Foto Aneh Unik

Kisah Dibalik Transplantasi Cangkok Wajah Yang Berhasil

08 Jul 2015

Menggantikan kulit wajah pasien dengan kulit wajah pendonor disebut sebagai transplantasi wajah yang dilakukan melalui operasi.  Mungkin ini adalah salah satu operasi tersulit yang dilakukan oleh para dokter. Sahabat anehdidunia.com beberapa kisah dibawah ini menceritakan tentang beberapa orang yang kurang beruntung sehingga mereka harus melakukan cangkok wajah karena wajah mereka tidak seperti manusia biasanya. Berikut kisah dibalik transplantasi cangkok wajah yang berhasil mengagumkan.


Connie Culp Cangkok Wajah Karena Ditembak Suami

Wajah Connie Culp sebelum dan sesudah cangkok wajah
Sahabat anehdidunia.com setelah menjalani operasi beberapa bulan lalu, Connie Culp menunjukkan hasil operasi cangkok wajah yang diperoleh dari seorang perempuan yang telah meninggal. Ini merupakan operasi transplantasi wajah pertama di AS. Beberapa tahun lalu suami Culp, Thomas, tega menembak dirinya. Culp selamat dari penembakan itu, namun wajahnya hancur. Timah panas menerjang bagian tengah wajah Culp dan merusak hidung, pipi, langit-langit mulut, dan mata kiri Culp. Ratusan fragmen peluru menempel di wajahnya. Dia membutuhkan selang untuk bernafas.

Hanya kelopak mata atas, dahi, bibir bawah, dan dagu yang selamat. Sedangkan Thomas, harus meringkuk di penjara selama tujuh tahun. Ekspresi Culp masih kaku, tetapi dia sudah berbicara, tersenyum, membaui dan merasakan cita rasa makanan lagi. Omongan Culp memang masih sulit dipahami. Wajahnya bengkak dan berbentuk kotak, dan kulit mukanya menggelambir sehingga dokter berencana untuk memperbaikinya setelah sirkulasi darah di wajah lancar dan saraf wajah tumbuh. Meski demikian, wajah Culp sudah jauh dari kesan horor yang sering membuat anak-anak ketakutan. Tetap semangat Culp!

Isabelle Dinoire Tranplantasi Wajah Karena Digigit Anjing

Wajah Isabelle Dinoire sebelum dan sesudah cangkok wajah
Tepat sembilan tahun yang lalu, untuk yang kali pertama, operasi transplantasi dilakukan di dunia. Isabelle Dinoire menjadi orang pertama yang mencangkok wajahnya. Wajah wanita asal Valenciennes, Prancis itu terkoyak digigit anjing. Ibu dua anak itu awalnya dilaporkan mengalami overdosis obat tidur dalam upaya bunuh diri. Dia pun pingsan dan tergeletak di lantai. Saat itu, anjing milik Isabelle mencoba membangunkannya. Namun hewan tersebut malah menggigit wajah sang majikan hingga bentuk wajahnya tak teratur. Binatang tersebut ditengarai panik karena majikannya tiba-tiba seperti mati. Isabelle kemudian terbangun dengan muka yang dilumuri darah. Saat bercermin, ia sungguh terkejut melihat wajahnya. Bagian bawah wajah Isabelle rusak, tepatnya pada mulut, hidung, bibir, dagu, dan pipi. Kerusakan terparah terjadi pada mulut.

"Saat menyadari wajahku berdarah, aku tak bisa bayangkan seperti apa wujudnya. Aku juga bingung saat itu, apakah ini hanya darah atau mukaku yang rusak," ujar Isabelle. Isabelle segera ke rumah sakit. Dokter langsung menyarankan dirinya untuk melakukan rekonstruksi wajah secara rutin. Tim medis juga menyarankan wanita itu untuk melakukan transplantasi wajah. Ia harus mendapatkan jaringan kulit baru pada wajahnya ditambah hidung baru dan mulut. Pada 27 November 2005, akhirnya Isabelle menjalani operasi transplantasi di Centre hospitalier Universitaire Nord, Kota Amiens, Prancis. Operasi dilakukan oleh dokter Professor Bernard Devauchelle yang dibantuk Professor Jean-Michel Dubernard. Berkat pendonor organ dan tangan dingin dokter, bentuk wajah wanita 46 tahun itu membaik.

