Berita Aneh Unik

Fenomena Alam Unik Di Musim Panas

24 Oct 2015

Berbagai kejadian alam yang sangat memukau dan begitu mempesona kerap terjadi terdapat fenomena di bumi ini yang membuat para manusia terpesona khususnya pada saat musim panas. Fenomena-fenomena ini di anggap sebagai fenomena aneh karena terbentuk secara unik dan begitu berbeda. Jika demikian sebagai makhluknya kita perlu mengucapkan syukur dan takjub atas ciptaan Tuhan yang maha Esa, meskipun kerap terllihat unik ada juga fenomena-fenomena musim panas yang terlihat tidak mungkin atau bahkan sangat indah. Seperti apa fenomena aneh saat musim panas ini, berikut fenomena alam aneh saat musim panas versi anehdidunia.com.


Salju Pink Rasa Semangka Pegunungan Sierra Nevada


Setiap awal musim panas sebagian area perlindungan pegunungan Sierra Nevada California Amerika Serikat ditutupi salju merah muda, uniknya jika didekati, salju merah muda ini tampak seperti es serut semangka aromanya pun tercium seperti semangka. Fenomena ini di sebut watermelon snow atau salju semangka. Jus semangka ini telah menarik perhatian para pendaki sejak ribuan tahun lalu sejak zaman Yunani kuno. Salju merah muda Sierra Nevada telah dijelajahi dan diteliti seiring kemajuan teknologi para peneliti telah berhasil menemukan penyebab salju pink ini. Adalah Chlamydomonas nivalis jenis algae yang hidup di salju merupakan jawaban penyebab fenomena ini, algae ini menyimpan pigmen karotenoid merah dalam tubuhya pigmen ini berfungsi untuk menyerap panas dan melindungi algae dari sinar ultraviolet .

The Bataara Gorge Air Terjun Hanya Mengalir Saat Musim Panas Saja


Air terjun The Bataara Gorge di Tannourine, Lebanon ini sangat unik karena airnya yang hanya mengalir saat salju meleleh saat akan memasuki musim panas, air terjun yang turun sekitar 250 meter kedalam Baatara Pothole merupakan sebuah gua kapur sejak 160juta tahun lalu dari periode jurasic, tanda air terjun ini di temukan oleh Henri Coiffait seorang peneliti asal perancis pada 1952 silam, untuk dapat menikmati keindahan airterjun dari lelehan salju ini para pengunjung harus melakukan perjalanan dari Laklouk hingga Tannourine sambil melewati pedesaan Balaa lalu tibalah di air terjun Bataara Gorge. Air terjun Bataara Gorge memilki arti 3 jembatan curam karena airnya yang jatuh ke dalam kapur dan melewati 3 jembatan. Di dalam gua kapur ini juga terdapat air yang berasal dari mata air kota Mgharet al-Ghaouaghir jembatan inilah yang dapat di jadikan tempat para pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun, namun tetap harus berhati-hati sahabat anehdidunia.com karena jembatan tersebut cukup licin untuk dilewati.

Pogona Vitticeps Kadal Berganti Kelamin Saat Musim Panas


Spesies kadal unik ditemukan di Australia, kadal ini memiliki janggut dan bisa berganti kelamin saat suhu naik dan cuaca panas. Jika kadal berjanggut dari kawasan tengah  Australia atau di kenal dengan nama ilmiah Pogona Vitticeps bisa berubah menjadi betina meski  pun memilki kromosom jantan. Profesor Arthur Georges dari university of Canberra mengatakn bahwa kadal yang awalnya jantan mampu menghasilkan telur 2 kali lebih banyak dari kadal berjanggut betina biasanya. Hidup jantan menjadi induk betina yang baik temuan ini juga menunjukan bahwa dengan meningkatnya suhu global kadal berjanggut bisa lebih cepat mengubah proses penentuan jenis kelamin mereka. Perubahan kelamin ini diatur oleh kromosom dan suhu. Kadal berjanggut jantan biasanya memiliki 2 kromosom Z sedangkan betina memiliki kromosom Z dan W.Pada suhu yang rendah kadal berjanggut betina menentukan jenis kelamin anaknya sesuai dengan kromosom mana yang diturunkan antara Z dan W. Profesor George mengatakan  juga menemukan bahwa jika telur kadal berjanggut terkena suhu di atas 32,5 derajat celcius jantan dengan kromosom Z berganti kelamain jadi betina, bahkan tanpa kromosomW, menurut George ini adalah fenomena pertama perubahan kelamin yang di alami hewan jenis vertebrata darat dialam liar.

