Foto Aneh Unik

Inilah Foto-Foto Selfie Pertama Di Dunia

16 Jun 2016

Selfie adalah salah satu aktivitas memfoto diri sendiri dan dilakukan sendiri. Selfie sendiri merupakan singkatan dari self camera dan nama lain dari selfie ialah swafoto. Pada era saat ini selfie begitu populer di kalangan masyarakat dunia. Hal ini juga karena diimbangi dengan perkembangan tekhnologi terutama gadget yang sangat pesat dalam kurun waktu cukup singkat.

Meski begitu besarnya trend ini di kalangan masyarakat, sebelumnya tak begitu jelas siapa yang mempopulerkannya terlebih dahulu. Namun tahukah anda bahwa selfie sebenarnya sudah pernah dilakukan orang-orang zaman dahulu? Berikut daftar foto-foto selfie pertama di dunia versi anehdidunia.com!

Robert Cornelius - 1839

Robert Cornelius adalah salah satu pelopor dunia fotografi di Amerika. Ia lahir di Philadelphia setelah sang ayah berimigrasi dari Amsterdam, Belanda dan menetap di salah satu wilayah kota di Amerika Serikat tersebut. Cornelius diketahui adalah seorang pemuda yang mempelajari ilmu kimia dan ikut berbisnis di bidang perak bersama dengan ayahnya. Sekitar tahun 1831 Cornelius yang saat itu masih muda didekati oleh seorang ilmuwan besar bernama Joseph Saxton untuk membuat proses fotografi yang menggunakan media perak bernama daguerreotype. Dan disinilah ketertarikannya untuk pertama kali dalam hal fotografi. Tepat pada tahun 1839 ia berhasil membuat dan mengembangkan daguerreotype yang lebih sempurna dan berhasil ia gunakan untuk memotret dirinya sendiri atau selfie di depan toko milik ayahnya. Foto Cornelius inilah yang dikenal dan diklaim sebagai foto selfie pertama di Amerika Serikat dan mungkin saja di dunia. Robert Cornelius pun akhirnya membuka usaha foto dan studio miliknya sendiri di tahun 1841 namun selang dua tahun ia memilih untuk kembali berbisnis dengan keluarganya seiring maraknya studio foto lain yang ikut bersaing.

Joseph Byron – 1909

Tak heran jika Joseph Byron dianggap sebagai salah satu orang yang melakukan selfie pertama di dunia. Pasalnya pria kelahiran Inggris ini memang memiliki latar belakang keluarga yang berasal dari dunia fotografi. Sehingga dia pun tumbuh sebagai pria mapan yang melakoni pekerjaan sebagai seorang fotografer. Awal kedatangan Joseph Bryon ke Amerika Serikat sendiri ialah pada tahun 1888 bersama anak-anaknya. Selang empat tahun kemudian ia mendirikan studio foto miliknya sendiri di kota Manhattan dan juga bekerja sebagai fotografer untuk surat kabar terkenal di Amerika Serikat yakni New York Times. Foto selfie pertama pria ini diketahui diambil pada tahun 1909! Dalam foto tersebut, Joseph Byron tampak sedang mengambil foto dirinya sendiri dengan merentangkan tangannya ke depan persis dengan yang remaja kekinian saat ini sering lakukan. Bahkan Byron juga tak hanya memiliki satu foto selfie saja, ia juga kedapatan berfoto selfie bersama beberapa temannya dengan ekspresi yang terlihat gembira.

