Berita Aneh Unik

Hasil Perkawinan Silang Hewan Teraneh Di Dunia

08 Jun 2016

Alam ternyata tak hanya menyimpan keindahan flora yang tak jarang membuat mata takjub saja namun juga keunikan fauna yang sering membuat siapa saja berdecak kagum ketika melihatnya. Apalagi di Indonesia, negeri kaya dengan pulaunya yang berjumlah ribuan ini tentu saja memiliki jenis tumbuhan dan hewan yang beranekaragam dan menambah keunikan keindahan alam ibu pertiwi.

Kali ini anehdidunia.com akan membahas tentang keunikan fauna yang ada di dunia. Bedanya keunikan yang akan dibahas disini lebih ekstrim karena terkait dengan hasil perkawinan silang hewan teraneh di dunia. Hewan hibrida, pernahkah anda mendengar istilah seperti ini? Hewan hibrida adalah hewan yang lahir dari proses perkawinan antara hewan yang berasal dari satu genetik namun golongan jenis atau spesiesnya berbeda. Biasanya perkawinan silang hewan seperti ini dibuat untuk melahirkan spesies baru untuk kemudian turut dilestarikan. Berikut beberapa hasil perkawinan silang hewan teraneh yang ada di dunia.

Mangalitsa – Perkawinan Silang Hewan Babi Babony Dengan Babi Sumadija

Perkawinan Silang Hewan Teraneh Di Dunia

Hewan pertama yang termasuk daftar hasil perkawinan silang teraneh di dunia adalah berasal dari Hungaria yakni Mangalitsa. Keberadaan Mangalitsa saat ini tersebar luas di berbagai wilayah sekitar Hungaria dan bahkan beberapa negara lainnya. Mangalitsa sendiri adalah jenis hewan babi hasil perkawinan silang antara babi Babony dan Sumadija. Uniknya perkawinan silang dan pengembangbiakan hewan ini bermula pada tahun 1830 dimana pada saat itu anak ketujuh Kaisar Romawi Leopold II yang bernama Archduke Joseph Anton Johann mendapatkan hadiah berupa babi Sumadija dari Pangeran Serbia. Lantas babi Sumadija tersebut dikawinkan dengan babi Babony. Mangalitsa juga sering dikenal dengan sebutan Mangalica dan memiliki kandungan lemak hingga 70 persen dari total berat tubuhnya. Tak heran jika Mangalitsa memiliki tampilan fisik yang berat dan montok. Selain besar, hewan ini juga memiliki bulu yang menyerupai wol domba. Sekilas hewan ini lebih mirip dengan babi berbulu domba!

Liger – Perkawinan Silang Hewan Harimau Betina Dengan Singa Jantan

 Perkawinan Silang Hewan Teraneh Di Dunia

Liger, dilihat dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau hewan ini adalah hasil perkawinan silang antara lion atau singa jantan dengan tiger atau harimau betina. Dalam bahasa Indonesia sendiri Liger sering disebut Simau, gabungan dari kata singa dan harimau. Singa dan harimau adalah dua spesies hewan karnivora yang masih berada dalam satu genetik Panthera. Oleh karena itu perkawinan silang kedua hewan ini bisa dikatakan berhasil melahirkan satu jenis spesies baru dalam keluarga Panthera. Liger memiliki ciri fisik yang unik karena mulai dari kepala hingga bahunya berperawakan singa lengkap dengan bulu lebat yang mengelilingi area tengkuk hingga kepalanya. Sedangkan seluruh badannya mirip seperti harimau. Liger juga memiliki karakteristik perpaduan antara singa dan harimau pula. Mereka suka hidup berkelompok seperti singa dan mampu berenang dalam air layaknya harimau. Sayangnya hewan ini sudah tak tampak lagi hidup di alam bebas melainkan tinggal di penangkaran mungkin karena sifatnya memang hanya ampu hidup di lingkungan tertentu. Aneh dan uniknya lagi, anak Liger biasanya memiliki tubuh lebih besar dibandingkan dengan induknya!

