Cinta

Bangunan Spektakuler Sebagai Tanda Cinta

12 Feb 2015

Bangunan dibuat atas dasar cinta - Menunjukan sebuah arti cinta bisa dengan berbagai cara seperti memberi sebuah bunga atau membelikan coklat adalah salah satu cara anda mengatakan cinta pada pasangan anda, karena sudah pasti anda tidak akan bisa meniru beberapa orang ini yang membuat bangunan megah yang sangat terkenal di dunia untuk menyatakan tanda cintanya pada pasangannya. Sahabat anehdidunia.com bisakah anda menerka seberapa besar cintanya sehingga terbentuk bangunan spektakuler ini? Dan banguanan mana yang dimaksud? silahkan berikut ulasan dan ceritanya.


Taman Gantung Babylonia Baghdad Irak


Taman Gantung yang dibuat oleh Raja Nebudkadnezar II pada seitar 500 SM ini memang sudah tidak ada lagi, tetapi keindahannya tetap menjadi pembicaraan diseluruh dunia. Luas taman ini sekitar 4 hektar dengan arsitektur yang sangat unik. Soalnya, selain dipenuhi dengan berbagai pohon dan tanaman, taman ini juga bertingkat-tingkat dan dilengkapi dengan system pengairan sampai sekitar 100 m di atas permukaan tanah.

Raja Nebudkadnazer II adalah salah satu Raja Babilonia Baru yang cukup sukses. Dia memiliki permaisuri yang sangat disayanginya, bernama Amytis. Permaisuri ini berasal dari Persia yang pada saat itu cukup jauh dari Babilonia Baru. Berada jauh dari rumah, membuat sang ratu homesick. Salah satunya yang paling dirindukannya adalah taman indah kampung halamannya. Untuk menghilangkan rasa kangen dan rindu sang ratu, Raja Nebudkadnazerpun membuatkan taman yang mirip (bahkan lebih bagus) dengan taman yang ada di Persia untuk Ratu Amytis.

Taj Mahal Agra India


Sahabat anehdidunia.com sebuah bangunan indah di India yang selalu menarik perhatian wisatawan. Taj Mahal yang terletak di Agra, India, adalah salah satu bangunan megah di dunia yang dibangun atas bukti cinta. Bangunan ini merupakan perwujudan keinginan Mughal Shah Jahan yang sangat kaya. Ia membangun monumen ini sebagai makam istri ketiganya yang sangat ia cintai, Mumtaz Mahal. Rasa kehilangan yang teramat sangat dirasakan Mughal Shah saat sang istri meninggal ketika melahirkan putrinya yang ke-14. Ia pun memerintahkan Ustad Ahmad untuk membangun sebuah bangunan megah sebagai tempat bersemayam sang istri. Dikumpulkanlah 20.000 orang pekerja yang terdiri dari tukang batu, tukang emas, dan pengukir emas termahsyur di India saat itu.

Setelah melewati 22 tahun masa pembangunan, sebuah bangunan megah pun dapat memukau setiap mata yang memandangnya. Kubah putihnya terbuat dari bahan marmer putih. Tak heran jika bangunan ini termasuk ke dalam salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Sebanyak 43 jenis batu permata digunakan untuk memperindah bangunan ini, termasuk berlian, jed, Kristal, topaz, dan nilam. Taj Mahal dibangun sedemikian rupa agar menjadi bangunan yang bentuknya simetris, makam Mumtaz Mahal pun didirikan tepat ditengah bangunan ini.

Candi Prambanan Indonesia


Sebuah kisah cinta tak berbalas terwujud dalam sebuah bangunan indah di Indonesia. Candi Prambanan, sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini sering juga disebut sebagai Candi Roro Jongrang. Saat ini, Candi Prambanan sudah menjadi salah satu Warisan Dunia UNESCO. Kini, malam di Candi Prambanan terasa lebih meriah dengan pergelaran cerita Ramayana yang disuguhkan untuk wisatawan. Sebuah kisah pilu tentang cinta seorang arjuna kepada putri cantik yang tak terbalas mengiringi pembangunan candi. Dalam legenda yang beredar di masyarakat, tersebutlah seorang raksasa bernama Bandung Bandawasa yang ingin mempersunting Putri Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang yang tidak tertarik kepada Bandung Bandawasa pun meminta satu syarat yang mustahil dapat diwujudkan oleh Bandawasa. Roro Jonggrang ingin dibuatkan 1.000 candi dalam satu malam. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Bandung Bandawasa, ia menghimpun seluruh kekuatan gaib untuk mewujudkan permintaan Roro Jonggrang. Saat hari yang ditentukan sudah hampir tiba, Bandawasa tinggal membangun satu buah arca untuk tahap akhir. Roro Jonggrang pun mencari akal untuk menggagalkan usaha Bandung Bandawasa. Dia mengajak seluruh pemuda menumbuk padi agar terkesan pagi sudah tiba. Bandawasa marah, lalu ia mengutuk putri Roro Jonggrang menjadi pelengkap arca yang keseribu.

