Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ritual Mengagumkan Dari Kerajaan Satwa

Ritual merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia terutama untuk sebuah tujuan yang simbolis. Ritual biasa dilakukan dalam rangka merayakan sebuah momen tertentu ataupun dalam hal yang lebih ringan sekalipun. Beberapa manusia juga punya ritual tersendiri dalam keseharianya, Ritual yang seperti ini biasanya dilakukan untuk membuat mereka merasa nyaman, baik itu hanya sebuah ritual sebelum tidur ataupun hal ringan lainya, namun ternyata tak hanya manusia yang memiliki ritual khusus dalam kehidupanya, beberapa hewan juga memiliki ritual khusus yang biasa mereka lakukan untuk berbagai alasan khusus, dan berikut ini adalah, Ritual Mengagumkan Dari Kerajaan Satwa versi anehdidunia.com

Ritual Mendekorasi Sarang dari Burung Bower



Sepertinya kita semua sudah tahu kalau seekor burung, memang biasa membangun sarang sebagai tempat tinggalnya. Dan sarang burung bisanya hanya terdiri dari ranting-ranting kering ataupun jerami, beberapa jenis burung tertentu juga ada yang biasa membawa benda-benda logam ke sarangnya dalam kasus ini seperti kebiasaan dari burung Gagak. Namun rasa-rasanya tak ada yang membangun sarangnya sedetail burung Bower, burung unik yang satu ini sepertinya benar-benar memikirkan detail interior dan exterior dari sarangnya dengan sangat teliti.

Benrtuk dari sarang burung Bower sendiri juga berberda dengan kebanyakan sarang burung pada umumnya, sarang burung Bower berbentuk seperti sebuah lorong dengan ranting-ranting kering yang tertata rapi dilengkapi dengan berbagai hiasan berwarna-warni yang biasanya berupa sampah-sampah palstik yang berwarna cerah, terutama yang berwarna biru, warna yang merupakan favorit dari burung Bower. Meskipun terkesan sangat merepotkan, burung Bower tak melakukan hal ini hanya untuk sedekar iseng saja. ritual pendekorasian sarang ini merupakan bagian dari sarat bagi burung Bower jantan untuk bisa mencuri hati dari burung Bower betina yang terkenal sangat pemilih. Dan saat burung Bower betina menyukai sarang buatan sang jantan, maka Ia akan masuk dalam sarang yang berbentuk mirip dengan lorong itu, dimana Si Jantan sudah menunggu di sisi lain dari sarang untuk menunggu jawaban dari burung betina. Sebuah kejadian yang bisa terbilang sangat romantis untuk ukuran perkawinan seekor burung. Jadi meskipun burung Bower jantan menghabiskan waktu yang luar biasa lama untuk membangun sarang impianya, itu semua rasanya sebanding dengan hasilnya saat Ia berhasil mendapatkan hati betinanya.

Ritual Makan Burung Shrike



Jika dilihat sekilas burung Shrike terlihat sebagai hewan yang imut, terlebih dengan corak garis hitam yang ada di sekitar matanya, membuat burung ini terlihat sangat manis dan lucu jika di jadikan hewan peliharaan. Namun jika kita mengmati lebih dekat keseharian dari burung ini, Burung Shrike bukanlah hewan yang lucu ataupun imut sama sekali, melainkan seekor predator yang sangat sadis, bagaimana tidak burung yang biasa memakan serangga, reptil dan juga burung-burung kecil sebagai makanan utamanya tak akan memakan mangsanya secara langsung melainkan menancapkan makanya itu pada duri dan menatanya sebagai menu prasmanan. Selain pada duri-duri yang ada di pohon burung ini juga biasa menancapkan makananya pada kawat berduri mupun benda tajam lainya, hal ini dilakukan burung Shrike untuk memudahkanya saat mencabik-cabik daging mangsanya menjadi kecil-kecil sebelum melahapnya.

Selain sebagai tempat penjagalan, ranting-ranting berduri ini juga berguna sebagai tempat penyimpanan makanan bagi burung Shrike, dengan mendiamkan hasil buruanya seperti burung kecil, reptil dan serangga selama 1 atau 2 hari, akan membuat daging mangsanya lebih lunak dan mudah dimakan, sedangkan untuk serangga kandungan racunya akan menurun. Burung Shrike merupakan hewan teritorial dan kebiasaan makanya yang unik ini selain untuk memudahkanya untuk makan, juga Ia gunakan sebagai dekorasi wilayah untuk kekuasaanya guna memikat lawan jenis, dengan pringsip semakin banyak mayat yang tertancap maka semakin hebat pula si empunya wilayah dalam menyediakan makanan bagi keluarganya kelak. Bagaimana, apa masih berfikir burung ini lucu?


Ritual Berias Kepiting Dekorator.



Hewan mungil yang tengah sibuk berhias diri dalam video di atas merupakan Kepiting Dekorator. Hewan yang masuk dalam jenis crustasea ini selalu menyempatkan dirinya untuk menghias dirinya dengan potongan koral dan juga benda-benda lain di sekitarnya yang berwarna cerah. Kebiasaan unik dari Kepinting Dekorator ini merupakan bagian dari teknik kamuflase diri untuk menghindarkan mereka dari predator.

