Kehidupan dan Foto Pemain Sirkus Paling Aneh Dan Unik Sepanjang Masa


Selama berabad-abad Sirkus telah menjadi sarana hiburan bagi masyarakat di seluruh dunia. Bahkan pada awal abad ke 19 Sirkus pernah mencapai puncak kejayaanya dengan menjadi tontonan favorit dari keluarga kerajaan dan juga para bangsawan di Eropa. Dengan beragamnya atraksi yang ditawarkan oleh Sirkus, mulai dari sulap, aksi ketangkasan, hewan-hewan eksotis dan tentunya orang-orang yang aneh dan unik. Membuat Sirkus menjadi primadona hiburan yang selalu dinantikan pada masanya. Dan khusus untuk manusia ini meski mereka biasanya tak melakukan atraksi apapun dan hanya dipertontonkan. Namun keunikan mereka yang terbilang luar biasa, sudah merupakan daya tarik tersendiri bagi para penonton pada masa itu.

Padahal tanpa banyak diketahui, orang-orang yang dipertontonkan dalam sirkus ini, sebenarnya adalah orang-orang dengan cacat bawaan lahir yang terpaksa harus bergabung dengan sirkus karena berbagai acam alasan. Sebagian besar dari orang-oran ini mau tak mau harus bergabung dengan sirkus karena tak mendapatkan tempat di masyarakat pada masa itu yang menganggap mereka sebagai makhluk aneh. Sahabat anehdidunia.com sebab lain malahan justru lebih parah karena dijual oleh anggota keluarganya ke sirkus dan tak punya pilihan lain selain menghabiskan sisa umur mereka sebagai tontonan di sirkus. Namun di tengah segala keterpaksaan tersebut, sebagian orang ini berhasil mendulang ketenaran berkat keunikan fisik yang mereka miliki. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan berbagi kisah tentang para pemain sirkus dengan keunikan luar biasa ini dalam, Para Pemain Sirkus Paling Aneh Dan Unik Sepanjang Masa, versi anehdidunia.com

Ella Harper Si Gadis Unta

Ella Harper Si Gadis Unta

Ella Harper merupakan seorang gadis yang lahir di Tennessee, Amerika pada tahun 1870. Namun Ella bukanlah bayi yang terlahir dengan biasa, karena Ia terlahir dengan sebuah kelainan unik yang menyebabkan lututnya terbalik dan justru tertekuk kedepan. Kelainan ini menyebabkan Ella tak pernah bisa berjalan dengan normal layaknya orang lain dan hanya bisa berjalan denga cara merangkan menggunakan kedua tangan dan kakinya. Kelainan fisik inilah yang menyebabkan Ia mendapatkan julukan sebagai Gadis Unta. Awalnya Ella sempat mengalami masa-masa yang sulit akibat kelainan fisik yang Ia alami, namun kelainan inilah yang justru kemudian menjadi berkah bagi Ella, karena dengan kelainan inilah Ia akhirnya bisa bergabung dengan sebuah sirkus dan mendulang popularitasnya sendiri. Sahabat anehdidunia.com berkat kepopuleranya ini, Ella bahkan menerima bayaran hingga 200 dolar per-minggu untuk tampil di sirkus, sebuah angka yang fantastis untuk bayaran seorang pemaisn sirkus pada abad ke 19. Ia juga bahkan akhirnya bisa menikah dan memiliki 2 orang anak, walau keduanya harus meninggal ketika usianya belum genap 6 bulan. Ella sendiri akhirnya meninggal di usia 50 tahun pada tahun 1920 akibat kanker usus. Namun hal ini belum bisa dipastikan karena tak ada laporan rumah sakit yang resmi, dan hanya berdasarkan data sensus penduduk dan cerita yang berkembang di masyarakat.