Coywolf – Perkawinan Silang Hewan Anjing Liar Dengan Serigala

Perkawinan Silang Hewan Teraneh Di Dunia

Proses perkawinan silang hewan biasanya terjadi dengan dibantu oleh manusia. Namun berbeda dengan hewan hibrida pada umumnya, Coywolf adalah hewan hasil perkawinan silang yang terjadi melalui proses alamiah. Anjing liar (Coyote) dan serigala (Wolf) adalah dua hewan yang dikawinkan dan melahirkan spesies baru ini. Jika dilihat dari tampilan fisik, Coywolf tidak terlalu tampak seperti hewan hibrida karena seringkali ikut bergerombol dalam sekelompok Coyote. Yup, hewan ini memang hidup bebas di alam liar dan mampu bertahan hidup layaknya anjing liar atau serigala pada umumnya. Coywolf juga memiliki berat tubuh yang lebih besar dan secara kematangan seksual juga jauh lebih awal dibandingkan hewan Coyote atau Wolf. Karakteristik hewan ini cukup unik karena memiliki sifat turunan dari induknya seperti akan ketakutan jika melihat atau berada di tengah pemukiman padat penduduk. Sifat tersebut merupakan turunan dari hewan Coyote. Selain itu Coywolf juga dikenal sangat agresif ketika berburu mangsa persis seperti serigala atau Wolf!

Wholphin – Perkawinan Silang Ikan Paus Pembunuh Dengan Lumba-Lumba Tutup Botol

Perkawinan Silang Hewan Teraneh Di Dunia

Ternyata tak hanya hewan darat saja yang biasa dikawin silangkan oleh manusia, bahkan hewan yang hidup di laut seperti lumba-lumba tutup botol pun juga dikawin silangkan. Lumba-lumba tutup botol betina biasanya dikawin silangkan dengan ikan paus pembunuh jantan sehingga melahirkan spesies baru dari genetika sama yang biasa disebut dengan Wholphin atau Wolphin. Hewan hibrida ini dikawinkan melalui proses yang dibantu oleh manusia. Namun keberadaan hewan ini tak bisa ditemui di laut lepas, dan satu-satunya tempat yang memiliki hewan Wolphin yang masih hidup hingga saat ini adalah di penangkaran yang ada di Hawaii tepatnya di Sea Life Park. Secara fisik hewan Wolphin ini memiliki tubuh lebih besar dibandingkan lumba-lumba hidung botol namun lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan paus pembunuh. Jika pada ikan paus pembunuh mempunyai jumlah gigi sebanyak 44, lumba-lumba hidung botol memiliki 88 buah gigi, maka hewan Wolphin mempunyai gigi sebanyak 66 buah!

Cama – Perkawinan Silang Hewan Unta Dengan Llama

Perkawinan Silang Hewan Teraneh Di Dunia

Sebelum membahas Cama sebagai hewan hibrida selanjutnya, mari membahas salah satu induk dari Cama yakni Llama! Apakah diantara sahabatanehdidunia.com masih ada yang merasa asing dengan hewan bernama Llama? Llama adalah hewan jenis Camelidae dari Amerika Selatan dan masih satu genetik dengan unta. Nah, dari perkawinan silang antara Llama betina dengan Unta jantan inilah lahir spesies hewan hibrida baru yang dinamakan Cama. Asal mula perkawinan silang antara kedua hewan ini adalah keinginan orang-orang di Dubai memproduksi wol yang lebih banyak daripada Llama biasanya namun memiliki ketahanan dan kekuatan fisik yang super layaknya Unta. Karakteristik hewan Cama sangat mirip dengan unta mulai dari telinga dan ekor panjangnya hanya saja ia tak memiliki punuk. Sisi lain yang menunjukkan bahwa Cama juga lahir dari induk Llama ialah enyataan bahwa kukunya terbelah mirip dengan Llama.

Demikianlah kelahiran hasil perkawinan silang hewan teraneh yang ada di dunia. Semoga keberadaan hewan-hewan buah dari perkawinan silang ini justru menambah keanekaragaman fauna yang ada di dunia. Yang pasti kelahiran hewan-hewan hibrida ini jangan sampai hanya dibuat untuk sekedar mengambil keuntungan atau mengeksploitasi demi keuntungan tanpa mau merawat atau menjaganya dengan baik. Mari kita sama-sama hargai dan jaga keindahan dan kekayaan alam ini!

sumber referensi:
http://gofarblog.blogspot.co.id/2011/10/12-spesies-binatang-baru-hasil-kawin.html
https://id.wikipedia.org/wiki/
https://en.wikipedia.org/wiki/


Related Article

Paling Aneh