Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Bernamakan Indonesia Di Luar Negeri

Sepantasnya kita berbangga karena terlahir sebagai orang Indonesia, yang memiliki kekayaan alam atau pun sosok pribadi yang ternyata namanya begitu melegenda dan menjadi kebanggaan manca negara seperti sosok Sukarno Hatta yang namanya dijadikan jalan di dua negara sekaligus. Selain itu ada juga yang karena kecintaan terhadap budaya Indonesia di Belgia dibangun sebuah taman Indonesia yang menghadirkan sejumlah bangunan asli Indonesia. Selengkapnya kami telah merangkumnya dalam hal yang bernamakan Indonesia di dunia.

Kota Tempe Di Arizona


Hal bernamakan Indonesia di manca Negara pertama adalah kota Tempe yakni sebuah kota Maricopa County Arizona Amerika Serikat dengan populasi penduduk pada tahun 2008 sebanyak lebih dari 175.000. Kota terletak dibagian timur lembah Phoenix Metropolitan Area ini dibatasi oleh Phoenix dan Guadalupe di sebelah barat, Scottsdale di utara, Chandler di selatan, dan Mesa di sebelah timur. Dan kota tempe merupakan lokasi kantor pusat dari grup penerbanganAmerika US Airways Group serta memiliki kampus Arizona State tertua dan terbesar di Arizona.

Jalan R.A Kartini Di Belanda


Beralih kenegara belanda dinegeri kincir angin ini ternyata terdapat sebuah jalan dan daerah yang bernamakan raden ajeng kartini pahlawan nasional yang dikenal sebagai pejuang hak-hak perempuan. Uniknya tak hanya satu namun ada beberapa kota di Belanda yang memiliki nama jalan R.A. Kartini. Antara lain di Utrecht, jalan R.A.kartini atau R.A.Kartinistrast yang dikawasan menengah  keatas. Yakni dihuni prumahan yang nyaman dan modern jalan utama kartinistraat berbentuk huruf u ini memiliki kurang lebih  besar di banding jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh-tokoh lainnya. Di venlo bagian selatan dijalan R.A. Kartinistrast berbentuk huruf O sementara di wilayah amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, jalan Raden Ajeng Kartini ditulis lengkap. Dan paling menarik mengamati letak jalan kartini di haarlem. Disana jalan kartini berdekatan dengan jalan Mohammad Hatta, sultan syahrir dan langsung tembus kejalan Chris Soumokil presiden ke 2 RMS atau republik Maluku selatan.

Taman Indonesia Di Belgia


Berlanjut ke Taman Indonesia pertama di Eropa ini terletak di Parc Paradisio, Brugelette, Belgia. Taman yang diberi nama The Kingdom Of Ganesha ini adalah sebuah penghargaan dan kehormatan bagi bangsa Indonesia. Taman ini terwujud atas dasar kecintaan Eric Domb yang merupakan petinggi dari Parc Paradiso terhadap Indonesia, sehingga ia membuat taman seluas 5 hektar tersebut. Komplek luas ini terdiri dari Puri Agung Shanti Buwana Bali, replika besar Candi Prambanan, bongkahan batu besar berderet ala Gunung Kawi di balik tembok candi, rumah Toraja, replika Candi Borobudur, rumah tradisional Nusa Tenggara Timur serta beragam patung dan bahkan kayu pohon besar yang telah menjadi fosil dari daerah Banten. Tak tanggung-tanggung, keseluruhan dari taman yang telah dibuka dan diresmikan pada 20 Mei 2009 ini dibangun oleh para seniman dan pekerja yang didatangkan khusus dari Bali dan Jawa Tengah.

Sungai Gila Di Arizona


Arizona adalah Negara amerika yang terletak di barat daya sangat terkenal dengan keindahan alamnya diantaranya gurun dan sungai.uniknya Arizona memiliki sungai bernama sungai gila .sungai ini adalah anak sungai kolorado diantara newmexico dan Arizona.dan suntai ini memiliki panjang 650 mil atau 1000 km.

Jalan Ir. Soekarno di Maroko dan Pakistan


Dan yang terakhir yaitu jalan IR Soekarno. Tercatat ada 2 negara yang mengambil nama presiden pertama Indonesia ini sebagai nama jalan di negaranya yakni Maroko dan Pakistan. Di Maroko, nama Soekarno diabadikan menjadi nama Rue Soukarno. Selain nama Soekarno, di negara ini pun juga ada nama Jalan Jakarta. Kabarnya, Maroko terkesan dengan sosok Soekarno, sehingga peresmian jalan itu pun mengundang langsung  Soekarno ke Maroko pada 2 Mei 1960 lalu untuk menggunting pita nama jalannya itu. Selain di Maroko, nama Soekarno juga terkenal di Pakistan, setidaknya ada 2 tempat yang diberi nama Soekarno di Pakistan yaitu Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar di Lahore. Sama halnya dengan Maroko, Pakistan sangat segan kepada sosok Soekarno. Bahkan, hingga kini kalangan militer Pakistan masih ingat jasa Soekarno yang mengirim TNI Angkatan Laut (AL) berpatroli di laut selatan Pakistan saat konflik memanas antara Pakistan dan India di tahun 1965 lalu.


referensi:
http://www.albabalpachino.com/2012/03/hal-bernamakan-indonesia-didunia.html