Grady Stiles Si Bocah Lobster

Grady Stiles Si Bocah Lobster

Grady Stiles merupakan nama dari seorang bocah yang tergabung dalam pertunjukan orang aneh di sebuah sirkus dengan julukan “Lobster Boy” atau bocah Lobster. Julukan ini di dapatkan Grady, karena Ia mengidap sebuah kelainan genetik yang di sebut Ectroctyly, sebuah kelaian yang membuat jari-jari tanganya melekat menjadi satu dan berbentuk layaknya capit seekor lobster. Kondisi ini merupakan cacat bawaan yang diturunkan sang Ayah yang juga mengidap ectrodactyly. Kelainan unik ini membuat Grady dan Ayahnya tergabung dalam sirkus semasa Grady masih kanak-kanak, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membuat pertunjukan jalanan mereka sendiri dengan nama panggung “Lobster Family.” Grady sendiri sempat menikah sebanyak dua kali dan memiliki 4 orang anak, yang dimana 2 diantaranya juga mengidap ectrodactyly. Sayangnya kisah hidup Grady ini harus berakhir tragis, akibat kecanduanya pada alkohol, Grady sering berprilaku kasar pada keluarganya yang pada puncaknya berujung pada kasus pembunuhan yang Ia lakukan pada tunangan dari putrinya sendiri saat terlibat cekcok ketika dirinya dalam keadaan mabuk.

Karena kasus ini Grady sebenarnya di jatuhi hukuman 15 tahun penjara, namun karena penjara saat itu tak bisa menyediakan kebutuhan bagi orang cacat maka akhirnya Ia dibebaskan. Setelah bebas Ia sebenarnya sempat mencoba berhenti meminum alkohol namun itu hanya bertahan sementara. Sahabat anehdidunia.com hal ini membuat Istri dan anak dari pernikahanya yang sebelumnya merasa muak, dan memutuskan untuk menyewa seorang pembunuh untuk membunuh Grady. Tahun 1992 akhirnya menjadi tahun terakhir Grady menghembuskan nafasnya, setelah dibunuh oleh seorang pemain sirkus lain bernama Chris Wyant yang disewa leh mantan istri dan anaknya untuk membunuh Grady. Kasus pembunuhan inipun cukup cepat terungkap dan mantan Istri dan anak Grady akhirnya dijatuhi hukuman penjara atas pembunuhan tinggkat dua. Kisah hidup Grady yang tragis ini juga telah menginspirasi sebuah karakter bernama Lobster Man, yang telah banyak tampil di serial tv maupun film horor Amerika yang salah satu diantaranya adalah “American Horror Story.”

Cristian Ramos Si Manusia Singa

Cristian Ramos Si Manusia Singa

Hypertrichosis merupakan sebuah kelainan gen yang menyebabkan rambut tumbuh di nyaris semua bagian tubuh. Kelainan inilah yang di idap oleh, Cristian Ramos, seorang pria yang lahir di Polandia pada tahun 1890. Sahabat anehdidunia.com dengan tubuh yang nyaris semuanya tertutup oleh rambut tebal, Ibu Rammos bahkan sangat ketakutan saat melihat bayinya dan mengganggap bahwa Ramos merupakan jelmaan iblis, terlebih lagi sang Ayah konon juga meninggal secara misterius saat Ramos masih dalam kandungan. Akhirnya sang Ibu memutuskan untuk menjual Ramos saat Ia masih muda pada seorang pria yang kemudian membawa Ramos keliling Eropa senbagai bagian dari pertunjukan orang aneh. Semasa tampil bersama Sirkus inilah Ia mendapatkan julukan sebagai Manusia. Berkat kepopuleranya, Ramos bahkan pernah hijrah ke Amerika bersama rombongan sirkusnya, sampai akhirnya Ia pensiun dan memutiskan untuk kembali ke Eropa. Setelah pensiun konon Ramos mengahabisakan masa tuanya di Jerman, sampai akhirnya Ia tutup Usia.

