Berita Aneh Unik

Keunikan Perayaan Hari Kemerdekaan Berbagai Negara Di Dunia

17 Aug 2016

17 Agustus adalah tanggal paling bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. Seperti yang sudah diketahui bahwa di tanggal tersebut di tahun 1945, kemerdekaan Indonesia berhasil diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta. Saat itulah puncak perjuangan para pahlawan dan rakyat Indonesia ratusan tahun melawan kolonialisme mencapai keberhasilan dan melahirkan rasa bangga sekaligus menciptakan sikap cinta tanah air yang begitu besar. Semua itu adalah bentuk pembuktian rasa pengorbanan dan kerelaan yang begitu besar demi kebebasan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan dimana di Indonesia sendiri dijadikan sebagai hari libur nasional dan dijadikan momentum untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus menanamkan sikap nasionalisme kepada negara. Oleh karena itu selain ada upacara hari kemerdekaan, pada tanggal 17 Agustus rakyat Indonesia selalu mengisi acara spesial di tanggal bersejarah tersebut seperti perlombaan, pesta rakyat dsb. Dan ternyata kemeriahan hari kemerdekaan tak hanya berlaku disini saja. Berikut adalah keunikan perayaan hari kemerdekaan berbagai negara di dunia versi anehdidunia.com.

Ukraina

Ukraina adalah negara yang termasuk dalam wilayah Eropa Timur. Negara ini memperingati hari kemerdekaannya setiap tanggal 24 Agustus. Namun uniknya, warga Ukraina sudah mulai merayakan hari kemerdekaan negaranya sejak tanggal 23 Agustus. Perayaan yang diadakan pada tanggal 23 Agustus disebut dengan Hari Bendera Nasional atau Flag Day. Sejarah awal mula negara ini merayakan hari kemerdekaan sebanyak dua kali di tanggal berbeda ini bermula pada tanggal 24 Juli 2004 sebelumnya telah dirayakan sebagai Hari Bendera Nasional karena tepat pada tanggal 24 Juli 1990 sebelumnya bendera Ukraina untuk pertama kalinya dikibarkan secara seremonial di ibukota Kiev. Lantas dua tahun kemudian bendera Ukraina yang berwarna kuning dan biru secara resmi dijadikan bendera nasional negara yang berbatasan dengan Polandia dan Rusia tersebut. Dan tepat di bulan Agustus tanggal 24 di tahun 1992 itulah Ukraina resmi menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Kemerdekaan mereka. Selama dua hari berturut-turut masyarakat Ukraina bergegap gempita merayakan hari penting di negaranya tersebut. Salah satu bentuk keunikan perayaan yang mereka lakukan adalah dengan berbondong-bondong mengenakan baju tradisional khas Ukraina yang disebut Vyshyvanka lalu seluruh masyarakat yang berpakaian tradisional tersebut akan tumpah ruah berkumpul di pusat budaya Ukraina yang bernama jalan Lviv. Perayaan tersebut terasa sangat unik apalagi jika seluruh masyarakat kompak ikut andil dalam memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Ukraina.

Australia

 

26 Januari adalah hari kemerdekaan bagi warga Australia yang selalu dirayakan tiap tahunnya. Sama halnya dengan di Indonesia, beberapa perayaan yang dilakukan oleh warga Australia memiliki banyak kemiripan dengan perayaan kemerdekaan yang ada di Indonesia seperti pawai orang dengan mengenakan berbagai macam kostum yang mencolok dan menarik mata siapa saja yang melihatnya. Selain itu ada juga pertunjukan atau konser musik yang diselenggarakan di berbagai titik pusat kota. Tak hanya itu saja ada beberapa perayaan unik yang diselenggarakan di Australia namun tak banyak diagendakan di negara-negara lain. Perayaan tersebut tak lain adalah lomba balap kapal atau perahu dan juga surfing. Perlombaan semacam itu akan banyak ditemukan di sepanjang pantai yang ada di Australia. Saking meriahnya acara lomba unik ini hingga menarik perhatian banyak orang tak terkecuali turis mancanegara. Di hari kemerdekaan Australia itu jugalah yang memberikan keuntungan tersendri bagi para pemerintah dan warga karena jumlah pendapatan devisa dan penghasilan warga bisa lebih meningkat dibandingkan hari biasanya. Selain pawai, konser musik dan juga perlombaan balap kapal serta surfing, ada satu jenis perayaan lain yang wajib diadakan. Selama ini sahabatanehdidunia.com mungkin sudah banyak yang tahu jika Australia sangat terkenal dengan pesta kembang apinya yang begitu mewah dan dahsyat setiap malam tahun baru. Hal ini ternyata juga menjadi bagian dari tradisi perayaan hari kemerdekaan!

