik seperti eye shadow, blush, deodoran, sabun, dll untuk menyerap kelembaban. Zat bersifat sebagai karsinogen manusia dan juga diketahui menyebabkan kanker ovarium dan tumor paru-paru.

Anti Bakteri
Antibakteri seperti triclosan banyak sekali digunakan pada berbagai macam produk seperti sabun, deodoran, pasta gigi, dll. Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena sifatnya yang mudah diserap oleh kulit dan diketahui beracun atau karsinogenik di alam. Penelitian menunjukkan bahwa antibakteri dapat mengganggu fungsi testosteron pada sel dan dapat merusak beberapa bakteri yang baik, sehingga meningkatkan kerentanan terhadap infeksi tertentu.

Coal Tar
Coal Tar (tar batubara) merupakan bahan kimia berbahaya lainnya yang umum digunakan di banyak-ketombe dan krim anti anti-gatal. Ditemukan bahwa bahan kimia ini bersifat carcinogenic ketika masuk di bawah kulit.

Butil Asetat
Butil asetat merupakan bahan yang biasa digunakan dalam penghalus kuku dan poles kuku. Penggunaan butil asetat yang dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan retak atau kulit kering. Selain itu, terlalu banyak menghirup uap butyl asetat dapat menyebabkan pusing atau ngantuk.

Kationik Surfaktan
Kationik Surfaktan adalah bahan kimia yang digunakan dalam Conditioner rambut atau pelunak yang memiliki muatan listrik positif. Ketika digunakan secara teratur, Kationik Surfaktan dapat merusak rambut dan membuat mereka kering dan rapuh. Alih-alih mendapatkan rambut indah, rambut akan menjadi rusak apabila terlalu sering digunakan.

Diethanolamine (DEA)
Diethanolamine adalah racun digunakan dengan DEA cocamide dan DEA lauramide, sebagai pengemulsi dan pembuat busa dalam banyak produk perawatan pribadi seperti sampo, krim cukur, lotion pelembab kulit, dan sabun bayi. Hal ini bersifat carcinogenic dalam alam dan bertindak sebagai penghancur hormon dan vitamin di dalam tubuh.

Formaldehida
Formaldehida adalah salah satu bahan kimia berbahaya lain yang umum digunakan dalam sabun mandi bayi, poles kuku, perekat dan pewarna rambut bulu mata.Jika terus digunakan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti keracunan sistem kekebalan tubuh, iritasi pernafasan dan bahkan kanker.

Merkuri
Zat Merkuri (raksa) banyak ditemukan di produk kecantikan yang fungsinya memutihkan kulit. Banyak juga ditemui pada produk seperti mascaras. Penggunaan bahan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti alergi, iritasi kulit, kerusakan saraf, dll.

Partikel Nano
Partikel Nano khususnya zinc oxide dan titanium dioxide biasanya digunakan dalam lotion tabir surya dan krim. Partikel ini dengan mudah dapat menembus kulit dan menghancurkan sel-sel otak.

Petroleum Distillates
Bahasa lainnya parafin cair adalah produk yang berasal dari destilasi minyak bumi. Banyak digunakan dalam banyak kosmetik seperti mascaras, bubuk bau kaki, dll. Sifatnya carcinogen bagi tubuh manusia.

Aluminum
Bahan dari Metallic yang biasanya digunakan pada produk antiperspirants dan antiseptic. Beberapa ilmuwan telah menemukan hubungan antara aluminum dan kanker payurada. Jika digunakan pada antiperspirants bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit. Akibatnya, kulit tidak bisa mengeluarkan racun secara alami dan bahan berbahaya akan tersimpan ke sel lemak terdekat seperti payudara bahkan otak kita. Bahan ini bahkan juga diketemukan ada hubungannya dengan penyakit Alzheimers. Untuk amannya, jika Anda membutuhkan deodorant, pilih yang aluminum free, paraben free. Untuk lotion, biasanya aluminum dicantumkan dengan nama Magnesium Aluminum Silicate atau nama lainnya. Aluminum dan turunannya, juga berbahaya untuk jaringan syaraf otak manusia.

Glycerine 
Terdapat 2 jenis, yang dari tanaman dan dari hewan, bisa juga alami dan bisa gliserin sintetis. Gliserin alami bisa juga berasal dari proses pembuatan sabun, seperti disabun Ecocare. Selalu pastikan gliserin diproduk Anda adalah yang dari tanaman. Karena gliserin yang berasal dari hewan atau sintetis bisa menyebabkan berbagai macam efek samping seperti iritasi. Collagen yang terkandung dalam gliserin yang berasal dari hewan bisa menyebabkan kulit susah bernafas dan meregenerasi sel secara alami. Gliserin dari hewan juga memiliki hormon dari ternak yang biasanya penuh dengan suntikan hormon pertumbuhan, antibiotik dll, yang akhirnya akan kita serap juga lewat gliserin dari hewan yang terkandung pada produk.

