Cinta

Cara Unik Menghindari Kemacetan Lalu Lintas

30 Sept 2015

Belakangan ini warga disejumlah kota besar pasti merasakan kemacetan yang kian meresahkan. Misalnya Jakarta. Kemacetan lalu lintas memang salah satu permasalahan yang pelik diatasi. Kendaraan yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya menjadi salah satu faktor utama dari kemacetan. Terlebih lagi keadaaan jalan tidak menyesuaikan dengan banyaknya kendaraan. Mengandarai mobil sendiri, menembus kemacetan jelas bukan hal yang menyenangkan. Beberapa orang mengembangkan banyak hal untuk mengatasi dan menghindari kemacetan. Termasuk beberapa hal unik berikut yang kami rangkum dalam cara unik hindari macet.


Naik Kuda Ke Kantor


Penyebab macet sudah pasti bikin stress apa lagi jika kita sudah diburu waktu dan harus sampai ditempat kerja tepat waktu. Gambar seorang pria yang menunggangi kuda ditengah kepadatan Xiongchu China ini mencuri perhatian para pengguna internet. Pria yang merupakan anggota Wuhan Joki club itu tadinya mengendarai mobil untuk ke kantor. Namun, karena macet parah dia sering datang terlambat ke kantor setiap hari. Alhasil dia pun cari solusi lain. Tak menggunakan mobil dia memilih menunggang kuda untuk pergi kekantor. Wah, menunggak kuda sepertinya alternatif lebih cepat untuk tiba dikantor dibandingkan naik mobil probadi. Anda mau mencoba ?

Naik Parasut Karena Macet


Kemacetan yang setiap hari terjadi membuat seorang pengusaha di China memutar otak agar bisa menghindarinya. Zeng Daxia kemudian memutuskan tuk menggunakan parasut. Parasut itu dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan paraglaiding bermotor. Zeng menggunakannya untuk berangkat kantor daripada harus terjebak macet. Hanya dengan 1 menit pria berusia 42 tahun itu meluncur dengan mulus. Zeng tidak beraksi sendirian dia juga tergabung dalam komunitas lokal yang melakukan kegiatan serupa. Dia mengatakan lelah menghadapi kemacetan setiap hari. Sekarang dengan adanya parasut tersebut dia  bisa sampai ketempatnya bekerja dalam beberapa menit. Kemacetan menjadi pemandangan biasa di Zhuzhou karena dipisahkan oleh sungai Xiangjiang. Warga dikota lain harus melintasi jembatan  Zhuzhou Xiangjiang River Bridge sepanjang 1,3 km yang membuat kendaraan mengantri. Untunglah pemerintah china tidak melarang pengguna kendaraan tidak lazim untuk beraktifitas sehari-hari.

Naik Mobil Mini


Terjebak dalam keadaan mecet memang membuat anda pusing karena tidak ada yang bisa anda lakukan kecuali menunggu. Namun hal itu tidak dialami oleh seorang pria asal tiongkok, ia tak mau hanya menunggu kemacetan setiap hari. Ia mempunyai cara unik untuk mengatasi semua berbekal dengan kemampuan yang ia miliki. Dengan otak jeniusnya xu zhiyun mulai berfikir dan terciptalah kendaraan yang sangat mini untuk mengatasi kemacetan yang ia alami. Benar saja, setelah terciptanya alat ini banyak orang yang dibuat kagum karena dapat membelah kemacetan di shanghai. Ternyata kendaraan unik itu sudah direncanakan oleh xu sejak ia kecil, namun pria pintar ini baru kesampaian mewujudkan mimpinya saat ini.

Taksi Menyamar Menjadi Ambulance


Macetnya kota Moscow membuat sebagian orang berfikir agak unik, ada situs yang menawarkan layanan taxi dengan bentuk ambulans disana. Tugasnya adalah mengantarkan tamu agar bebas dari kemacetan. Selama perjalanan, taxi tersebut bisa membunyikan sirine dan menyalakan lampu agar pengemudi lain memberikan jalan. Akhirnya kepolisian pun mengetahui kalau kendaraan tersebut bukan mobil ambulans biasa dan sengaja ditawarkan sebagai taxi atau kendaraan umum. salah satu cirinya adalah sang supir tidak menggunakan baju medis. Ketika polisi memeriksa kendaraan, didalamnya ditemukan interior yang mewah. Diketahui harga sewa taxi ambulans ini adalah $200 atau sekitar 2,4 juta rupiah. Jalan umum di moskow terkadang jadi tempat parkir umum alias sering kali macet. Bukan karena pengemudinya yang memiliki kebiasaan buruk tetapi lahan tempat parkir disana kurang serta kurangnya pembatasan kendaraan membuat kemacetan semakin menjadi jadi.

