Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Permata Pemegang Rekor Dunia

Sebutan untuk batu permata sangat banyak kita dengar akhir akhir ini misalnya sebagian orang menyebut batu mulia itu dengan sebutan germ stone, batu berharga, batu cincin ataupun batu akik. Dari kesemua sebutan batu batu yang dibuat oleh alam tersebut mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri sehingga beberapa daerah di dunia sempat memberi rekor dunia kepada batu pemata mulia yang terkenal tersebut. Sahabat anehdidunia.com berikut Permata pemegang rekor dunia.

Batu Zamrud Bahia


Sahabat anehdidunia.com rekor dunia batu zambrud ini adalah Pecahan Tunggal Terbesar dari Zamrud yang Pernah Ditemukan. Saat ini, pecahan terbesar dari zamrud yang pernah ditemukan adalah Zamrud Bahia, yang terdiri dari sejumlah besar silinder kristal zamrud, tertanam dalam batuan induk yang beratnya setara dengan 1,9 juta karat. Baru-baru ini, Zamrud Bahia telah menerima appraisal setinggi $, 900 juta yang akan membuatnya menjadi batu permata yang paling berharga di dunia. Namun, kebanyakan orang menempatkan nilainya sekitar $ 400 juta.

Awalnya ditemukan di tambang Beryl, barat negara bagian Bahia, Brazil, pada tanggal 9 Juli 2001. Setelah diselundupkan ke Amerika Serikat, Zamrud Bahia akhirnya pindah ke New Orleans. Setelah Badai Katrina, Zamrud Bahia terendam di bawah air sedalam 16 kaki selama dua bulan, sebelum bisa diambil. Blok besar zamrud ini kemudian dicuri oleh seorang dealer permata di Las Vegas. Untungnya dia segera tertangkap oleh Departemen Sheriff Los Angeles dalam sebuah operasi besar. Menurut beberapa laporan,  Zamrud Bahia terlibat dalam transaksi perbankan $ 197.000.000 dengan Bernard Madoff sebelum ia ditangkap. Setelah serangkaian tindakan hukum yang dirancang untuk mendapatkan zamrud kembali, Hakim John A. Kronstadt mengumumkan bahwa ia akan hearing untuk kasus ini, meskipun belum ada keputusan resmi yang telah dibuat.

Perebutan Zamrud Bahia di pengadilan merupakan salah satu perkara hukum terbesar dalam sejarah California, dan telah menjadi perhatian internasional. Saat ini ada delapan orang yang mengaku sebagai pemilikan zamrud ini. Salah satunya mengatakan bahwa dia telah membayar $ 60.000 untuk sebuah koleksi permata penambang Brasil, sementara yang lain mengatakan ia telah membayar $ 1,3 juta untuk berlian zamrud ini. Jika tidak ada yang terbukti menjadi pemilik dari Zamrud Bahia ini, masih belum jelas apa yang akan terjadi pada permata yang sangat besar ini.

Permata Berlian Strawn – Wagner


Berlian yang ditemukan oleh Shirley Strawn pada tahun 1990 ini merupakan satu-satunya berlian yang berhasil menerima Grade AGS A yang memiliki nilai sempurna, yakni 0/0/0. Berlian yang ditemukan di Creater of Diamons ini awalnya memiliki kualitas 3,09 karat atau yang setara dengan 620 mg. Namun, berlian ini kemudian dipotong hingga ukurannya berubah menjadi 1,09 karat atau yang setara dengan 220 mg. Penghargaan tersebut diberikan oleh Gemological Institute of Amerika yang dapat diartikan sebagai berlian yang tak memiliki kekurangan atau catat sekali pun di berbagai sudut potongannya, warna, hingga tingkat kecerahannya. Menurut Direktur Laboratorium AGS, Strawn – Wagner merupakan hasil penemuan paling langka yang perbandingannya adalah 1 : 1.000.000.

