PLARIUSMODIFIKASI101

10 Drummer Terbaik Di Dunia Sepanjang Masa

Friday, August 31, 2012
Menjadi orang dibelakang drum biasanya tidak setenar vocalist yang berada di depan. Eits tidak juga, menjadi drummer bisa sangat dikenal orang karena gaya ataupun skill yang dimiliki mengusai alat pukul tersebut. Diantara semua drummer yang ada di dunia, berikut adalah 10 orang yang memiliki kepiawian memainkan alat drum yang dikenal publik karena kesaktiannya memainkan alat tersebut. bukan Travis barker ataupun pemain drum handal lainnya, silahkan simak siapa sajakah mereka.

Ginger Baker

Ginger Baker

Peter Edward “Ginger” Baker adalah drummer Inggris yang paling dikenal sebagai pendiri band rock Cream, salah satu karya Baker yang diperoleh pada tahun 1960. Dia dijuluki sebagai “superstar drummer rock pertama”. Baker kemudian mendapatkan penghargaan dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota Cream dan secara luas dianggap sebagai salah satu drumer paling berpengaruh sepanjang masa, diakui kontribusinya ke dalam Drummer Hall of Fame modern pada tahun 2008.

Dave Lombardo

Dave Lombardo

Pria kelahiran Havana, Kuba pada tanggal 16 Februari 1965 ini adalah merupakan drummer dari grup band bergenre trash metal asal Amerika Serikat. Mereka adalah band besar yang sukses dalam sejarahnya, mereka berhasil mendapatkan banyak penghargaan sepanjang karir mereka. Hal ini juga merupakan andil dari penggebuk drum mereka Dave Lombardo yang merupakan salah satu drummer terbaik di dunia saat ini. Bahkan Majalah Drummer Dunia memberikan julukan padanya yaitu “The Godfather of Double Bass”. Selain bermain bersama Slayer pada era 80-an, dia juga bermain untuk Philm, Fantômas, Testament, Apocalyptica, Voodoocult, Amen dan beberapa band-band metal besar lainnya.

Lars Ulrich


Lars Ulrich lahir di Gentofte, Denmark, pada tanggal 26 Desember 1963. Ia terkenal sebagai drummer kelompok Metallica. Ayahnya adalah pemain tenis profesional dan musikus jazz Torben Ulrich yang bermain musik jazz bersama Stan Getz dan Miles Davis. Lars Ulrich mengikuti jejak ayahnya di kedua bidang tersebut Dia bermain tenis sejak kecil dan juga belajar bermain musik. Namun minatnya dalam bidang musik kemudian beralih setelah mendengar banyak kelompok musik dari the New Wave of English Heavy Metal (gelombang baru musik heavy metal dari Inggris).

Pada usia sembilan tahun ia pergi menonton konser kelompok Deep Purple dan menjadi penggemar drummer Ian Paice. Ketika berusia tigabelas tahun ia mendapat satu set drum dari neneknya dan mulai berlatih dengan serius. Empat tahun kemudian ia pergi ke Los Angeles, California, Amerika dengan niat untuk bermain tenis. Namun kemudian ia memasang iklan baris di salah satu koran lokal untuk mencari orang yang berminat dalam bsang musik. Iklan itu mendapat jawaban dari James Hetfield. Berdua mereka kemudian menjadi inti kelompok Metallica.

Joey Jordison

Joey Jordison

Nathan Jonas "Joey" Jordison adalah seorang musisi rock/heavy metal amerika. Ia sangat dikenal karena perannya sebagai drummer di Slipknot. Ia juga dikenal sebagai gitaris Murderdolls, sebuah band yang beraliran glam metal/horror punk yang ia bentuk di tahun 2000. Nathan Jonas (Joey) Jordison lahir pada tanggal 26 April, 1975 di Des Moines, Iowa di Mercy hospital. Jordison bersekolah di Waukee High School di Waukee, Iowa. semasa bersekolah, Jordison bermain drum. sebelum bermain drum ia bermain gitar. Jordison telah bekerja di Sinclair pom bensin di Des Moines, Iowa dan bermain dalam berbagai band extreme metal dari daerah Des Moines termasuk Modifidious dan Anal Blast

Buddy Rich



Ketika usia masih 18 bulan Buddy rich sudah bermain drum secara profesional, dia menjadi personil “Traps the Drum Wonder” milik orang tuanya. Ketika usianya menginjak 3 tahun, Rich mungil sudah mampu memainkan permainan drumnya drummer dunia. Pada waktu itu juga, Rich jadi artis cilik dengan bayaran tertinggi kedua. Ketika berusia 14 tahun, Rich sudah bergabung bahkan memimpin sebuah band beraliran jazz. Permainannya bersama Buddy Rich Big Band terus berlanjut, bahkan sampai ia meninggal di usia yang ke-69 tahun. Sepanjang hidup dan kariernya, ia sudah mendapat label sebagai “drummer paling menakjubkan di dunia”. Tak heran kalau Rich sudah jadi pengaruh bagi mayoritas pemain drum masa kini. Pasca wafatnya, berbagai konser memorial besar diselenggarakan. Tentu saja hal itu sebagai upaya apresiasi atas dedikasi dan skillnya dalam memegang drum. 

