Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Dari Indonesia Yang Menjadi Viral Di Dunia Pada Tahun 2016

Sepanjang tahun 2016 yang lalu Indonesi boleh di bilang mengalami berbagai momen penting yang cukup membuat heboh seluruh negri. Meski sebenarnya sebagian besar moment tersebu bukanlah hal yang positif karena menyangkut berbagai kekisruhan di dalam dunia politik tanah air, yang justru membuat berbagai percikan perpecahan golongan pada masyarakat kita. Untungnya diantara serangkaian peristiwa tak mengenakan tersebut, ada pula beberapa cerita ringan dari Indonesia yang berhasil menjadi viral dan mendunia. Cerita-cerita ringan ini seolah menjadi intermezo diantara panasnya suasana di tanah air belakangan ini. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan berbagi kisah dari cerita ringan tanah air yang berhasil menjadi viral didunia dalam, Cerita Dari Indonesia Yang Menjadi Viral Di Dunia Pada Tahun 2016, versi anehdidunia.com


Om Telolet Om



Bagi yang aktif di dunia maya, ungkapan "Om Telolet Om" tentu bukanlah hal yang asing terutama belakangan ini. Nyaris setiap hari kalimat di atas berseliweran di beranda facebook maupun timeline twitter. Ungkapan ini memang sedang mengundang perhatian orang dan seolah menjadi demam tersendiri di dunia maya. Wabah Om Telolet Om ini mulai menjadi perbincangan hangat setelah beberapa selebriti dunia seperti Zedd, DJ Snake, Alesso, Marshmellow, hingga seleb K-Pop seperti CL, Sulli dan Got7 Bambam juga mencuit tentang Om Telolet Om. Cuitna para bintang dunia ini sendiri berawal dari sebuah video di youtube yang memperlihatkan segerombolan anak-anak di sebuah desa di kota Jepara, yang sering berkumpul di pinggir jalan sambil membawa potongan kertas karton besar bertuliskan Om Telolet Om. Potongan karton ini oleh anak-anak itu akan di lambaikan ke arah jalan raya tiap kali sebuah bus datang sambil berharap suir bus tersebut membunyikan klakson bus mereka yang kurang lebih berbunyi Om Telolet Om. Keinsengan anak-anak inilah yang menjadi awal mula maraknya femomena Om Telolet Om yang kini tengah mendunia.


Mbah Gotho, Manusia Tertua Di Dunia



Sodimejo atau lebih sering dipanggil dengan nama Mbah Gotho, beberapa waktu lalu sempat menghiasi headline di beberapa surat kabar dunia. Pria asal Sragen, Jawa Tengah ini di duga menjadipria tertua di dunia, karena usianya diperkirakan telah mencapai 146 tahun. Perkiraan ini muncul dari rekam data administrasi kependudukan KTP, Mbah Gotho tercatat lahir pada 31 Desember 1870. Data inilah yang kemudian membuat kisah pria asal Desa Cemeng, Sragen, yang telah tak sabar menanti ajalnya tersebut rupanya juga mampu menarik dunia. Kisah mbah Gotho ini sendiri pertama kali di terbitkan oleh Laman Internasional Bussiness Times (IBTimes) dengan tajuk, "145-year-old Mbah Gotho from Indonesia says he can't wait to die." Menurut media tersebut, jika data kependudukan itu memang benar maka pada Desember lalu mbah Gotho akan genap berusia 146 tahun. Dan baru beberapa hari yang lalu mbah Gotho, di kabarkan merayakan ulang tahunya yang berarti kini Ia telah resmi berusia 146 tahun. Itu artinya  mabha Gotho, 23 tahun jauh lebih tua dari pemegang rekor manusia tertua Jeanne Calment dari Prancis, yang meninggal tahun 1977 di usia 122 tahun.