Batu Graff Pink Diamond


Rekor dunia Graff Pink Diamond adalah Batu Mulia Termahal yang Pernah di Lelang. Beberapa batu mulia paling berharga di dunia adalah berlian berwarna yang telah dinilai (D) dan sempurna tanpa cacat. Salah satu berlian tersebut ditemukan pada 1950-an, ketika Amerika perhiasan Harry Winston membeli berlian pink yang langka dari seorang kolektor yang tidak diketahui. Berlian ini 24,78 karat dalam ukuran, dan digambarkan oleh Winston sebagai "salah satu berlian terbesar yang pernah ditemukan." Berlian ini juga diklasifikasikan oleh Gemological Institute of America sebagai "fancy intense pink diamond", yang berarti rating warnanya sangat tinggi . Permata ini juga telah dinilai sebagai Berlian Tipe IIa, menempatkannya 2% di atas berlian dunia. Berlian ini dipotong menjadi bentuk persegi panjang dengan sudut bulat, dan dipasang pada sebuah cincin.

Pada tahun 1950, berlian itu dijual oleh Winston ke seorang kolektor pribadi, yang memilikinya sampai 2010. Pada saat itu, berlian disiapkan untuk dijual oleh lelang Sotheby di Jenewa, Swiss, di mana berlian pink ini terjual seharga US $ 46 juta (£ 29 juta), sehingga menjadikannya sebagai permata yang paling mahal yang pernah terjual di lelang. Berlian ini dibeli oleh dealer berlian Laurence Graff, dari Graff Diamonds, yang memberikan namanya saat ini menjadi Graff Pink Diamond.

Blue Giant of the Orient Atau Raksasa Biru dari Timur


Rekor dari batu permata Blue Giant of the Orient adalah Blue Sapphire Terbesar di Dunia. Pada tahun 1907, blue safir yang luarbiasa besar ditemukan dekat Adams Peak, Sri Lanka. Ini adalah penemuan besar, karena biru adalah salah satu warna yang paling langka dari safir di planet ini. Safir biru ini kemudian dipotong dan dipoles menjadi 'Raksasa Biru dari Timur'. Pada saat itu, dilaporkan bahwa safir ini memiliki 466 karat, dan menjadi blue safir terbesar di dunia.

Raksasa Biru dari Timur adalah cushion-cut safir yang berwarna biru-menengah intens yang memiliki saturasi warna penuh. Permata ini menampilkan fluoresensi oranye-merah yang kuat di ultra-violet. Pada tahun 1907, safir senilai £ 7.000 ini dijual kepada seorang kolektor anonim amerika dan keberadaan permata itu tidak diketahui sampai tahun 2004, ketika sebuah blue safir besar muncul di lelang Christie’s Magnificent Jewels yang diselenggarakan pada tanggal 19 Mei, 2004 di Jenewa, Swiss. Permata itu tidak diiklankan sebagai Raksasa Biru dari Timur, tetapi ukuran, potongan, dan warna nya serupa, dan diperkirakan sebagai permata yang sama. Permata yang ditawarkan di lelang ini adalah 486,52 karat, dan menjadi faceted safir terbesar yang pernah ditawarkan dalam lelang.

Hebatnya, Raksasa Biru dari Timur ini tidak terjual, tapi akhirnya dibeli oleh seorang pembeli anonim dengan harga rendah yaitu $ 1 dolar. Seluruh Penjualan ini sangat mencurigakan, karena kerahasiaan dan hubungannya dengan Raksasa Biru.

Opal Olympic Australis


Olympic Australis pun ternyata juga berhasil mendapatkan rekor Opal Paling Besar dan Berharga di dunia yang ditemukan di ladang opal Eight Mile, Coober Pedy, Australia Selatan, pada tahun 1956. Olympic Australis ditemukan pada kedalaman 9,144 meter. Asal muasal namanya dipilih lantaran saat itu tengah berlangsung perhelatan pesta olahraga dunia, Olimpiade, di Melbourne, Asutralia. Olympic Australis memiliki berat yang mencapai 17.000 karat dan kualitas permatanya begitu fantastis, yakni 99%. Logam mulia ini pernah dihargai hingga 2,5 juta dollar Australia pada tahun 2005 silam. Uniknya lagi, kemurnian permata yang dimiliki oleh Olympic Australis dapat dipotong dari batu aslinya, namun pihak pengelola memutuskan untuk tak mengubah bentuk aslinya karena sifatnya yang begitu unik.

