PLARIUSMODIFIKASI101

Bentuk Mobil Balap Paling Unik Dalam Sejarah F1

Saturday, May 26, 2018
Sebagai ajang balap mobil no satu di dunia saat ini. F1 (Formula One) sepanjang sejarahnya selalu menghadirkan berbagai inovasi untuk mencipakan mobil balap tercepat di dunia. Tim-tim di F1 bahkan terkenal rela menghabiskan dana yang luar biasa besar hanya untuk dapat mempercepat mobil balap mereka meski itu hanya dalam hitungan sepersekian detik per-lap.

Hampir setiap tahun tim-tim di F1 selalu melakukan berbagai inovasi, baik dari segi mesin, sasis, sistem elektronik hingga sisi aerodinamis. Berbagi inovasi inilah yang kini telah menghasilkan mobil-mobil balap paling  canggih di didunia.

Namum meski begitu sepanjang sejarahnya F1 juga tercatat telah menghasilkan, mobil-mobil balap yang masuk dalam katagori unik, karena bentuknya yang tak wajar. Nah keunikan dari mobil-mobil balap F1 inilah yang kali ini anehdidunia.com akan bagikan kisahnya dalam Mobil Balap Paling Unik Dalam Sejarah F1, versi anehdidunia.com

Brabham BT26 Tahun 1968


Akhir tahun 1960an bisa dibilang sebagai era dimana tim-tim F1 mulai serius mengembangkan sisi aerodianmis. Hal ini terlihat dengan mulai banyaknya tim yang memasangkan sayap pada bagian depan dan belakang mobil. Namun karena kurangnya penelitian dan data yang ada saat itu, penempatan sayap pada mobil f1 kala itu bisa dibilang tergolong nyeleneh.

Salah satunya adalah mobil balap milik Brabham Racing Team yaitu Brabham BT26. Mobil rancangan Ron Tauranac ini memiliki sayab bagian depan dengan bentuk aneh dan posisi lebih tinggi dari kepala pembalap. Sayap depan mobil ini dilengkapi dengan dua tiang penyangga yang membuatnya justru terlihat seperti jendela. Desain unik ini sendiri tak bertahan lama, karena pada tahun berikutnya posisi sayap depan ini kemudian dipindahkan dibagian bemper depan mobil.

Tyrrell P34 Tahun 1976-1977


Tyrrell P34 atau juga dikenal "six weelers " merupakan mobil balap F1 rancangan Derek Gardner dan merupakan mobil milik tim Tyrrel yang digunakan pada balapan seri F1 tahun 1976-1977. Sesuai dengan nama panggilanya "six weelers" mobil ini merupakan mobil balap pertama didunia yang mengusung konsep 6 roda, dengan 2 pasang roda kecil di bagian depan dan sepasang roda berukuran besar di bagian belakang.

Konsep unik ini menurut sang perancang untuk meningkatkan traksi mobil saat balapan. Menurut Derek dengan dua pasang roda di bagian depan, mobil balap akan bisa mendapatkan traksi lebih bagi daripada yang hanya menggunakan satu pasang saja. Selain pada bagian roda mobil ini juga memiliki desan bodi yang unik dengan dua sayap besar di bagian depan dan belakang yang memiliki bentuk layaknya sekop.

Namun ajaibnya meski memiliki bentuk yang unik, Tyrrell P34 tercatat pernah memenangkan balapan dengan menduduki posisi 1 & 2  pada GP Swedia di tahun 1976.

Williams FW07D Tahun 1981


Keberhasilan Tyrell P34, memenangkan balapan pada GP Swedia di tahun 1976, tampaknya menginspirasi beberapa tim lain di F1 untuk mengembangkan mobil balap dengan 6 roda. Selama beberapa tahun beberapa tim termasuk Ferari dan Willams terus mencoba mengembangkan mobil balap unik ini. Namun tak ada satupun yang berhasil menemukan konsep yang cocok bagi tim mereka.