Circumhorizontal Arc Pelangi Api Di Langit Musim Panas


Fenomena pelangi api yang terlihat di langit Carolina Selatan sempat membuat heboh. Fenomena ini disebabkan oleh keselarasan unik yang terjadi di atmosfer. Secara teknis pelangi api disebut circumhorizontal arc. Pelangi api terjadi ketika cahaya matahari membentuk Kristal es heksagonal pada sudut tertentu di awan cirrus tipis, hanya awan cirrus yang di ketinggian 20 ribu kaki atau 6096 meter di atas tanah yang cukup dingin untuk pembentukan Kristal es. Pelangi api hanya terjadi ketika matahari sangat tinggi di langit atau lebih dari 58 derajat di atas cakrawala, Kristal es heksagonal yang membentuk  awan cirrus juga harus berbentuk seperti piring tebal  yang menghadap ke tanah. Sahabat anehdidunia.com ketika sinar matahari melewati Kristal es ini beberapa panjang gelombang akan membias atau di belokkan mirip dengan bagaimana efek penyebaran warna pada krismal, makin jauh dari katulistiwa matahari semakin sedikit bersinar di ketinggian terbentuknya awan cirrus, tak heran jika pelangi api jarang di temukan di Eropa tengah atau utara, tetapi sering di Amerika Serikat. Tempat terbaik untuk melihat pelangi api yaitu di daerah dekat katulistiwa pada siang hari di tengah musim panas.

Lost Lake Danau Yang Hilang Saat Musim Panas



Saat musim hujan dan dingin tidak ada yang aneh dengan Lost Lake. Pada periode ini Lost Lake hanyalah danau dangkal yang dikelilingi pohon pinus. Namun saat musim panas danau seluas sekitar 35 hektar ini tiba-tiba lenyap dan beruah menjadi padang rumput. Fenomena alam unik ini sudah sejak lama terjadi. Penyebabnya adalah 2 terowongan lava di dasar danau yang tercipta secara alami setelah terjadi letusan gunung berapi terbentuk sekitar 3000 tahun lalu, saat lava mengalir dari letusan gunung menyumbat aliran sungai dan  membentuk danau selama musim hujan dan musim dingin pulau tersebut akan terisi air dan 2 terowongan lava tidak mampu menampungnya, namun saat musim panas atau danau sedalam 2,7 meter ini akan kering dan airnya lenyap, para peneliti menduga air mengalir melewati lava tuba dan merembes ke lapisan batuan vulknik menjadi air bawah tanah.

Fenomena Midnight Sun Di Malam Hari


Matahari tengah malam atau midnight sun adalah fenomena alam yang terjadi pada bulan-bulan musim panas di lintang utara dekat lingkaran kutub utara. Saat itu apabila cuaca cerah matahari masih terlihat di tengah malam, pada bulan mei para turis berkunjung ke ujung utara bumi ini untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Negara yang bisa merasakan fenomena alam aneh ini antara lain kanada, amerika serikat Denmark, norwegia, swedia, firlandia, Rusia dan Islandia, durasi midnight akan meningkat dari hari ke hari selama titik balik matahari pada musim panas dilingkaran kutub, kemudian akan mencapai 6 bulan pada kutuk di daerah kutub sendiri matahari hanya terbit dan terbenam sekali dalam setahun selama 6 bulan. Ketika matahari berada di atas ufuk matahari akan terus begerak di atas ufuk dan mencapai ketinggian tertinggi satu titik balik matahari pada saat musim panas.

Pantai Qingdao Berwarna Hijau Saat Musim Panas Tiba


Selama musim panas pada waktu 8 tahun terakhir ini pantai qingdao di sebuah kota propinsi shandong Tiongkok dipenuhi ganggang yang tumbuh subur menutupi seluruh area pantai. Saat musim panas tiba warna hijau terang menyelimui 13500 mil persegi pantai dan sisi lautan, ganggang ini pertama kali tiba pada 2007 lalu dan setiap tahun ganggang yang ini kembali lagi untuk memenuhi pantai Qingdao. Ganggang ini muncul setelah petani rumput laut di selatan Qingdao membersihkan rakit jauh di lepas pantai pada saat musim semi, hal ini memberikan ganggang kesempatan untuk menyebar dan membuat jalan kepantai sampai dekat kota. Inilah penyebab datangnya ganggang hingga tumbuh subur dari sisa nutrisi rumput laut para petani. Sahabat anehdidunia.com fenomena ganggang ini membuat para wisatawan bermunculan untuk menikmati fenomena langka tersebut. Padahal ganggang tersebut  merupakan polusi bagi tanaman air, hal ini tentu sangat merugikan para petani, masyarakat kemudian memanfaatkan ganggang ini sebagai pupuk dan sumber energi hijau, sehingga kerugian bisa sedikit teratasi. Karena semakin lama ganggang ini dibiarkan maka bau busuk ini akan menjalar di sekitar pantai, untuk kerjaan membersihkan ganggang tak mudah. Pada 2013 petugas kebersihan pernah  mengumpulkan sebanyak 19.800 ton ganggang atau setara dengan berat 9900 buah mobil.


referensi:
http://www.merdeka.com/gaya/unik-salju-pink-rasa-semangka-liputi-gunung-ini-tiap-musim-panas.html
http://lifestyle.dreamersradio.com/article/33434/wah-air-terjun-ini-hanya-mengalir-saat-musim-panas-saja
http://internasional.republika.co.id/berita/internasional/abc-australia-network/15/07/03/nqwdb2-kadal-berjanggut-asal-australia-bisa-berganti-kelamin-di-cuaca-panas
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/08/rahasia-pelangi-api
http://news.liputan6.com/read/2227620/lubang-misterius-mengisap-air-danau-di-oregon-as
http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/15/07/17/nrmlit-pantai-qingdao-berwarna-hijau-saat-musim-panas-tiba

Related Article

Paling Aneh