Batu Berlian De Beers


Rekor Dunia dari permata Berlian De Beers adalah Berlian Hilang Terbesar Di Dunia. Pada tahun 1888, De Beers Diamond ditemukan di tambang Kimberly di Afrika Selatan. Ini adalah salah satu berlian terbesar yang pernah ditemukan, dan beratnya 428 karat. Setelah berlian itu dipotong, dia menjadi batu permata 234,65 karat yang megah. Warna berlian kuning pucat, dan memiliki grade kecerahan cushion cut yang tidak diketahui.

Berlian De Beers saat ini menjadi berlian terbesar kedelapan di dunia. Pada tahun 1928, berlian ini menjadi centerpiece dari Kalung Patiala, yang diciptakan oleh House of Cartier untuk Bhupinder Singh dari Patiala. Sahabat anehdidunia.com kalung ini menjadi salah satu perhiasan yang paling berharga yang pernah dibuat, karena berisi 2930 berlian, termasuk berlian De Beers 234,65 karat. Berat total Kalung Patiala adalah sekitar 962,25 karat.

Pada tahun 1948, kalung ini hilang. Pada tanggal 6 Mei 1982, dilaporkan bahwa berlian De Beers telah disiapkan untuk lelang di Sotheby di Jenewa, dan telah ditawar $ 3.160.000, namun tidak diberikan. Pada tahun 1998, bagian dari Kalung Patiala terletak di sebuah toko perhiasan second hand di London. Namun, semua batu permata besar nya tidak ada, termasuk berlian De Beers. Hingga 2013, berlian De Beers tetap menjadi berlian terbesar di dunia yang hilang.

Batu Smithsonian Alexandrite


Rekor Dunia yang diberikan kepada batu permata Smithsonian Alexandrite adalah Alexandrite Terbesar di Dunia. Smithsonian Alexandrite digali di Sri Lanka. Seperti Alexandrite pada umumnya, permata Smithsonian ini berwarna merah dan hijau, dan berat 65.08 karat. Saat ini menjadi salah satu permata langka, dan paling berharga, di dunia.

Statusnya sebagai Alexandrite terbesar di dunia, bagaimanapun, adalah sangat bisa diperdebatkan. Pada tahun 2011, ada yang mengatakan bahwa batu permata Alexandrite bernama Naleem beratnya lebih dari 112 karat, tetapi hal ini tidak bisa dikonfirmasi. Juga telah tercatat bahwa pemilik swasta di Jepang memiliki Alexandrite 141,92 karat yang disertifikasi oleh State Gem Corporation. Sangat sedikit informasi yang dapat ditemukan tentang batu permata ini, tetapi ia terdaftar sebagai Alexandrite potong terbesar di situs Guinness Book of Record. Dengan 141,92 karat, Alexandrite ini akan bernilai lebih dari $ 100 juta. Namun, sampai salah satu berita ini dapat dikonfirmasi, Smithsonian tetap menjadi juara diverifikasi batu permata Alexandrite.

Berlian Golden Jubilee


Julukan rekor dunia untuk Berlian Golden Jubilee adalah Berlian Terbesar yang Pernah Dipotong. Pada tahun 1985, seorang pekerja di tambang Premier Afrika Selatan menemukan berlian cokelat besar dengan ukuran 755,5 karat (151 g.) Ini adalah salah satu berlian terbesar yang pernah ditemukan, namun pada awalnya dianggap sebagai "itik buruk rupa". Ia bahkan memiliki julukan "Unnamed Brown". Berlian ini kemudian dipotong selama dua tahun di ruang bawah tanah yang dirancang khusus bebas dari getaran. Ketika selesai, beratnya 545,67 karat (109,13 g), yang membuatnya menjadi berlian terbesar yang pernah dipotong.