Coral Castle Homestead Florida


Coral Castle sudah banyak menarik perhatian dunia. Bangunan inipun menjadi salah satu wujud cinta yang ditunjukkan seorang pria kepada wanita yang ia cintai. Adalah Edward Leedskalnin yang membangun Coral Catle setelah sang pujaan hati, Agnes Scuffs, membatalkan pernikahan mereka tepat satu hari sebelum hari pernikahan. Edward yang patah hati kemudian memutuskan pergi dan menetap di Amerika Serikat. Ia menghabiskan waktu selama 30 tahun untuk membangun Coral Castle. Bangunan ini dibuat dari susunan batu-batu yang kebanyakan mengandung fosil cangkang atau koral. Pada awalnya, Coral Castle dibangun di sebuah kota kecil di Florida sebelum akhirnya dipindahkan ke Homestead. Untuk memindahkan bangunan yang sudah setengah jadi itu, Edward membutuhkan waktu selama tiga tahun lamanya.

Di tempat yang baru ini, ia lalu melanjutkan pekerjaan hingga ajal menjemputnya. Hingga dirinya meninggal, tak ada satu orang pun yang tahu bagaimana caranya menyusun antara satu batu dengan batu yang lainnya. Bahkan untuk menjaga rahasia tersebut, Edward selalu bekerja di malam hari, dan ketika merasa sedang diperhatikan orang lain, ia akan segera menghentikan pekerjaannya. Selain pembangunannya yang misterius, beberapa bagian bangunan membuat setiap orang yang melihatnya takjub. Salah satunya adalah gerbang utama di kastil ini. Gerbang yang terbuat dari batu besar dengan berat mencapai 8,2 ton ini dibuat dengan keseimbangan sedemikian sempurna. Bahkan, walaupun beratnya hingga berton-ton, seorang anak kecil dapat membukanya dengan mudah menggunakan ujung jari saja.

Mystery Castle Phoenix Arizona


Ungkapan cinta sejati tak melulu identik dengan pasangan yang sedang memadu kasih. Cinta sejati dapat pula ditunjukkan oleh seorang ayah kepada keluarganya. Hal ini pula yang terwujud dalam bangunan yang kini dikenal dengan nama Mystery castle. Kisah di balik pembangunan kastil cukup mengharukan. Adalah Boyce Gulley, seorang pria yang kabur dari rumahnya setelah didiagnosa mengidap TBC. Ia menghindari istri dan anaknya karena tak ingin mereka melihatnya meninggal.

Dia membeli sebuah tanah di kaki gunung. Selama 16 tahun, ia habiskan waktunya untuk membangun sebuah istana sambil menunggu ajal tiba. Bahan-bahan yang digunakan untuk membangun pun bahan-bahan alami serta barang-barang bekas. Ketika Boyce Gulley meninggal, keluarganya terkejut mendapatkan kabar jika Gulley meninggalkan warisan berupa sebuah bangunan mewah di kaki gunung. Bangunan ini kemudian ditinggali oleh istri dan putrinya hingga akhir hayatnya. Mystery Castle sendiri memiliki tiga bangunan utama yang memiliki 18 kamar luas.

Prasat Hin Phimai Thailand


Sebuah kompleks candi di Thailand ini konon dibangun atas dasar cinta sejati. Letaknya berada di pusat Kota Phimai, di tepi Sungai Bulan. Prasat Hin Phimai adalah sebuah bangunan mahakarya dengan nuansa Budha yang kental. Bangunan ini memiliki tiga bangunan penting, yaitu Bhramadhat, Prang Tower, dan Prang Hin Daeng. Di pintu masuk utama terdapat sebuah jembatan yang dihiasi naga. Sebuah legenda yang tersebar di rakyat Thailand menceritakan asal muasal pembangunan candi. Legenda ini dimulai ketika seorang raja meminta anaknya mencari calon istri. Pangeran Pajitt pergi ke desa-desa selama berbulan-bulan untuk mencari calon istri yang tepat untuknya.

