Foto Aneh Unik

Urutan Lukisan Paling Mahal Di Dunia

07 Aug 2014

Lukisan adalah karya seni yang dihasilkan oleh coretan tangan seniman berdasarkan perasaan yang bisa memunculkan sebuah gambar yang bisa mengutarakan perasaanya pada saat dilihat. Ya memang susah menemukan lukisan tersebut di dunia ini. Ada yang mengatakan lukisan akan menjadi tinggi nilainya jika sang pelukis sudah meninggal. Apakah benar seperti itu? Sahabat anehdidunia.com, melihat banyaknya kata Lukisan termahal yang kita temukan di beberapa website, dan mereka mengatakan harga yang berbeda, akhirnya kami admin anehdidunia.com memakai sumber terpercaya yaitu berdasarkan wikipedia. Berikut urutan lukisan termahal di dunia.


10. The Scream Karya Edvard Munch


Harga: $123.7 juta. Lukisan ini merupakan versi keempat yang diciptakan oleh Edvard Munich. Lukisan tersebut dibuat dengan menggunakan minyak, tempera dan pastel. Edvard menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1895 dan merupakan karyanya yang dibilang sangat mahal. Lukisan ini dijual pada Sotheby’s Impressionist dan Modern Art Auction pada tahun 2012 dan dibeli oleh Leon Black. Leon Black membeli ini pastel 1895 melalui lelang Sotheby di New York pada tahun 2012. Ada empat versi lukisan ini yang secara kolektif diberi judul Der der Natur Schrei, atau Scream of Nature. Karya seni ini memiliki sosok dengan ekspresi kesakitan dan kesedihan. Angka tersebut diatur dengan latar belakang langit oranye yang berapi-api. Tiga versi lainnya berada di Oslo di Norwegia. Satu lukisan dengan Galeri Nasional Oslo. Lukisan kedua dan lainnya pastel dengan Munch Museum di kota yang sama.

9. Garçon à la pipe Karya Pablo Picasso


Harga lukisan $130.6 juta. Lukisan cat minyak ini berukuran 100 x 81,3 cm adalah karya Pablo Picasso (kebangsaan Spanyol), menggambarkan seorang anak laki-laki kota Paris sedang memegang pipa di tangan kanannya. Dilukis pada masa “Rose Period” (1904–1906), masa dimana lukisan-lukisan Picasso bercorak riangdan didominasi warna oranye dan pink (merah muda). Lukisan ini tidak bergaya “cubist” seperti lukisan-lukisan cubist Picasso lainnya. Laku terjual seharga 104,1 juta dollar AS di tempat pelelangan Sotheby’s, New York, 4 Mei 2004.

8. Bal du moulin de la Galette Karya Pierre-Auguste Renoir


Harga lukisan $143.3 juta. Lukisan ini dikenal juga dengan sebutan Bal du Moulin de la Galette yang diselesaikan pada tahun 1876 oleh seniman bernama Pierre-Auguste Renoir. Dalam dunia seni, lukisan ini dianggap sebagai salah satu lukisan terbaik. Sampai tahun 1894, lukisan ini merupakan bagian dari koleksi pribadi Gustave Caillebotte, yang juga seorang pelukis asal Perancis. Meskipun pembeli lukisan ini dirahasiakan, namun ada laporan bahwa lukisan ini dibeli oleh seorang kolektor asal Swiss.

7. Three Studies of Lucian Freud Karya Francis Bacon


Harga lukisan $144.5 juta. Lukisan berjudul "Three Studies of Lucian Freud" itu terjual, Selasa (12/11/2013) hanya dalam enam menit penawaran di ruang lelang maupun lewat telepon di Balai Lelang Christie's di New York City. Juru bicara Christie's, Elizabeth Van Bergen menyebutkan lukisan itu dibuat pada 1969 dan merupakan salah satu karya fenomenal dari Bacon. Lukisan tersebut menggambarkan Lucian Freud saat berada dalam puncak hubungan dengan Bacon. Dalam lukisan yang dipilah dalam tiga bagian itu, Freud duduk di atas kursi kayu dengan posisi bervariasi.