Nasi Padang Yang Di Jadikan Lagu Oleh Orang Norwegia



Kepopuleran Nasi Padang di tanah air sudah tak usah di ragukan lagi. Kenikmatan kuliner khas Ranah Minang ini yang nyaris bisa diterima oleh lidah seluruh masyarakat Indonesia membuat Nasi Padang menjadi salah satu masakan paling sering di makan oleh orang Indonesia. Tak hanya sampai di situ, sangking populernya masakan Khas dari Provinsi Sumatera Selatan ini bahkan pernah berhasil bertengger sebagai pemuncak dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi CNN pada tahun 2011 silam, lewat salah satu kuliner andalan mereka yaitu rendang. Rasa nasi padang yang ternyata juga cocok dilidah orang bule ini rupa-rupanya telah mengolhami seorang bule asal Norwegia bernama Audun Kvitland Rostad, untuk menciptakan sebuah lagu berjudul "Nasi Padang" pada tahun 2016 yang lalu. Dalam pernyataanya, menurut Audun lewat lagu tersebut Ia ingin menunjukan rasa cintanya pada salah satu masakan kebanggan Indonesia tersebut.


Rich Chigga, Rapper Muda Indonesia Yang Mendunia



Satu lagi anak muda indonesia yang telah mendunia berkat bakat yang dimilikinya. Kisah itu  kali ini berasal dari Brian Imanuel atau yang lebih akrab disapa dengan nama panggung Rich Chigga. Pemuda ini berhasil membuat namanya di kenal dunia sebagai kemedian sekaligus ikon generasi hip hop muda Indonesia lewat beberapa lagunya yang menjadi viral di Internet. Kepopuleran Rich Chigga ini semakin nyata saat majalah TIMe menuliskan kisah tentang Chigga dalam sebuah artikel online mereka di time.com pada Senin 18 Oktober 2016. Dalam artikel tersebut TIME memberikan ulasan bahwa lagu dari Chigga lumayan bagus, meskipun tak ada yang revolusioner dalam lagu-lagu hip-hop. Lirik lagu Rich Chigga sendiri mengemukakan keresahan soal kelompok gangster. Selain ulasan dari majalah TIME ini kemampuan Chigga dalam merangkai lirik hip hop tampaknya juga berhasil menarik perhatian beberapa rapper dunia lain seperti Tory Lanez dan rapper-rapper terkenal lain seperti Ghostface Killah dan Cam’ron. Mereka bahkan ada mengunggah video reaksi terhadap salah satu video lagu milik Rich Chigga yang dirilis Juli lalu dan memuji video Rich Chigga tersebut dengan berkomentar seperti berikut:
"Aku melihat sisi komedinya, tapi apa yang dia utarakan di rappingnya itu keren," kata Cam'ron.


Jaket Bomber Jokowi



Presiden Jokowi menjadi viral di dunia akibat penampilanya saat menyampaikan pidato terkait aksi demo 4 November 2016 lalu. Jokowi yang kala itu tampil santai, memang sukses mencuri perhatian dengan kemunculanya yang tiba-tiba dalam demo tersebut. Namun tak hanya pidatonya yang mencuri perhatian melainkan juga Jaket Bomber yang Ia kenakan. Penggunaan jaket bomber pada sebuah acara resmi ini tak hanya sukses mencuri perhatian di Indonesia saja melainkan juga di dunia. Perhatian media dunia ini antara lain ditunjukan dengan terbitnya sebuah artikel pada laman Reuters yang bertitle "Indonesian president's call for calm makes fashion statement," dalam artikel ini mereka menebutkan jika Jokowi berhasil menyedot perhatian dengan jaket bombertersebut. Masih dalam artikel yang sama juga disebutkan pula bahwa media sosial riuh dan memicu orang Indonesia untuk membeli pakaian serupa di seluruh negeri. Tak hanya itu saja, media Singapura, The Straits Time juga menuliskan dalam artikel mereka tentang peristiwa ini berjudul "Jokowi's bomber jacket flying off shelves" yang mengulas bahwa jaket yang dikenakan orang nomor satu di Indonesia itu laris manis di mana-mana.

Sahabata anehdidunia.com itulah beberapa cerita asal Indonesia yang berhasil menjadi viral di selluruh dunia pada tahun 2016 yang lalu. Bagaimana apakah diatara sahabat anehdidunia.com ada yang juga mengikuti tren viral tersebut?

Referensi:
https://www.brilio.net/wow/5-kisah-dari-indonesia-ini-sederhana-tapi-trending-di-dunia-tahun-2016-1612280.html