Richard Lee Norris Cangkok Wajah Karena Kecelakaan Senjata

Wajah Richard Lee Norris sebelum dan sesudah transplantasi wajah
Richard Lee Norris mendapatkan wajah baru melalui sebuah operasi transplantasi wajah selama 36 jam, yang fenomenal di dunia medis. Dan kini, tujuh bulan kemudian, ia sudah bisa makan dengan mulutnya, mencecap rasa makanan, dan mencium aneka bau. Demikian pengumuman terbaru yang disampaikan tim dokter University of Maryland Medical Center. Dalam operasi maret lalu Norris tak hanya mendapat wajah baru, tapi juga gigi, lidah, kulit, dan dua rahang. Juga syaraf dan jaringan otot dari kulit kepala ke leher.

Namun dokter tak cepat puas, mereka bertekad untuk mengembalikan wajah Norris "dengan cara paling estetis". "Selama 15 tahun terakhir aku hidup bagai pertapa, bersembunyi di balik topeng. Aku hanya berani ke luar di malam hari, belanja misalnya, di saat hanya tersisa sedikit orang," kata Norris dalam rilis yang dikeluarkan pihak universitas. Norris terluka parah akibat kecelakaan senjata di tahun 1997 lalu. Ia tak sengaja menembak wajahnya sendiri. Akibatnya, ia kehilangan hidung, bibir, dan kemampuan gerak mulutnya.

Dallas Wiens Transplantasi Wajah Karena Tersetrum Listrik

Wajah Dallas Wiens sebelum dan sesudah transplantasi wajah
Dallas Wiens seorang pekerja bangunan asal Texas, Amerika Serikat, menjadi warga AS pertama yang melakukan transplatasi wajah secara penuh di Brigham & Women’s Hospital, Boston, AS, baru-baru ini. Seperti dikutip Daily Mail, Kamis (24/3), hampir semua bagian pada wajahnya diganti dengan organ baru, yang diambil dari tubuh orang yang sudah meninggal. Sahabat anehdidunia.com identitas mayat tersebut tidak disebutkan. Biaya operasi sebesar 3,5 juta dolar AS itu sepenuhnya ditanggung Kementerian Pertahanan AS. Operasi dilakukan selama 15 jam oleh tim beranggotakan lebih dari 30 orang, terdiri dari dokter dan suster. Pemulihan hasil operasi akan membutuhkan waktu lebih dari tiga bulan. Menurut ahli bedah plastik Dr. Bohdan Pomahac, wajah Wiens pasca-operasi tidak akan mirip dengan wajah asli pasien tersebut atau wajah donor. "Yang jelas, bentuk wajah barunya ada di antara itu," katanya.

Pomahac mengatakan, operasi yang dijalani Wiens itu tidak akan dapat membuat pria muda tersebut dapat melihat kembali. Untuk ini, Wiens tidak merasa kecewa. Baginya, yang penting, dia dapat kembali mencium putrinya yang berusia 3 tahun itu." Impian saya adalah ingin mencium putri saya," ujarnya. Wajah ayah beranak satu tersebut mengalami luka bakar tingkat parah, yang artinya hampir semua bagian pada wajahnya tidak lagi berbentuk. Akibat luka bakar tersebut, dia buta total. Kecelakaan itu didapatnya saat dia bekerja mengecat tembok di salah satu gedung kliennya di Texas pada November 2008 lalu. Saat mengecat tembok itu, secara tak sengaja dia menyentuh saluran listrik setempat sehingga tersetrum yang mengakibatkan wajahnya terbakar.