6. Portrait of Dr. Gachet Karya Vincent van Gogh


Harga lukisan $151.4 juta. Lukisan yang dilukis oleh pelukis impressionis Belanda ini, tiba-tiba saja menjadi terkenal di dunia ketika seorangpengusaha Jepang bernama Ryoei Saito membelinya seharga82,5 juta dollar AS ditempat pelelangan Christie’s, New York.Begitu gandrungnya Saito pada lukisan ini, sehingga ia ingin dikremasi bersama lukisannya ini jika kelak ia mati. Saitomeninggal tahun 1996 namun lukisannya tetap aman, tak ikut dikremasi. Vinvent van Gogh melukis potret diri Dr. Gachet’s 2 versi, versi satunya berada di museum Paris dan sangat berbeda warnanya dengan lukisan yang dimiliki Saito.

5. Portrait of Adele Bloch-Bauer I Karya Gustav Klimt


Harga lukisan $157.7 juta. Gustav Klimt menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1907 dengan kanvas berukuran 54 x 54 inci dan menggunakan minyak, emas dan perak. Akuisisi terbaru dari lukisan ini dibuat oleh Ronald Lauder pada tahun 2006 dan ditampilkan di galeri nya, Neue Galerie di New York City. Lukisan ini dibuat pada saat Klimt sedang berada di Wina. Ferdinand Bloch-Bauer, yang merupakan seorang tokoh industri gula, menugaskan Klimt untuk melukis istrinya, Adel Bloch-Bauer.

4. Le Rêve Karya Pablo Picasso


Harga lukisan $157.9 juta. Pablo Picasso memelopori gerakan seni modern disebut Kubisme dan secara luas diakui sebagai artis yang paling penting dari abad ke-20. Pablo Picasso merupakan pelukis yang pertama kali mengenalkan Cubism, sebuah aliran seni modern. Ia juga dianggap sebagai sosok seniman paling berpengaruh sepanjang abas 20. Salah satu lukisan Pablo yang terkenal yaitu Le Reve (The Dream dalam bahasa Perancis) yang ia buat pada tahun 1932. Sosok wanita dalam lukisan minyak dengan media kanvas berukuran 130 cm x 97 cm ini tak lain adalah kekasih Pablo.

3. Woman III Karya Willem de Kooning


Harga lukisan $161.8 juta. Lukisan tahun 1953 ini merupakan karya Willem De Kooning. Sebenarnya lukisan ini merupakan bagian dari serangkaian yang melibatkan enam lukisan berbeda. Lukisan ini bergaya abstrak ekspresionis dari Klooning dan memiliki ukuran 68 x 48,5 inci. Pada tahun 2000, lukisan karya Willem ini dijual oleh David Geffen kepada seorang miliarder, Steven A. Cohen.

2. No. 5, 1948 Karya Jackson Pollock


Harga lukisan $164.7 juta. Lukisan termahal kedua adalah Lukisan No.5 karya Jackson Pollock. Harga lukisan ini mampu tembus hingga kisaran harga 1.64 triliun. Jackson adalah seniman asal Amerika yang sangat popular akan aliran lukis abstrak Impresionisme. Menurut para ahli seni lukisan ini mempresentasikan abstrak dari sebuah sarang. Hingga saat ini lukisan ini dimiliki oleh David Geffen setelah Jackson menjual kepadanya.

1. The Card Players Karya Paul Cézanne


Harga lukisan $273 juta. Lukisan termahal di dunia ini diciptakan oleh pelukis asal Perancis bernama Paul Cezanne. Alasan yang paling utama kenapa lukisan ini dijual dengan harga yang sangat mahal karena detail halus dan intensitas warna yang bagus. Lukisan ini merupakan lukisan terakhir dari 5 lukisan Cezanne yang sedang menggambarkan seorang pemain kartu. Pada tahun 2011, keluarga kerajaan Qatar membeli lukisan ini dalam sebuah lelang.

Sahabat anehdidunia.com pengertian bahwa dikatakan Lukisan Termahal Di Dunia karena terjual dan ada yang membeli karena masih banyak lukisan yang tak ternilai harganya seperti lukisan terkenal Monalisa dan lain lain. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan anda.

referensi:http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_most_expensive_paintings/http://wowmenariknya.blogspot.com/2013/11/10-lukisan-termahal-di-dunia.html/http://henzr.blogspot.com/2013/10/23-lukisan-lukisan-termahal-di-dunia.html/http://www.topdidunia.com/2014/03/top-10-lukisan-termahal-di-dunia.html/https://blog.ub.ac.id/devyness/2012/04/17/10-lukisan-terkenal-di-dunia/http://www.beritabali.com/index.php/page/berita/world/detail/2013/11/15/Lukisan-Francis-Bacon-Termahal-di-Duniakoma-Rp1koma64-Triliun/201311150004

Related Article

Paling Aneh