Sampai pada tahun 1981, tim Williams mengeluarkan mobil balap seri "FW07D" yang mengusung konsep 6 roda. Namun konsep yang di usung oleh tim Willams ini sedikit beda jika dibandungkan dengan Tyrell P34. Perbedaan ini ada pada penempatan roda extra pada Williams yang menempatkan 2 pasang roda di bagian belakan dan hanya sepasang roda di bagian depan. Konsep roda ganda pada bagian belakang ini sendiri, menurut tim Willians adalah untuk meningkatkan daya dorong mobil di lintasan dan membuat FW07D, bisa melaju lebih kencang.

Tapi sayangnya konsep ini ditentang oleh FiA, karena dinilai tak aman. Alhasil FW07D tak pernah benar-benar membalap di lintasan F1 dan hanya berakhir menjadi konsep saja. Sejak saat itu FiA juga memutuskan untuk melarang penggunaan 6 roda pada mobil F1.

Ensign N179 Tahun 1979


Mendapat predikat sebagai mobil terjelek sepanjang sejarah F1. Ensiggn N179 merupakan mobil balap milik tim Lotus yang diperkenalkan pada seri F1 tahun 1979. Saat dilihat sekilas, sebenarnya tak ada yang aneh dari Ensiggn N179. Namun jika kita lihat dari depan, mobil ini memiliki kejanggalan dengan adanya tiga ventilasi uadara yang sekilas nampak seperti anak tangga.

Nah tiga ventilasi udara ini ternyata merupakan tempat untuk menaruh radiator yang berfungsi untuk mendinginkan mobil balap saat melaju di lintasan. Sayangnya meski bertujuan baik, desain ini oleh banyak pecinta F1 dianggap sangat buruk dan tak wajar.

March - Ford 711 Tahun 1971


Dengan melihat penampilanya saja, semua orang rasanya akan setuju jika March - Ford 711, adalah mobil yang unik. Roda belakang berukuran besar, roda depan berukuran kecil dan bentuk sayap depan yang sangat unik, membuat March - Ford 711 terlihat seperti mobil dalam sebuah serial kartun.

Tapi meski terlihat aneh, mobil ini benar-benar ada dan pernah bersaing pada F1 tahun 1971. Tak hanya sekedar ikut balapan March - Ford 711, bahkan juga memenagkan 3 dari 4 seri awal F1 pada tahun tersebut dan berhasil menduduki runner up di akhir musim.

The Fan Car - Brabham BT46b Tahun 1978


Merupakan pengembangan dari Brabham BT46, The Fan Car - Brabham BT46b, merupakan salah satu mobil balap paling unik segaligus aneh dalam sejarah F1. Mobil ini memiliki desain yang begitu mencolok dengan pendorong roket pada bagian belakang. Desain ini selaing terlihat sangat menarik juga berhasil menghasilkan tenaga yang luar biasa pada BT46b. Hal ini terlihat dengan begitu dominanya mobil ini pada seri pembuka F1 pada tahun 1978.

Pada balapan yang dihelat di Swedia tersebut, mobil milik tim lotus ini langsung meninggalkan tim lain sejak lap pertama dan tak terkejar sampai finis. Alhasil banyak tim F1 lain yang memprotes hal ini karena mengganggap Brabham BT46b melanggar aturan spesifikasi yang ada dengan memasing pendorong khusus yang menghasilkan tenaga yang jauh melebihi tim lain. Karena alasan inilah 6 hari kemudian Brabham BT46b akhirnya dilarang untuk mengikuti seri F1. Sejak saat itu pula mobil ini di kenal dengan sebutan "Fan Car" karena merupakan mobil yang sangat di sukai oleh fans F1, tapi justru tak pernah bisa dilihat lagi di lintasan balap.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa mobil F1 paling unik yang pernah ada, menurut kalian mana yang paling unik?

Referensi:
https://www.thrillist.com/cars/the-12-weirdest-looking-formula-one-cars-of-all-time
http://www.grandprixhistory.org/mar711.htm
https://en.wikipedia.org


close