Grand Duchess Anastasia Nikolaevna Romanova – 1914

Gadis cantik bernama Anastasia Nikolaevna Romanova adalah seorang putri keempat penguasa terakhir kekaisarana Rusia yakni Raja Nicholas yang bergelar Grand Duchess. Ia dikenal sebagai seorang gadis yang tak hanya cantik saja namun juga periang. Sebagai anak raja, Anastasia sudah dipastikan hidup serba mewah dibandingkan dengan orang lain kala itu. Tak heran jika potret dirinya cukup banyak dan hingga saat ini masih tersimpan baik sebagai koleksi pribadi milik Rusia. Diantara banyaknya potret foto wajah gadis ini ada satu foto yang paling menarik karena diklaim sebagai salah satu foto selfie pertama yang pernah diambil di Rusia. Dalam foto tersebut Anastasia tampak sedang duduk bersimpuh diatas kursi dengan memegang kamera dan melakukan swafoto atau selfie! Dikabarkan bahwa Anastasia melakukan selfie tersebut dengan menghadap ke cermin untuk menghasilkan foto yang lebih sempurna. Diketahui foto fenomenal tersebut diambil pada tahun 1914 kala usia Anastasia masih sangat belia yakni 13 tahun. Tragisnya tepat empat tahun setelah foto selfie itu diambil, Grand Duchess Anastasia Nikolaevna Romanova meninggal dunia beserta anggota keluarganya yang lain akibat dibunuh oleh polisi dari kaum Bolshevik.

Stanley Kubrick – 1949

Foto selfie pertama lainnya yang terkenal di dunia adalah swafoto yang diambil sendiri oleh Stanley Kubrick. Ia dikenal sebagai seorang sutradara, sinematografer bahkan produser di Amerika Serikat. Begitu banyak film-film sukses yang merupakan hasil karyanya seperti 2001: A Space Odyssey di tahun 1968, Eyes Wide Shut di tahun 1999 dan masih banyak lagi yang lainnya. Pria yang lahir pada tanggal 26 Juni 1928 ini tampak sedang melakukan selfie di depan cermin dengan menggunakan kamera yang terhitung modern kala itu yakni pada tahun 1949. Sebagai publik figur yang memiliki nama besar di Amerika Serikat, foto selfie dari Stanley Kubrick ini tentu saja semakin terkenal dan disinyalir sebagai salah satu foto selfie zaman dulu terbaik yang pernah diambil. Di tahun 1949 saat foto itu diambil, usia Stanley Kubrick masih sangat muda yakni 21 tahun. Ia pun meninggal dunia pada tahun 1999 dalam usianya yang menginjak 70 tahun. Meski telah pergi untuk selama-lamanya, namanya akan tetap tersimpan dan dikenang sebagai bagian dari sejarah foto selfie dan juga karya-karya filmnya.

Hunter S. Thompson – 1960

Seorang jurnalis dan penulis asal Amerika Serikat bernama Hunter Stockton Thompson atau lebih dikenal dengan Hunter S. Thompson adalah salah satu orang yang pernah memotret dirinya sendiri atau selfie dan hasilnya cukup fenomenal hingga sekarang. Foto selfie tersebut menjadi terkenal karena dilakukan Hunter S. Thompson kala sedang menikmati perjalanan ke area kota di daerah California yaitu Tijuana. Foto yang dia ambil tersebut menghasilkan warna hitam dan putih dan terlihat diambil dari jarak dekat. Hal tersebut juga didukung dengan hasil foto yang menampakkan wajah Hunter S. Thompson sedang memakai kacamata. Jika diperhatikan lagi, foto Hunter S. Thompsonn benar-benar menunjukkan karakteristik kebanyakan para pria saat melakukan swafoto atau selfie. Foto fenomenalnya tersebut disinyalir diambil pada tahun 1960.

Bagaimana menurut para sahabatanehdidunia.com terkait dengan foto-foto selfie pertama di dunia tersebut? Tidak kalah hits dan menarik bukan dengan yang banyak dilakukan oleh masyarakat dalam kurun waktu beberapa tahun ini! Memotret diri sendiri atau swafoto/selfie tentulah sangat wajar dilakukan. Sebagai bentuk mengapresiasi diri sendiri dengan cara mencetaknya sebagai karya juga merupakan sesuatu yang wajar. Hal yang perlu diingat bahwa segala bentuk selfie harus dilakukan pada situasi yang aman dan tak beresiko pada keselamatan. Satu hal lainnya adalah jangan jadi lupa diri atau narsis berlebihan kala melakukan selfie ya!

Sumber referensi:
http://terselubung.in/8-foto-selfie-tertua-di-dunia/
http://www.dailymail.co.uk/news/article-2554816/If-thought-selfies-new-craze-think-Amazing-self-portraits-taken-pioneering-photographer-1909-Instagram-shame.html


Related Article

Paling Aneh