Lady Myrtle Corbin Si Wanita Berkaki Empat

Lady Myrtle Corbin Si Wanita Berkaki Empat

Lady Myrtle Corbin merupakan nama panggung dari seorang wanita dengan kelainan genetis unik yang sangat langka. Kelainan yang biasa disebut Dipygus ini menyebabkan Myrtle memiliki sepasang kaki tambahan di sekitar area genitalnya. Siapapun yang baru pertama melihat Myrtle pasti akan terheran-heran karena gadis ini terlihat seperti sedang mengendong seorang anak, padahal itu hanyalah kaki tambahan yang Myrtle miliki. Kaki-kaki ekstra ini memang tak tumbuh sempurnya dan lebih kecil dari kedua kaki Myrtle yang membuatnya terlihat seperti akaki anak kecil. Sahabat anehdidunia.com di dalam keluarganya sendiri hanya Myrtle yang mengalami kondisi unik ini, sementara 8 saudara lainya terlahir dengan normal. Dengan keunikan fisiknya ini, Myrtle mulai bergabung dengan sirkus di usia 13 tahun dan sukses mendapatkan pendapatan yang lumayang, hingga akhirnya Ia bisa pensiun di usia yang cukup muda yaitu 18 tahun. Setelah pensiun Myrtle akhirnya menikah dan hamil satu tahun kemudian, namun sayang kehamilan ini terjadi di rahim kirinya atau dalam janin yang merupakan bagian dari kaki tambahanya. Kondisi bisa membahayakan nyawa Myrtle dan akhirnya Ia harus menggugurkan kandunganya tersebut. Untungnya paska aborsi tersebut kondisi Myrtle bisa kembali pulih, Ia bahkan kemudian bisa melahirkan 5 anak tanpa adanya komlikasi. Myrtle sendiri akhirnya meninggal pada tahun 1928 setelah menjalani kehidupan yang lumayan normal dan bahagia.

Francesco Lentini, The King

Francesco Lentini, The King

Dengan julukan The King atau sang raja, Francesco Lentini merupakan salah satu bintang sirkus paling terkenal pada masanya. Dengan tinggi mencapai 6 kaki, Lentin terlihat cukup gagah untuk ukuran pria pada masa itu. Namun bukanlah itu daya tarik yang membuat Lentin menjadi sangat terkenal, melainkan kelainan fisik yang Ia miliki. Tak seperti orang pada umumnya yang terlahir dengan 2 kaki, Lentin tiga kaki, empat buah telapak kaki dan juga enam belas jari kaki. Selain itu Ia juga memiliki dua buah organ vital laki-laki lengkap. Dengan adanya tiga kaki ini sebenarnya Lentin agak sulit untuk berjalan namun Ia tetap bisa melakukanya walau agak repot. Berbeda dengan kebanyakan orang lain yang memiliki bagian tubuh ekstra, kaki tambahan milik Lentin di ketahui dapat bergerak dengan normal. Ia juga bahkan diketahui dapat menendang bola dengan kaki tambahan tersebut. Dengan kelainan pada tubuhnya ini Lentin, berhasil mendlang popularitas selama 13 tahun karirnya di dunia Sirkus.

Mirin Dajo Si Manusia Super Kebal

Terlahir dengan nama Arnold Henskes, Mirin Dajo sebenarnya merupakan pria biasa-biasa saja. Semasa hidupnya Ia bahkan sempat menjalani beberapa pekerjaan normal, diantaranya bekerja di sebuah perusahaan desai hingga menginjak usia 30 tahunan. Hidup Arnold berubah setelah Ia menyadari bahwa tubuhnya memiliki sebuah keunikan langka, yaitu Ia dapat menusukan segala benda tajam termasuk pedang ke tubuhnya tnpa terluka sedikitpun. Dengan keunikan tubuhnya ini Arnold akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja dan bergabung dengansebuah sirkus. Di sirkus tersebut Ia menggunakan nama anggung Mirin  Dajo dan biasa mempertunjukan atraksi memakan silet, pecahan kaca dan juga menusuk tubuhnya dengan pedang tanpa terlukan sedikitpun. Ia bahkan konon pernag mempertunjukan aksi menembak kepalanya sendiri dengan pistol namun sayang tak ada dokumentasi dari aksi ini. Dengan kemampunya ini, Arnold di juluki Manusia Super Kebal. Sayangnya kekebalan tubuh luar biara milik Arnold ini tetap tak bisa menghindarkanya dari maut, karena di usianya yang ke 36 Arnold di ketemukan tewas akibat pembuluh darah aortanya yang pecah.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa pemain sirkus terunik yang pernah tercacat dakam sejarah. Semoga informasi ringan ini dapat menghibur. Satu hal yang bisa kita pelajari dari kisah ini adalah, bahwa bahan jika seseorang terlahir dengan sebuah kelainan fisik yang aneh sekalipun jika di manfaatkan dengan baik tetap dapat membuat orang tersebut meraih pencapaian tertinggi dalam hidupnya. Kuncinya adalah selau berfikir positif dan terus berusaha. Semangat!

Referensi:
http://www.therichest.com/shocking/15-of-the-creepiest-circus-acts-in-history/

Foto Aneh Unik