Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Savannah, Kucing Termahal Di Dunia


Kucing Savannah saat ini didaulat menjadi kucing termahal di dunia karena harganya yang bisa mencapai Rp200 - 350 juta. Mungkin bagi Anda yang tidak punya hobi di dunia perkucingan akan sangat kaget mendengar bahwa ada kucing yang harganya setara dengan harga mobil kelas menengah.

Savannah F1 memang bukan sembarang kucing dan punya banyak kelebihan yang membuat harganya melambung tinggi. Savannah merupakan kucing hibrida hasil persilangan kucing Serval dengan ras Siamese domestik di Amerika Serikat pada tahun 1986. Orang yang pertama kali menyilangkannya bernama Suzi Woods.


Savannah menjadi kucing paling mahal di dunia karena kesempatan untuk menyilangkan kucing besar (Serval) dengan kucing kecil (domestik) itu sangat tipis. Persilangan antar keduanya tak selalu membuahkan hasil, sehingga Savannah termasuk jenis yang cukup unik. Sebagai skala perbandingan, tingkat keberhasilan ternak kucing Savannah ini adalah 1:10. Jadi dari 10 peternak, hanya 1 peternak saja yang berhasil mengembang biakkan kucing Savannah.

Dari segi karakter, kucing ini juga sangat dekat dengan manusia dan tipe kucing yang cerdas. Savannah gemar bermain, tak takut air dan kalem saat berada di sekitar manusia bahkan tidak akan mencakar atau menggigit. Sifat kalemnya ini menurun dari gen domestik yang ada dalam Savannah. Savannah juga bisa tumbuh cukup besar hingga punya berat badan 10 kg bahkan lebih.


Memelihara kucing-kucing hibrida maupun kucing liar asli Afrika memang tak mudah karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:
  1. kita harus memiliki sertifikat resmi dari penangkaran kucing.
  2. kita juga harus bisa memenuhi kebutuhan hidup si kucing.
  3. Kucing tidak bisa dikurung di dalam kandang yang kecil.
Selain tiga poin di atas, Anda juga harus memenuhi kebutuhan hidup mereka. ruangan yang cukup luas dilengkapi dengan kolam kecil, rumput, gua buatan dan pohon untuk mereka olahraga (melompat). Savannah juga hanya makan daging unggas (ayam) yang masih segar dan bukan makanan kering buatan pabrik seperti kucing peliharaan pada umumnya. Namun Savannah ini sangat aman untuk dipelihara keluarga dan aman pula berada di dekat anak kecil.