Borax (Na2B4O7) 
Ada yang mengkategorikan Borax aman untuk digunakan pada produk perawatan tubuh, kosmetik bahkan pada makanan sebagai pengawet alami (karena borax memang dari mineral bumi yang terbuat dari boron, sodium, udara dan air), tetapi belum tentu semua mineral itu aman. Misalnya minyak bumi, mineral juga kan? alami kan? tapi apa aman untuk dikonsumsi oleh manusia? kenyataannya malah menyebabkan berbagai macam efek negatif termasuk menjadi penyebab kanker. Pemakaian borax pada produk perawatan tubuh, kecantikan, bisa menyebabkan kulit teriritasi. Diketemukan hubungan antara Borax dan kanker, masalah ginjal, kemandulan, dan cacat lahir. Borax hanya saya sarankan aman sebagai produk pembersih dan pestisida alami. Karena lebih ramah lingkungan dari bahan pembersih dan pestisida sintetis lainnya. Sinonim BoraxSodium borate decahydrate, Sodium tetraborate decahydrate, Sodium biborate, Sodium pyroborate .

Butylated hydroxianisole (BHA)/Butylated hydroxytoluene (BHT)
Adalah antioxidan sintetis, diketemukan menjadi penyebab kanker pada manusia, juga menyebabkan hyperactifitiy dan gangguan pada perilaku anak. Selain itu bisa menyebabkan alergi kulit dan mengiritasi mata.

Ethylene/Acrylic Acid Copolymer
Berbahaya pada manusia, termasuk karsinogenik, menyebabkan masalah pada alat reproduksi, perkembangan tubuh, jaringan saraf.

Glyceryl Oleate
Berbahaya pada manusia, mengandung karsinogenik, penyebab masalah reproduktif, neurotoxic, termasuk berbahaya bagi lingkungan (terutama air).

Glycols 
Propylene glycol ada yang mengkategorikan aman, ada yang tidak aman. Berbagai jenis Glycols diantaranya: propylene glycol; glycerin;ethylene glycol;carbitol; diethylene glycol. Beberapa jenis glycol menyebabkan masalah reproduksi, cacat lahir, kerusakan ginjal, kelainan pada liver. Hindari glycol yang mengandung methyl diantaranya : EGPE, EGME, EGEE, DEGBE, PGME, DPGME.

Methylisothiazolinone dan Methylchloroisothiazolinone 
Digunakan sebagai antimicroba yang menyebabkan iritasi pada kulit. Juga berpotensi membahayakan kerusakan jaringan otak pada manusia

Polyacrylamide 
Bahan satu ini termasuk sangat berbahaya, mungkin termasuk karsinogenik, mengiritasi kulit dan sistem pernapasan. Membahayana lingkungan termasuk udara, air dan tanah. Membahayakan hewan darat dan air.

Silicone derived emollients 
mengiritasi kulit, diduga sebagai penyebab tumor, terakumulasi pada liver. Tidak baik untuk lingkungan “non-biodegradable” Nama lain yang bisa Anda temukan diantaranya: Dimethicone, Dimethicone Copolyol, Dimethiconol, Cyclomethicone, dll.

Sahabat anehdidunia.com anda tidak perlu mencari jual produk kecantikan di google, karena wanita cantik itu adalah wanita yang bisa mengeluarkan aora kecantikannya tanpa kosmetik, seperti contoh dengan mengeluarkan senyum yang tulus, tampil apa adanya, jika anda merasa anda kurang cantik, jika anda adalah seorang wanita, bacalah ini Wanita Paling Cantik Di Dunia. dengan membaca artikel tersebut, mungkin inner beauty kalian akan menaik. Jadi, mulailah senyum dan keluarkan inner bauty anda hari ini karena kami yakin kalian bisa lebih cantik tanpa make up :)


referensi:https://id-id.facebook.com/notes/gracy-skin-care/10-zat-kimia-berbahaya-pada-kosmetik/682459188440511/https://id-id.facebook.com/notes/helena-agustien/daftar-bahan-berbahaya-pada-kosmetik-dan-produk-perawatan-tubuh/10150327708997499/

Related Article

Paling Aneh