Foto Aneh Unik

Inilah Foto Selfie Paling Dikecam Netizen Di Dunia

29 Aug 2016

Selfie atau selca adalah aktivitas dimana seseorang mengambil foto dirinya sendiri dengan menggunakan kamera yang kemudian diarahkan pada diri sendiri. Ada sebutan lain bagi beberapa orang yang melakukan selfie secara bersama-sama yaitu wefie. Selama kurun waktu lebih dari 6 tahun lalu, selfie telah menjadi tren yang begitu banyak diminati oleh hampir semua orang. Uniknya hingga saat ini tren ini masih bertahan menjadi pilihan nomor satu bagi orang-orang yang memiliki hobi berfoto.

Tren selfie sendiri tidak hanya dilakukan oleh kalangan remaja atau anak muda saja, para orang tua bahkan presiden negara pun sudah banyak yang diketahui sering berselfie ria. Tidak hanya pelajar saja, selfie pun sering dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki profesi tertentu. Seperti misalnya tenaga pengajar, tenaga kesehatan dan lain sebagainya. Namun tahukah anda bahwa beberapa orang yang sering berselancar di dunia maya atau netizen kerap mengecam foto-foto selfie yang mereka anggap kurang pantas seperti beberapa foto selfie paling dikecam di dunia versi anehdidunia.com.

Remaja Putri Selfie Dengan Hewan Liar Hasil Buruan

Seorang gadis asal Amerika Serikat bernama Kendall Jones mendadak jadi perbincangan di dunia maya. Namanya tiba-tiba menjadi topik hangat di berbagai forum di internet bukan karena prestasinya melainkan gara-gara foto-foto selfie yang diunggahnya. Mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Texas Tech University ini memiliki hobi yang cukup unik dibandingkan dengan teman-teman seusianya, namun hobi unik tersebut termasuk salah satu jenis aktivitas kurang terpuji karena merusak ekosistem alam. Yup, Kendall Jones memiliki hobi berburuh hewan liar atau buas untuk kemudian ia jadikan “properti” berfoto selfie. Dalam foto-foto selfie yang diunggahnya di akun Facebook milik dirinya sendiri Kendall Jones tampak berfoto dengan hewan liar yang sudah mati yang tidak lain akibat ulang tangan jahatnya sendiri.

Hewan-hewan buruan tersebut beberapa diantaranya adalah seperti singa, kuda nil bahkan gajah dan masih banyak lagi yang lainnya! Seperti diketahui, hewan-hewan buas dan liar tersebut adalah termasuk hewan-hewan yang harus dijaga kelestariannya. Oleh karena itu hewan-hewan tersebut merupakan jenis hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Namun sebaliknya gadis yang masih berusia 19 tahun ini justru membunuhnya semata untuk dipamerkan dalam bentuk foto selfie. Sontak foto-foto tersebut mengundang amarah para netizen dan mengecam aksi Kendall Jones yang terlihat bahagia berfoto dengan hewan mati. Puncaknya para aktivis pecinta hewan mengeluarkan petisi online agar Facebook menutup dan menghapus akun Facebook milik gadis muda ini!

Foto Dokter Memegang Kelamin Pasiennya

Sebuah foto yang sempat sangat viral di dunia maya dimana tersebar foto selfie seorang dokter wanita di Malaysia tengah memegang kemaluan pasiennya. Foto tersebut sangat heboh di media sosial dan menjadi bulan bulanan nitizen yang marah melihat adegan tersebut. Dalam foto itu, sang dokter mengacungkan dua jari, sementara tangah kanannya memegang kelamin pasien yang terbaring di tempat tidur. Dalam foto itu, sang dokter mengacungkan dua jari, sementara tangah kanannya memegang kelamin pasien yang terbaring di tempat tidur.

Meski tertutup masker, dokter tersebut tampak tersenyum ke arah kamera. Sedangkan beberapa perawat juga terlihat di belakang sang dokter sambil membantu perawatan pasien. Gambar itu menjadi perbincangan setelah diunggah oleh aku Facebook bernama Kak Long, Sabtu 22 Agustus 2015. Dia kemudian menulis, “Saya terkejut oleh tingkat kebodohan dan kesombongan dokter junior di salah satu rumah sakit pemerintah di Johor Bahru. Gambar ini ditunjukkan kepada saya oleh salah satu teman saya, ternyata ibu ini adalah memiliki semacam kebidanan darurat, dan bukannya mengambil masalah ini dengan serius, mereka memilih untuk mengambil foto,” tulisnya. “Perilaku semacam ini dan tindakan ceroboh telah sangat menyinggung perasaan saya dan mereka yang saya tunjukkan gambar. Bagian yang paling konyol adalah, area pribadi seluruhnya terlibat dalam gambar,” lanjut akun tersebut.

Polisi Selfie Di Depan Orang Yang Ingin Bunuh Diri

Melakoni profesi dan mengemban tugas menjadi seorang polisi bukanlah hal yang mudah. Profesionalitas, komitmen, tanggung jawab serta hasrat mengayomi adalah beberapa hal dari sekian banyak tuntutan yang harus dipegang dengan amanah oleh seorang polisi. Namun rupanya beberapa hal tersebut tidak dimiliki oleh seorang polisi Turki yang identitasnya dirahasiakan ini. Sebuah peristiwa memilukan menjadi sorotan publik akibat keteledoran polisi yang saat itu bertugas di salah satu wilayah kota di Turki. Tepatnya di sebuah jembatan yang melintas diatas Selat Bosphorus seorang pria yang diketahui bernama Saskin akan melaksanakan aksi bunuh diri dengan melompatkan tubuhnya dari atas jembatan tersebut. Mirisnya, satu orang polisi yang bertugas dekat dengan lokasi kejadian justru tidak melakukan tindakan pencegahan atau menyelamatkan Saskin namun justru berselfie di dekat pria malang tersebut!