Charla Nash Cangkok Wajah Karena Diserang Simpanse

Wajah Charla Nash sebelum dan sesudah transplantasi wajah
Charla Nash yang wajahnya rusak setelah diserang oleh seekor simpanse pada tahun 2009, Nash menderita kecacatan setelah hewan peliharaannya dengan berat 200pon (91 kg) mengamuk dua tahun yang lalu. Ia kehilangan tangan, bibir, hidung dan mata. Hal ini menyebabkan dirinya buta dan cacat setelah serangan itu. Simpanse itu pun akhirnya mati karena ditembak oleh polisi. Setelah menjalani operasi transplantasi wajah penuh yang sangat meletihkan selama 20 jam dirumah sakit pada bulan Mei. Ketika difoto kulitnya agak memarah. Sebelum oprasi dan difoto, Nash sering mengenakan penutup kepala untuk menyembunyikan kekurangannya.

Transplantasi wajah penuh Nash merupakan operasi ketiga yang dilakukan di Amerika Serikat (AS), Seorang perempuan yang tidak mau diketahui identitasnya mendonor wajah, tangan dan bahan jaringan lainnya yang membuat operasi bisa berjalan. Transplantasi tangan sudah dianggap berhasil, tapi tangan tidak bergerak karena tangan tersebut tidak cocok. Dokter mengatakan cangkok tangan lain bisa dicoba jika pendonor cocok dengan identifikasi yang sesuai dengan Nash. Operasi wajah Nash melibatkan 30 tenaga medis termasuk dokter, perawat, Wajah Nash dibangun kembali oleh tim medis lebih dari 30 dokter, perawat, anestesi dan beberapa warga yang menghendaki dibuatnya transplantasi tangan ganda yang lebih rumit di ruang operasi. Transplantasi wajah penuh pertama kali di dunia selesai di Spanyol pada tahun 2010.

Sandeep Kaur Transplantasi Wajah Karena Terhisap Mesin Rumput

Wajah Sandeep Kaur sebelum dan sesudah transplantasi wajah
Ini merupakan kisah yang benar benar menginspirasi dari semua cangkok wajah diatas. Pada Tahun 1994 seorang anak Sandeep Kaur yang berusia sembilan tahun, wajahnya rusak karena rambutnya terhisap ke dalam mesin pemisah rumput. Kulit wajahnya terpisah dengan kepalanya yang membuat sang ibu histeris. Sandeep Kaur lalu dibawa ke rumah sakit dengan memasukan kulit wajahnya ke dalam tas plastik. Sungguh pemandangan yang sangat menyeramkan. Dokter yang melakukan transplantasi terhadap Sandeep Kaur adalah Abraham Thomas, salah satu dokter bedah terkenal India. Sahabat anehdidunia.com transplantasi cangkok wajah tersebut merupakan operasi pencakokan wajah pertama di dunia.

Kisah pembentukan wajah ulang dari tanpa wajah hingga berbentuk wajah dalam transplantasi cangkok wajah yang berhasil mengagumkan ini semoga membuat anda lebih berhati hati dengan apapun yang anda lakukan. Semoga kejadian ini tidak terjadi lagi. ingatlah untuk tetap berhati hati dan waspada karena Life is Beautiful.


referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Transplantasi_wajah
http://dunia.news.viva.co.id/news/read/55283-pasien_cangkok_wajah_akhirnya_ditampilkan
http://news.liputan6.com/read/2139440/27-11-2005-transplantasi-wajah-pertama-di-dunia
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/360272-pasien-transplantasi-wajah-kini-bertambah-tampan
http://www.pikiran-rakyat.com/luar-negeri/2011/03/24/139260/dallas-wiens-pasien-pertama-dunia-yang-operasi-transplantasi-wajah
http://techno.okezone.com/read/2011/08/12/56/491334/transplantasi-wajah-penuh-kembali-berhasil

Related Article

Paling Aneh