Membuat Polisi Robot



Untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di ibu kotanya, pemerintah republik demokratif kongo mempunyai cara unik yaitu dengan memanfaatkan polisi-polisi robot. 2 unit robot humanoid sengaja ditempatkan dipersimpangan padat lalu lintas di Kinshasa untuk mengatur arus kendaran dam membantu pengendara dan pejalan kaki melintas dengan aman. Penempatan 2 unit robot ini diharapkan mampu mengurangi kemacetan sekaligus memangkas angka kecelakaan di pusat kota besar berpenduduk sekitar 10 juta orang tersebut. Robot-robot sehingga hampir 2 setengah meter yang dibuat dari baja dan alumunium itu berkerja dengan tenaga listrik dan diekstrak sinar matahari dan melaksanakan tugasnya sejak juni tahun lalu. Sebuah tim insinyur local telah dikerahkan untuk membuat robot yang dapat bertahan dalam teriknya sinar mentari di kongo. Dan sejauh ini belum ada masalah yang ditemui. Robot-robot ini memiliki lengan-lengan yang bertindakk sebagai sinyal lalu lintas, sementara dibagian dadanya menunjukkan kepada pejalan kaki saat dia aman untuk berjalan disertai dengan keterangan suara. Dibahu terpasang kamera pengintai untuk mengawasi jika ada yang berusaha jika ada yang melanggar aturan bisa dibilang robocop ala kongo ini merupakan perpaduan dari petugas pengatur lalu lintas dengan sinyal lalu lintas. Dengan demikian akan ada banyak polisi lagi bisa berpatroli dijalan-jalan.

Jalur Khusus Sepeda


Pemerintah moskow rusia membuat ratusan km jalur sepeda dan menyediakan ribuan sepeda untuk umum. Langkah ini diambil untuk mengatasi kemacetan yang menular setiap hari di ibu kota rusia itu. Mosco meniru beberapa kota didunia seperti Landon dan Paris yang telah memiliki jalur sepeda hingga lebih dari 400 km. Mosco menargetkan memiliki jalur sepeda sepanjang 131 km yang akan selesai dibuat pada akhir tahun ini. Selain itu pemrintah kota mosco akan juga menyediakan 100 sepeda yang bisa disewa murah di 50 tempat di seluruh kota. Hal ini pun disambut baik oleh masyarakat mosco. Seorang mahasiswa dikota tersebut bahkan bersyukur adanya jalur sepeda karena sebelumnya mosco bukan lah kota yang ramah bagi pengendara sepeda. Akan sangat berbahaya berjalan di jalan sempit dan penuh kendaraan. Diperediksi jika 15% saja pengendara menggunakan system ini maka masyarakat akan bisa bernafas lega. Jika rencana ini berjalan lancar, pemerintah mosco berencana menambah titik penyimpan sepeda hingga 120 tempat dan 1700 unit sepeda. Bahkan tidak menutup kemungkinan skema ini bisa dilakukan di musim dingin yang suhnya bisa mencapai -30 drajat.

Menciptakan Sepeda Terbang



Anda pernah menonton film ET? Film yang dibuat pada 1982 itu menampilkan sepeda yang terbang ke angkasa dan kini munculah sepeda bertenaga manusia yang juga mampu terbang untuk menghindari macet. Bernama paravelo sepeda ini memiliki kipas angin besar, motor penggerak kipas dan parasut. Sementara rodanya ada 4 2 di depan dan 2 belakang dengan posisi sejajar seperti pada sepeda umumnya dan 2 lali pada kanan dan kiri menyerupai sayap. Dengan perangkat  itu paravelo mampu terbang denagn ketinggian 1200 meter dan kecepatan 40km/jam untuk memutar kipas paravelo menggunakan bahan bakar biofuel dengan tangki penuh sepeda ini bisa tebang selama 3 jam dan hanya memerlukan landasan pacu pendek untuk lepas landas. Paravelo diciptakan John Fordon yang berusia 37 tahun dan Yannick Read 42 tahun. Dua pria berkebangsaan Inggris ini terinspirasi dengan sepeda masa kecil mereka hingga menghasilkan paravelo. Dengan modal 10000 pounds setara dengan 155.000.000 terciptalah paravelo. Untuk mementukan paravelo dilengkapi dengan GPS dan tidak menggunakan lisensi pilot untuk menerbangkan sepeda ini. Anda cukup berlatih menggerakkan arah parasut dengan kedua tangan. Bahkan sepeda ini dapat dilipat sehingga dapat disimpan rapi diruang kantor. Bahkan terdapat lampu xenon yang cahayanya bisa dilihat sejauh 3 km. Fordon juga berjanji paravelo akan membuat kemacetan lalu lintas, denda parkir, serta omelan pejalanan akan menjadi masa lalu si pengguna.


referensi:
http://www.merdeka.com/dunia/capek-terus-terjebak-macet-pria-ini-berangkat-kerja-naik-kuda.html
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00027915.html
http://inovasipintar.com/robot-yang-satu-ini-bantu-pecahkan-kemacetan/
http://dunia.news.viva.co.id/news/read/417580-atasi-macet--moskow-turunkan-1-000-sepeda-ke-jalan
http://tekno.tempo.co/read/news/2013/06/19/061489390/hindari-macet-dengan-sepeda-terbang

Related Article

Paling Aneh