Berita Aneh Unik

Tantangan Siram Air Es Mendunia

19 Aug 2014

Banyaknya video dan foto tentang artis, olahragawan maupun CEO terkenal melakukan siraman dengan air es yang dingin, membuat kami penasaran, mengapa bisa mendunia seperti itu? Ternyata  Ice Bucket Challenge itu digunakan untuk menantang seseorang dalam melakukan hal yang sama yaitu menyiram seluruh badan dengan menggunakan air es. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sejumlah uang yang akan disumbangkan kepada sosiasi melawan penyakit kanker. Sahabat anehdidunia.com banyak sekali para pesohor diluar negeri melakukan hal ini. Bagaimana dengan Indonesia? kapankah Tantangan tersiram dengan air dingin ini marak di Indonesia?



Asal Mula  Ice Bucket Challenge
Ice Bucket Challenge mulai mewabah di Amerika ketika pada 30 Juni ketika program TV Golf Channel Morning Show mengulas tentang fenomena media sosial dan melakukan Ice Bucket Challenge secara live. Segera setelah itu, pada 15 Juli seorang pegolf bernama Chris Kennedy melakukan tantangan yang sama dan menantang sepupunya Jeanette Senerchia dari Pelham, New York. Suami Jeanette, Anthony, telah menderita ALS selama 11 tahun.

Sehari kemudian, Jeanette melakukan tantangan itu, sementara putrinya yang baru berusia 6 tahun memfilmkan aksinya di depan rumah mereka. Meski awalnya hanya sekadar iseng semata, aksi Jeanette secara tidak sengaja diketahui Pat Quinn, 31 tahun dari Yonkers, New York, yang juga didiagnosis dengan ALS pada Maret 2013. Pat mengetahuinya dari akun Facebook Jeanette.

Tantangan itu pun menyebar dari satu mulut ke mulut lainnya, dan mantan pemain bisbol Boston College, Pete Frates, yang juga menderita ALS mulai mem-posting tantangan tersebut di Twitter. Dan sudah bisa ditebak, Ice Bucket Challenge langsung menjadi viral di dunia maya.

Aturan Tantangan ALS Ice Bucket Challenge
Aturan yang dibuat cukup simpel yaitu membuat video dengan mengambil seember air es, dan menyiram air dingin tersebut dari kepala hingga mengenai semua badan lalu  posting video tersebut di facebook maupun twitter ataupun instagram lalu dalam video tersebut anda menantang teman anda atau siapapun untuk melakukan hal yang sama. Jika tidak ada kelanjutan dalam 24 jam (orang yang anda tantang tidak berani), orang tersebut diharuskan membayar 100 dolar yang akan disumbangkan ke asosiasi amal yang kalian setujui.

Perlu anda ketahui bahwa dalam melakukan tantangan ini tentu saja tidak mudah. Selain kedinginan karena disiram dari ujung kepala hingga ke semua badan, dampak negatif akibat siraman ini pun berbahaya, berikut penyakit yang bisa ditimbulkan oleh air es yang dingin tersebut saat mendarat tiba tiba di badan kita.

Bahaya Melakukan Tantangan ALS


Cold Shock Response
Bahaya menyiramkan air dingin secara tiba tiba bisa mengakibatkan serangan jantung bagi penderita yang menderita jantung lemah. Kira kira seperti itu bahayanya.
 
Hipotermia
Hipotermia adalah suatu kondisi dimana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin dimana Gejala hipotermia ringan adalah penderita berbicara melantur, kulit menjadi sedikit berwarna abu-abu, detak jantung melemah, tekanan darah menurun, dan terjadi kontraksi otot sebagai usaha tubuh untuk menghasilkan panas. Pada penderita hipotermia moderat, detak jantung dan respirasi melemah hingga mencapai hanya 3-4 kali bernapas dalam satu menit. Pada penderita hipotermia parah, pasien tidak sadar diri, badan menjadi sangat kaku, pupil mengalami dilatasi, terjadi hipotensi akut, dan pernapasan sangat lambat hingga tidak kelihatan

Cedera Mata
Saat menyiramkan air es yang berisikan bongkahan es, dapat mengenai kornea mata yang bisa menyebabkan kebutaan. bahaya bukan?

Setelah anda mengerti akan bahaya tantangan ini, dan anda ingin melkakukannya, silahkan dilakukan untuk amal, yang bisa membantu orang lain yang menderita kesusahan, seperti yang dialakukan bintang bintang dunia di bawah ini.

Rita Ora
Rita Ora mengikuti tren tantangan Ice Bucket Challenge tersebut untuk menunjukkan kepeduliannya kepada penderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Sejumlah artis ternama pun turut serta mengikuti tantangan ini, seperti Oprah Winfrey, Justin Timberlake, Jennifer Lopez, Selena Gomez, Justin Bieber, dan sebagainya.

Tim Cook CEO Apple
Cook lebih memilih tetap disiram air es dan menyumbangkan dana yang diminta penantangnya. Bos Apple ini memang dikenal sebagai seorang dermawan yang suka menyumbangkan dana untuk gerakan sosial tertentu.

Bill Gates Dan Zuckerberg
Mereka saling tantang untuk melakukan siraman air es tersebut yang akhirnya dilakukan. Bill gates malah membangun tiang khusus untuk menyiram dirinya. Good job boss

Super Junior
Baru-baru ini Choi Siwon mengambil tantangan itu dan mengajak Lee Donghae dan Eunhyuk untuk ikut serta. Siwon sendiri ditantang oleh Tim (penyanyi Korea Selatan) untuk melakukan tantangan tersebut demi mendukung aksi penggalangan dana bagi penderita penyakit Lou Gehrig.

Sahabat anehdidunia.com masih banyak lagi para pebisnis, artis, olahragawan yang melakukan tantangan siram air es ini. Tetap kami ingatkan jika akan melakukan hal ini, ingat bahayanya dan pastikan tubuh anda terbiasa dengan air dingin. Selamat ber Ice Bucket Challange :)


referensi:http://www.merdeka.com/gaya/mengulik-asal-usul-ice-bucket-challenge-yang-ngetren-di-amrik.html/http://www.pennlive.com/opinion/2014/08/before_you_take_the_ice_bucket.html/http://blogs.findlaw.com/injured/2014/08/can-the-ice-bucket-challenge-lead-to-injury.html/http://tekno.liputan6.com/read/2092840/bos-facebook-tantang-bill-gates-mandi-air-es/http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00056479.html/http://tekno.liputan6.com/read/2092817/bos-apple-rela-disiram-air-es-demi-melawan-kanker

Related Article

Paling Aneh