Kepiting Dekorator biasa menghabiskan waktu yang cukup lama untuk merias dirinya agar semirip mungkin dengan daerah yang sedang dia tempati. Dan agar pernak-pernik yang mereka pasang pada tubuhnya tak copot, hewan unik ini di lengkapi dengan semacam struktur bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya yang mampu mengikat koral-koral di tubuh mereka hingga tak gampang tak lepas, beberapa Kepiting Dekorator bahkan juga memakai wewangian yang di sesuaikan dengan lingkungan tinggalnya dan tak jarang juga menggunakan bebauan yang busuk agar semakin menyatu dengan lingkunganya. Yang lebih hebat lagi Kepiting Dekorator akan selalu mengulangi Ritual berhias diri ini setipa kali Ia berpindah tempat, maka tak salah jika Kepiting Dekorator sering di sebut sebagai Fasionista dari Kerajaan Satwa.

Ritual Estafet Pindah Rumah Kelomang.




Hampir sama dengan dengan Kepiting Dekorator, Kelomang atau kalau bahasa kerenya Hermit Crab juga punya ritual rutin untuk merubah penampilanya. Namun bedanya jika Kepiting Dekorator lebih mengutamakan tampilan tubuhnya, maka kelomang lebih mementingkan kenyamanam tempat Ia tinggal atau bisa di sebut sebagai rumahnya. seperti yang terlihat dalam video di atas saat merasa cangkangnya sudah tak muat lagi untuk menampung perkembangan tubuhnya, Kelomang akan menuju sebuah tempat di pantai untuk mencari rumah baru yang lebih besar, rumah ini biasanya merupakan bekas rumah keong yang terdampar di pantai atau Kelomang lain yang lebih besar.

Dan biasanya dalam satu waktu tak hanya ada satu kelomang yang datang untuk mencari rumah baru, dalam ritual pindah rumah ini bisanya beberapa Kelomang akan membentuk antrian dimulai dari yang terbesar di depan dan dilanjutkan ke yang lebih kecil dibelakangnya. Hal ini dimaksudkan tak lain untuk memudahkan prosesi pertukaran rumah yang unik ini, begitu barisan ini sudah lengkap dan cangkang yang lebih besar telah tersedia, sebuah reaksi berantai perpindahan rumah yang mirip dengan sebuah estafet ini akan segera dilakukan. Dengan segera setiap Kelomang-keloimang ini akan dengan kompak berpindah ke cangkang lebih besar yang telah ditinggalkan oleh Kelomang yang lebih besar. Hal ini harus dilakukan secepat mungkin karena jika tidak akan ada Kelomang lain di luar antrian yang akan mencuri cangkang kosong itu, Jika itu sampai terjadi Kelomang yang tak memiliki rumah akan menghadapi resiko yang sangat serius mengingat tubuh telanjang mereka akan dengan mudah terpanggang di cuaca tropis pantai. Selain itu semakin bagus cangkang rumah mereka juga menentukan kemudahan Kelomang dalam mencari pasangan, mirip seperti manusia ya..


Ritual Tarian Perkawinan Burung Surga




Burung Surga atau lebih di kenal luas sebagai Bird Of Paradise merupakan spesies burung endemik yang hanya bisa ditemukan di sekitar wilayah Papua (Indonesia) dan juga Negara tetangga Papua Nugini. Burung ini disebut sebagai Bird of Paradise tak hanya karena tinggal di wilayah hutan hujan Papua yang memang sering disebut sebagai surga dunia dengan kekayaan wilayahnya. Namun juga karena mahluk ini bisa bertransformasi dari suatu yang biasa menjadi suatu yang luar biasa hanya dalam sekejap mata. Transformasi yang dimaksud disini bukanlah berubah menjadi mahluk lain, melainkan kemampuan dari spesies yang tergolong langka ini untuk memperindah parasnya. Selain memiliki kemampuan bertransformasi yang luar biasa dan juga dilengkapi kicauanya yang yang indah, burung-burung indah ini juga memiliki sebuah Ritual unik dalam prosesi perkawinan mereka, sebuah ritual tak pernah di temukan pada mahkluk lain di dunia ini dan masih merupakan sebuah fenomena luar bisa yang pernah disaksikan.

Ritual itu berupa sebuah tarian unik untuk menarik perhatian lawan jenisnya, sebuah tarian yang sulit di bayangkan bisa dilakukan oleh seekor burung. Tarian Burung Surga merupakan sebuah Ritual sexual yang sangat kompleks, Burung Surga tak hanya melakukan tarian biasa untuk menarik hati betinanya, melainkan tarian yang terstruktur dengan rapi dan merupakan perwujudan keindahan dari evolusi yang tak mungkin bisa di temukan pada spesies lain dan masih menjadi pertanyaan besar bagi para Ilmuan bagaimana Burung Surga bisa mempelajari segala tarian yang kompleks ini, Suatu keindahan yang bahkan tak bisa dijelaskan oleh Ilmu pengetahuan.

Referensi :
http://listverse.com/2016/05/01/10-animals-with-a-serious-flair-for-design/
https://en.wikipedia.org/wiki/Shrike
https://en.wikipedia.org/wiki/Decorator_crab
https://www.youtube.com/watch?v=YLM2cHsOndI