Hingga akhirnya di sebuah desa dia bertemu seorang perempuan hamil yang dia sukai. Namun sayangnya, karena perempuan tersebut berstatus janda, dia tidak diperbolehkan menikahinya. Pajitt pun meminta izin untuk menikahi anak yang ada di dalam kandungannya. Anak tersebut kemudian diberi nama Orapima. Pada saat Orapima berusia 16 tahun, mereka saling jatuh cinta tapi tampaknya sang Raja tidak setuju dengan pernikahan mereka. Mereka lalu melarikan diri ke hutan. Nahas, sang Pangeran dibunuh seseorang yang menginginkan Orapima. Karena patah hati, dia membangun sebuah tempat suci, Prasat Hin Phimai, yang didalamnya dipahat adegan kehidupan saat ia masih bersama Pajitt.

Boldt Castle


Kastil ini dibangun oleh seseorang bernama George Boldt. Ia membuat kastil ini sebagai ungkapan rasa cintanya kepada sang istri, Louise. Pada 1905, lahan seluas lima hektare yang berada di atas Heart Island diberikan kepada sang istri tepat pada hari Valentine. Tak hanya itu, Boldt membangun sebuah kastil indah untuk membahagiakan hati sang istri. Satu tahun sebelum Boldt Castle selesai dibangun, Louise meninggal. Boldt yang patah hati tak kuasa melanjutkan pembangunan kastil tersebut. Ia lantas menghentikan pembangunannya, dan tak pernah kembali ke pulau tersebut. Untuk sekian lama, Boldt Castle dibiarkan tak terurus hingga akhirnya pemerintah setempat berinisiatif merenovasi dan menyelesaikan pembangunannya.

Beberapa kamar yang berada di lantai satu dan dua baru selesai direnovasi pada 2011 silam. Oleh karena itu, desain yang digunakan terasa lebih modern. Sementara, ruang bawah tanah kastil sebagian besarnya belum selesai dibangun. Namun begitu, beberapa ruangan di kastil menampilkan gambar rancangan kastil yang dibuat oleh Boldt sehingga pengunjung yang datang dapat berimajinasi bagaimana bentuk kastil ini jika sudah benar-benar selesai.

Kellie’s Castle Malaysia


Negara tetangga Indonesia, Malaysia, juga memiliki sebuah bangunan yang dibuat atas nama cinta. Kastil Kellie, yang hanya berjarak 20 menit dari Ipoh, Perak, Malaysia, menjadi saksi bisu betapa seorang pria mencintai istrinya. Bangunan ini merupakan hasil imajinasi dari seorang pencinta tanaman asal Skotlandia bernama William Kellie. Kastil Kellie yang mulai dibangun pada 1915 merupakan sebuah kastil yang dijadikan hadiah untuk istri tercintanya, Agnes Smith. Bangunan ini menggabungkan tiga gaya arsitektur sekaligus, yaitu Yunani, Skotlandia, dan India.

Pembangunannya bahkan langsung ditangani oleh para pekerja yang didatangkan dari India. Bangunannya begitu megah dengan enam buah lantai yang dihubungkan menggunakan lift. Bahkan, tak hanya menjadi salah satu bangunan tertua di Malaysia, kastil inipun menjadi bangunan termegah di masa pembangunannya. Saat pembangunan sedang berlangsung, sebuah wabah virus flu membunuh sebagian pekerja kastil. Oleh karena itu, sebuah bangunan berisi patung-patung dari para pekerja tersebut didirikan di sebelah kastil sebagai tanda penghormatan.

Meskipun beberapa pekerjanya meninggal, pembangunan kastil terus berlanjut. Pada 1926, William Kellie meninggal dalam perjalanan ke Portugal karena Pneumonia. Sang istri pun merasa terpukul akibat kematiannya. Agnes memilih untuk kembali ke Skotlandia dan meninggalkan semua kenangan bersama suaminya di Malaysia. Bangunan ini kemudian terbengkalai sebelum dibeli oleh sebuah perusahaan Inggris yang mengubahnya menjadi salah satu objek wisata populer di Malaysia.

Sahabat anehdidunia.com menyatakan cinta anda pada pasangan anda tidak harus dengan hal yang mewah, menurut kami sayangi dan cintai dengan tulus pasangan anda akan membuat semuanya lebih baik daripada memberi pulau tanpa cinta dan kasih di dalamnya. Pastikan suatu hari nanti anda bisa mewujudkan cinta tulus anda dengan plus sebuah pulau :) 


referensi:http://deagelo.blogspot.com/2011/07/bukti-cinta.html/http://www.mudaandrian.com/2013/04/7-bangunan-dunia-bukti-cinta-sejati.html

Related Article

Paling Aneh