India

Jika Indonesia merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus, lain halnya dengan India yang merayakan hari kemerdekaan lebih awal yakni 15 Agustus. Negara yang berada di wilayah Asia Selatan dan berbatasan langsung dengan Pakistan ini ternyata mempunyai ciri khas unik tersendiri ketika merayakan hari kemerdekaannya. Tidak jauh berbeda dengan perayaan di Indonesia, tepat pada tiap tanggal 15 Agustus di pagi hari akan diadakan upacara pengibaran bendera sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan. Akan ada banyak hiasan-hiasan dan atribut perayaan hari kemerdekaan India di sudut-sudut rumah warga, sekolah-sekolah, perkantoran, gedung pemerintah dan lain sebagainya. begitu prosesi upacara selesai maka masyarakat India akan berbondong-bondong ke tempat terbuka untuk menerbangkan laying-layang secara massal. Acara tersebut bukanlah festival atau perlombaan melainkan cara masyarakat untuk mensimbolisasikan kebebasan mereka dengan cara menerbangkan layang-layang. Bagi warga India layang-layang adalah merupakan simbol kebebasan dan dirasa pas untuk mewakili rasa semangat dan kebanggaan mereka kepada para pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsanya. Bisa dipastikan bahwa setiap tanggal 15 Agustus langit India penuh warna karena ribuan layang-layang menghiasi udara!

Prancis

Hari Kemerdekaan Prancis atau dalam bahasa resminya disebut dengan istilah La Fete Nationale yang berarti Perayaan Nasional dirayakan pada tiap tanggal 14 Juli. Beberapa orang pun biasanya juga menyebut tanggal tersebut dengan istillah Bastille Day. Nama Bastille Day sendiri didasari dengan peristiwa Revolusi Perancis dimana kerumunan massa menyerbu benteng Bastille yang terjadi tepat pada tanggal 14 Juli 1789. Berbagai hal unik dilakukan masyarakat Prancis dalam menyambut hari kemerdekaan negaranya tersebut. Diantaranya adalah dimulainya pesta kembang api sejak tanggal 13 Juli pada pukul 23.00 waktu Prancis. Pesta kembang yang diberi nama Feu d’artifice tersebut akan menghiasi berbagai sudut udara pusat-pusat kota bahkan diatas sungai terbesar di wilayah Prancis yakni sungai La Seine. Selain itu disela pesta kembang api, ada juga pertunjukan musik yang sengaja diselenggarakan untuk memeriahkan suasana perayaan hari kemerdekaan di negara tersebut. Keesokan harinya pada tanggal 14 Juli akan diadakan upacara resmi seperti yang biasanya diselenggarakan di negara-negara lainnya. Tak hanya itu saja, begitu prosesi upacara selesai digelar maka akan langsung dilanjutkan dengan parade militer terbesar dan tertua di negara tempat Menara Eiffel berdiri tersebut. Parade militer tersebut diselenggarakan di sepanjang jalan Champs-Elysees di kota Paris dengan disaksikan secara langsung oleh Presiden, pejabat pemerintahan negara dan juga perwakilan kedutaan-kedutaan luar negeri.

Amerika Serikat

Sebagai negara adidaya di dunia bukan berarti Amerika Serikat tidak memiliki hari kemerdekaan layaknya negara-negara bekas jajahannya. 4 Juli adalah tanggal spesial dimana pada tanggal tersebut di tahun 1776 telah terjadi pengesahan Deklarasi Kemerdekaan oleh Kongres Kontinental II yang berisikan proklamasi 13 negara koloni dari Kerajaan Britania Raya. Peringatan hari kemerdekaan negara Amerika Serikat biasanya juga dikenal dengan sebutan Fourth of July. Berbagai perayaan unik akan mewarnai hari bersejarah tersebut. Seperti misalnya pesta kembang api, parade atau karnaval, pertunjukan musik atau konser dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, ada beberapa hal unik lain yang dilakukan warga Amerika Serikat dalam menyambut dan mengisi perayaan hari kemerdekaan negaranya. Diantaranya adalah piknik, kemudian di restoran-restoran akan banyak ditemukan menu-menu baru yang khusus disajikan hanya pada saat hari kemerdekaan. Begitu meriah perayaan hari kemerdekaan negara yang sebentar lagi akan berganti presiden ini, hingga bisa disaksikan di seluruh penjuru negara-negara bagian akan berlomba-lomba memeriahkan semarak kebebasan dengan semangat yang membara. Selain menu khusus di berbagai restoran dan juga piknik, cara perayaan paling unik yang ada di Amerika Serikat adalah yang dilakuan oleh Dinas Kewarganegaraan Amerika Serikat. Pasalnya Dewan Kewarganegaraan di negeri Paman Sam tersebut akan menggelar upacara penganugerahan kewarganegaraan bagi 8.000 warga imigran yang ada di Amerika Serikat.

Itulah beberapa keunikan perayaan hari kemerdekaan di berbagai negara di dunia. Semua negara memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan kultur dan kebiasaan masyarakat di negara itu sendiri. Namun satu hal yang pasti sama dari perayaan tersebut adalah semua bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan negara. Tepat di tanggal 17 Agustus ini pun rakyat Indonesia juga merayakan hari kemerdekaan. Semoga perayaan kemerdekaan benar-benar mampu mengobarkan semangat juang bangsa Indonesia sesuai dengan pesan dan riwayat para pejuang terdahulu. Sahabatanehdidunia.com mari bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan yang sesungguh-sungguhnya. Merdeka!

Sumber referensi:
http://makassar.tribunnews.com/2016/08/14/begini-perayaan-kemerdekaan-di-berbagai-negara-unik-dan-meriah?page=2
http://dagelan.co/perayaan-hari-kemerdekaan-di-berbagai-negara/
https://en.wikipedia.org/wiki/
http://www.akudiperancis.com/2015/07/24/14-juillet-hari-kemerdekaan-perancis/
https://id.wikipedia.org/wiki/


Related Article

Paling Aneh