PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Menakutkan yang Dijuluki sebagai Gerbang Neraka

Sunday, January 24, 2021

Neraka identik dengan hal-hal yang mengerikan. Pasalnya dalam banyak agama dan kepercayaan, neraka konon menjadi tempat di mana orang-orang bakal disiksa sesudah meninggal. Oleh karena itulah, tempat-tempat yang menyandang julukan sebagai Gerbang Neraka biasanya memiliki nuansa yang misterius dan lekat dengan kematian. Berikut ini adalah 4 tempat terkenal dari berbagai belahan dunia yang dijuluki sebagai Gerbang Neraka.

Gerbang Plutonium, Turki

Gerbang Plutonium, Turki
Gerbang Plutonium, Turki via denizlihotel.com

Hierapolis adalah nama dari sebuah kota dari masa Romawi Kuno yang terletak di wilayah modern Turki. Saat Romawi mengalami keruntuhan, kota tersebut sempat terlupakan oleh manusia selama berabad-abad. Baru pada tahun 2011, reruntuhan kota ini berhasil ditemukan kembali oleh ilmuwan. 

Di Hierapolis pulalah, terdapat suatu tempat menyerupai gua yang dikenal sebagai Plutonium. Nama itu diberikan karena gua tersebut konon mengarah ke dunia bawah yang dikuasai oleh Pluto, dewa kematian dalam mitologi Romawi Kuno.

Saat Hierapolis masih berdiri, Plutonium kerap dikunjungi oleh pemuka agama secara berkala. Ia bakal masuk ke dalam gerbang sambil membawa sapi sebagai hewan persembahan.

Begitu ia sudah berada di dalam, sapi tersebut akan mati dengan sendirinya, sementara sang pemuka agama tetap selamat. Sahabat anehdidunia.com bangkai sapi tersebut konon bakal diseret masuk ke dalam neraka sesudah itu. Orang-orang pada masa itu percaya bahwa kaum pemuka agama bisa keluar masuk Plutonium dengan selamat karena kesuciannya membuat ia senantiasa dilindungi oleh para dewa.

Di masa kini, ilmuwan percaya bahwa kemampuan Plutonium untuk membunuh hewan tanpa membunuh manusia lebih karena karakteristik unik yang dimiliki oleh gua tersebut. Di dalam terowongan, terdapat gas-gas karbon dioksida dalam kadar yang amat tinggi.

Karbon dioksida normalnya memang tidak berbahaya bagi manusia maupun hewan. Namun jika kadar karbon dioksida yang terhirup terlalu banyak, maka orang yang menghirupnya akan mati kehabisan oksigen.

Karbon dioksida yang ada di dalam terowongana diketahui terkumpul di dekat lantai gua. Karena manusia yang sedang berdiri tegak posisi kepalanya jauh dari lantai gua, ia bisa keluar masuk gua dengan selamat. 

Namun tidak demikian halnya dengan hewan-hewan tertentu semisal sapi yang posisi kepalanya dekat dengan lantai gua. Akibat terlalu banyak menghirup karbon dioksida dalam gua, sapi tersebut akan pingsan dan kemudian mati.

Meskipun Plutonium sempat terlupakan dari ingata manusia selama berabad-abad, “kesaktian” tempat ini untuk merenggut nyawa makhluk hidup masih belum hilang. Ilmuwan yang membongkar Plutonium pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa burung-burung yang terbang terlalu dekat dengan Plutonium bakal mati dengan sendirinya.

Kota Hantu Fengdu, Cina

Kota Hantu Fengdu, Cina
Kota Hantu Fengdu, Cina via travel.tempo.co

Kota Hantu Fengdu adalah sebutan untuk kompleks kuil dan tempat pemujaan yang terletak di Fengdu, Chongqing, Cina selatan. Sebutan “kota hantu” diberikan karena banyaknya bangunan dana perabotan bertema kematian yang memenuhi kompleks ini. Mulai dari bangunan keagamaan, patung, kuil, topeng, dan masih banyak lagi. 

Kota Hantu Fengdu konon sudah ada sejak masa Dinasti Han Timur. Menurut kisahnya, ada 2 orang bernama Yin Changsheng dan Wang Fangping yang selama ini bekerja sebagai pegawai kekaisaran. Suatu hari, keduanya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan bertapa di Pegunungan Ming. Selama bertapa di sana, keduanya konon berhasil mencapai keabadian.

Untuk menghormati pencapaian mereka, Dinasti Tang kemudian mengadopsi nama mereka berdua untuk dikombinasikan menjadi Yinwang (Raja Dunia Bawah). Sahabat anehdidunia.com bangunan-bangunan bertema kematian kemudian didirikan di lokasi cikal bakal Kota Hantu Fengdu untuk memberikan gambaran kepada orang-orang mengenai apa yang akan terjadi pada mereka jika kelak sudah meninggal. 

Dalam kepercayaan tradisional Cina, seseorang yang sudah meninggal arwahnya diharuskan menjalani serangkaian ujian dengan cara melewati tempat-tempat berbahaya di alam baka. Berhasil atau tidaknya seseorang melewati rintangan konon ditentukan oleh hal-hal yang pernah dilakukan oleh orang tersebut semasa hidup. 