Dave Grogl

Dave Grogl

Siapa yang nggak kenal musisi multitalenta ini? Sebelum menjadi frontman Foo Fighters, Dave Grohl sudah menjadi icon dalam musik grunge bersama Nirvana. Namanya melambung seiring dengan beat-beat kasar ala grunge yang ia mainkan. Power-nya yang nggak bisa dilupakan saat bermain live juga membuatnya menjadi salah satu drummer terbaik.

Mike Portnoy

Mike Portnoy

Mike Portnoy merupakan drummer terbaik dunia yang sekaligus mantan drummer dari Dream Theater. Group bandl Dream Theater sendiri adalah panutan utama dari genre scene progresiv metal. Mike Portnoy mengawali karirnya bersama Dream Theater pada tahun 1986 dan keluar pada tahun 2010 setelah 25 tahun bersama Dream Theater.

Mike Portnoy atau yang bernama asli Michael Stephen Portnoy ini pernah meraih beberapa penghargaan utama sebagai penabuh drum terbaik menurut beberapa versi termasuk 23 kali menjadi juara versi Majalah Modern Drummer. Ia juga memiliki beberapa proyek sampingan seperti Transatlantic, OSI, dan Liquid Tension Experiment. Pada bulan September 2010, Portnoy mengumumkan bahwa ia telah meninggalkan Dream Theater setelah 25 tahun. Ia digantikan oleh Mike Mangini. 

Keith Moon

Keith Moon

Sudah dibahas sebelumnya, kalau Keith Moon adalah drummer The Who yang meninggal kemudian digantikan oleh Mitch Mitchell. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai drummer yang bisa memainkan alat musiknya dengan cepat. Ia mulai bermain drum ketika berusia 12 tahun. Awalnya ia memainkan alat semacam terompet. Namun Moon kecil berpikir kalau instrumen semacam itu sulit untuk dimainkan. Ia pun beralih pada drum. Berbeda dari alat musik sebelumnya, kali ini ia cepat menguasai.

Musisi-musisi yang sudah banyak memengaruhinya yaitu Gene Krupa, Buddy Rich dan Elvis Presley. Ketika berusia 17 tahun, ia bergabung dengan Band The Who. Tak seperti mayoritas pemain drum, ia begitu benci kalau mesti bermain drum secara tunggal. Menurutnya hal itu membosankan. Lagipula, ia pikir kalau peran seorang drummer itu mestinya menjadi bagian dari musik. Selain bersama bandnya, ia juga bermain dengan Band Plastic Ono-nya John Lennon, The Yardbirds dan The Beach Boys. Sampai kemudian pada 7 September 1978, drummer yang satu ini meninggal. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1990, dia dilantik jadi “Rock and Roll Hall of Fame”, sebagai personil dari The Who.

John Bonham

John Bonham

John Bonham, drumer yang paling menakjubkan, berpengaruh, dan dikagumi sepanjang masa, telah mengilhami jutaan drumer melalui energi, kekuatan, dan kreativitasnya. Melalui serangkaian kenangan dan anekdot dari teman-teman dekat Bonham dan rekan-rekan sesama musisi-termasuk anggota Led Zeppelin: John Paul Jones, Robert Plant, dan Jimmy Page, plus para drumer seperti Carmine Appice, Bev Bevan, Cozy Powell, Ian Paice, dan Dave Mattacks-Chris Welch merajut kisah dramatis warga Midlands yang mengubah cara berpikir orang-orang tentang permainan drum ini, kisah yang diawali dari perjuangan awal Bonham di usia remaja sampai sukses yang luar biasa sebagai anggota band rock terbesar-dan terbising, hingga kematiannya yang tragis di usia 32 tahun. Semuanya mengungkap kecemerlangan teknik Bonzo yang meskipun secara radikal sangat keras, namun dilandasi oleh kepekaan musikal yang lembut. Nicholls jugs melengkapi kajiannya dengan paparan yang paling mendetail dan,akurat mengenai beragam drum kit dan peralatan perkusi Bonham.

Neil Peart



Pada tahun 1974, Neil Peart bergabung dengan Band Rush, tepat setelah band itu merilis album yang berjudul nama mereka. Sebelumnya, Peart hanya bermain di sekitaran Kanada untuk menyambung hidup. Namun ketika ia sudah jadi personil full time-nya Band Rush, Peart bahkan membuat band sendiri. Trio itu ia latih dan bimbing agar bisa mengeksplorasi gaya dalam bermusik. Dia juga jadi salah-satu drummer yang paling banyak direkrut, khususnya untuk memberikan endorsement produk-produk khusus drum. Hal itu tentu saja dipengaruhi oleh pengaruhnya dalam dunia musik rock. Pada tahun 2013, ia pun dilantik dalam “Rock and Roll Hall of Fame” sebagai personil dari Band Rush.

referensi
https://www.thetoptens.com/drummers/


close