Setelah batu ini dipotong, ia berubah menjadi berlian kuning-coklat yang indah. Pada tahun 1994, berlian ini ditampilkan di Thailand dan dibeli oleh sekelompok investor, yang dipimpin oleh Henry Ho dari Thailand. Berlian Golden Jubilee saat ini berada di Istana Kerajaan Thailand, sebagai bagian dari permata mahkota. Berlian ini Diperkirakan bernilai USD $ 4.000.000 - 12.000.000.

Ruby Neelanjali


Nama rekor dunia untuk batu mulia Ruby Neelanjali adalah Ruby Double-Star Terbesar di Dunia. Beberapa batu rubi menunjukkan asterism dua belas titik, atau "bintang," pada permukaannya. Ini adalah kejadian langka, sehingga ketika batu-batu ini ditemukan dengan asterism, mereka menjadi jauh lebih berharga. Ruby bintang ganda adalah ruby yang asterism nya terlihat dari kedua sisinya, yang bahkan lebih langka dan lebih berharga.

Ruby bintang ganda terbesar ​​di dunia adalah Ruby Neelanjali, yang beratnya 1.370 karat (274 g). Ia diperkenalkan kepada dunia pada akhir 1988, dan segera masuk Guinness Book of World Records sebagai ruby bintang ganda ​​terbesar. Ruby ​​ini sekarang dimiliki oleh pengacara India G. Vidyaraj. Saat ia mewarisinya, ruby ini ditutupi oleh kotoran dan jelaga, dimana di masa lalu, orang-orang menganggap ruby ini dikutuk. Tidak ada yang akan berani menyentuh ruby ini karena takut ikut terkutuk. Sahabat anehdidunia.com batu itu tetap tersembunyi selama berabad-abad sampai Vidyaraj akhirnya membersihkan dan menggosoknya, mengungkapkan keindahan sejati dari ruby ini. Dia sekarang mengklaim batu permata ini berasal dari raja-raja dari Kekaisaran Vijayanagar, yang dimana dia adalah keturunan langsung.

Warna yang tepat, kelas, atau kejelasan dari ruby ​​Neelanjali tidak diketahui, bahkan tidak ada yang memiliki gambar Neelanjali (gambar diatas adalah gambar ruby bintang ganda yang lain untuk memberikan gambaran kepada anda, seperti apa ruby bintang ganda itu terlihat). Berdasarkan langka nya ruby berbintang ganda, diperkiraan Neelanjali bernilai hingga $ 100 juta.

Logam Mulia American Golden Topaz


Logam mulia ini telah mendapatkan rekor sebagai Topaz Kuning. Potong paling besar di dunia. American Golden Topaz merupakan salah satu faceted gems paling besar yang pernah ditemukan yang memiliki 172 factes. Facets sendiri merupakan pemotongan datar yang diterapkan pada permata guna membantu mereka memantulkan cahaya. Selain itu, American Golden Topaz juga memiliki ukuran yang mencapai 22, 892 karat atau yang setara dengan 4, 5785 kg. Apabila dipotong dari sepotong topaz kuning, maka berat permata dapat mencapai 11,8 kg.

Semua batu permata yang sangat berharga ini memang sangat cantik yang bisa dilihat dari kepadatan dan sinarnya yang indah. Sahabat anehdidunia.com semangatlah bekerja untuk mendapatkan batu batu mulia ini. Semoga anda semua bisa memilikinya walaupun sekarang hanya bisa melihat saja. Semangat.


referensi:http://segiempat.com/aneh-unik/rekor/batu-mulia-memiliki-rekor/http://versesofuniverse.blogspot.com/2013/03/10-permata-pemegang-rekor.html