Sebagai contoh, arwah seseorang yang semasa hidup kerap berbuat baik akan berhasil melintasi Jembatan Naihe dengan aman. Namun bagi mereka yang kerap berbuat jahat, orang tersebut konon akan didorong oleh iblis hingga terjatuh dari jembatan.

Tujuh Gerbang Neraka, Amerika Serikat

hellam
hellam via atlasobscura.com

Di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, ada sebuah tempat yang kerap dijuluki sebagai Tujuh Gerbang Neraka. Hellam adalah nama dari tempatyang dimaksud. Hellam sendiri aslinya adalah distrik kota yang sudah berdiri sejak tahun 1739.

Karena kota ini terletak di dekat hutan dana sungai, Hellam pun memiliki pemandangan yang asri dan menyejukkan. Namun konon di kota ini pulalah, terdapat pintu gerbang yang menghubungkan dunia manusia dengan dunia bawah. Jumlahnya pun tidak hanya satu, tetapi tujuh! 

Ada beberapa versi cerita mengenai portal-portal neraka yang ada di Hellam. Menurut salah satu versi cerita, pada awalnya ada sebuah rumah sakit jiwa di Hellam. Sahabat anehdidunia.com mendadak timbul kebakaran yang membunuh sejumlah pasien yang ada di dalamnya. Akibat peristiwa tersebut, para arwah korban tidak bisa beristirahat dengan tenang dan terus bergentayangan hingga sekarang.

Pada siang hari, hanya ada satu gerbang yang terlihat. Gerbang yang dimaksud konon terletak di dekat jalan Trout Run Road. Saat malam tiba, barulah gerbang-gerbang yang lain bisa dilihat di sejumlah sudut kota. Menurut kisah yang banyak dipercaya, sudah ada sejumlah orang yang memasuki gerbang-gerbang tersebut, namun tidak ada satu pun di antara mereka yang berhasil kembali dengan selamat untuk menceritakan pengalamannya.

Walaupun mitos mengenai Tujuh Gerbang Neraka Hellam banyak dipercaya oleh khalayak, warga kota Hellam sendiri menganggap mitos tersebut sebagai omong kosong belaka. Selain karena menganggap mitos tersebut tidak ada dasarnya, warga setempat mengaku terganggu oleh ulah sejumlah orang yang jauh-jauh datang ke Hellam dan memasuki halaman-halaman rumah mereka tanpa izin karena ingin mencari Gerbang Neraka.

Kawah Api Darvaza, Turkmenistan

Kawah Api Darvaza, Turkmenistan
Kawah Api Darvaza, Turkmenistan via kompas.com

Turkmenistan adalah nama dari sebuah negara di Asia Tengah yang tidak memiliki wilayah laut, namun berbatasan dengan danau terbesar di dunia (Laut Kaspia. Di negara inilah, terdapat kawah dengan api yang sudah menyala selama puluhan tahun namanya. Darvaza adalah nama dari kawah api tersebut.

Asal muasal kawah Darvaza bisa ditelusuri saat Turkmenistan masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Pada tahun 1971, sekelompok ilmuwan Uni Soviet pergi ke Gurun Karakum di Turkmenistan karena mengira ada cadangan minyak yang tersimpan di bawahnya. Proses pengeboran pun dilakukan di lokasi yang dimaksud.

Proses pengeboran ternyata dilakukan di atas rongga batuan berisi gas alam. Saat bor tersebut menembus rongga batuan tadi, tanah tempat dilakukannya pengeboran amblas karena tidak kuat menopang beban alat-alat pengeboran di atasnya. Akibatnya, terciptalah kawah selebar 69 meter dan sedalam hampir 20 meter.

Tidak ada orang yang meninggal atau terluka dalam peristiwa ini. Namun peristiwa ini menyebabkan cadangan gas metan yang tadinya terjebak di dalam rongga bocor ke permukaan bumi. Akibatnya, hewan-hewan yang berada di sekitar lokasi mati satu demi satu akibat menghirup gas metan.

Karena gas metan amat mudah terbakar, ilmuwan kemudian melemparkan api ke dalam kawah dengan harapan gas metan yang bocor dari bawah tanah akan habis terbakar dengan sendirinya sesudah beberapa minggu. 

Namun gas metan tersebut ternyata berjumlah jauh lebih banyak dibandingkan perkiraan ilmuwan. Hingga puluhan tahun berlalu, kawah tersebut masih saja menyala terang hingga sekarang. Tidak mengherankan jika kemudian kawah ini dijuluki sebagai Pintu Neraka.

Sumber :

https://www.sciencemag.org/news/2018/02/roman-gate-hell-killed-its-victims-cloud-deadly-carbon-dioxide https://www.ancient-origins.net/ancient-places-asia/fengdu-ghost-city-testing-your-soul-domain-chinese-king-hell-009083 https://www.atlasobscura.com/places/the-seven-gates-of-hell-hellam-pennsylvania https://www.smithsonianmag.com/travel/giant-hole-ground-has-been-fire-more-40-years-180951247/



close