Polisi tersebut tampak berfoto selfie dengan latar belakang Saskin yang sudah bersiap akan melompat dari atas jembatan. Peristiwa memalukan yang dilakukan oleh polisi tersebut terekam oleh kamera pengawas yang berada di sisi jalan. Karena polisi tersebut tidak segera memberikan pertolongan, maka Saskin yang “masih” berupaya melompat pada akhirnya benar-benar melompat dari atas jembatan, terjatuh dan kemudian tewas seketika. Hasil rekaman kamera pengawas di sisi jalan yang memperlihatkan polisi justru beriselfiei di situasi genting tersebut pada akhirnya mengundang kontroversi dan kecaman dari berbagai pihak yang berpendapat bahwa polisi tersebut telah mengabaikan norma-norma hukum!

Petugas Ambulans Selfie Disamping Pasien Yang Tengah Sekarat

Callous Tatiana Kulikova adalah perempuan berusia 25 tahun yang berprofesi sebagai petugas medis di mobil ambulans. Namun sayangnya, profesi yang seharusnya bersifat mulia ini justru ia kotori sendiri dengan aksi kekanak-kanakanya yang menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat. Pasalnya Tatiana seringkali kedapatan berfoto selfie di dalam ambulans. Mungkin tampak normal-normal saja jika foto tersebut hanyalah sekedar selfie. Namun Tatiana justru berpose “kurang ajar” persis disamping pasien yang tengah sekarat. Sikap kurang ajarnya tersebut tampak dari foto-foto miliknya dengan pose jari tengah diacungkan ke kamera sementara dibalik jari tersebut tampak pasien ambulans yang tengah berjuang antara hidup dan mati. Parahnya lagi foto-foto selfie tersebut justru ia unggah ke akun media sosial miliknya sehingga memicu amarah dan emosi keluarga pasien yang merasa ruang privasinya dilecehkan dan merasa bahwa petugas medis ambulans tersebut tidak menjalankan tugas dengan baik serta melanggar kode etik tenaga kesehatan. Masyarakat Rusia pun yang melihat foto hasil unggahan Tatiana turut mengecam dan menyayangkan aksi Callous Tatiana Kulikova tersebut. Rumah sakit tempat Tatiana pun kebanjiran complain dari keluarga pasien hingga akhirnya pihak rumah sakit memutuskan untuk memecat Tatiana dari pekerjaannya tersebut.

Selfie Dokter Tiup Lilin Ulang Tahun Saat Pasien Tengah Dioperasi

Korea Selatan adalah negara dengan jumlah penduduk yang paling banyak menjalani operasi plastik demi kecantikan di dunia. Bahkan menurut survey, hampir 80% gadis berusia 17 tahun disana sudah pernah melakoni operasi plastik. Tak heran jika di Negara Ginseng tersebut banyak sekali klinik-klinik kecantikan yang bertebaran di tiap sudut-sudut kota. Diantara banyaknya klinik kecantikan tersebut ada satu klinik kecantikan yang terletak di daerah Distrik Gangnam, Seoul yang mendadak terkenal. Bukan karena pelayanannya yang baik atau jumlah pasien yang sangat banyak melainkan karena foto-foto para dokter di klinik tersebut yang tersebar di dunia maya dan menjadi viral. Pasalnya foto-foto para dokter tersebut bukanlaj sembarang foto melainkan foto selfie yang memperlihatkan pemandangan kurang pantas seorang dokter yang tengah mendapat kejutan kue ulang tahun dan meniupnya sementara di belakangnya tampak seorang pasien terkapar di ranjang kamar operasi dalam keadaan terbius! Tak cukup itu saja kelakuan dokter yang tampak sangat tidak terpuji, seorang perawat pun kedapatan mengunggah foto selfie di akun media sosial miliknya yang memperlihatkan ia tengah memegang implant payudara di ruangan operasi sambil berpose tersenyum lengkap dengan background pasien yang sedang terbius di ranjang kamar operasi. Mungkin hal tersebut dianggap sesuatu yang biasa oleh tenaga medis di klinik kecantikan tersebut. Namun alih-alih dipuji atau mendapat apresiasi, tingkah laku mereka tersebut justru dikecam habis-habisan dan menjadi bahan bullying di internet.

Seorang Ibu Mengunggah Foto Selfie Balitanya Sedang Merokok

Ternyata tindak tanduk seseorang dalam melakukan selfie kemudian menuai kecaman tidak hanya dialami oleh orang-orang dari negara lain saja. Di Indonesia sendiri sempat muncul unggahan foto selfie yang memancing masyarakat untuk menghujat habis-habisan. Hal ini diawali dengan munculnya foto selfie yang diunggah oleh sebuah akun Facebook bernama Ve Royy Alvero Ga. Wanita tersebut tak lain adalah ibu dari anak yang foto kontroversinya ia unggah sendiri di akunnya tersebut. Dalam foto tersebut tampak empat foto yang dikolase dan masing-masing memperlihatkan anak balitanya yang tengah menghisap rokok! Balita yang diperkirakan masih berusia dua tahun tersebut dengan sengaja diberi rokok dan terlihat diajari cara menghisapnya oleh ibunya sendiri! Foto tersebut pun langsung menuai hujatan dari netizen dan masyarakat yang melihatnya.

Mereka menganggap bahwa sang ibu salah mendidik anaknya. Sementara masyarakat menghujat unggahan foto selfie yang tidak patut dicontoh tersebut, sang ibu yakni Ve justru menambahkan caption atau keterangan dalam  foto tersebut dengan tulisan “Jagoan Mom dan Papp”. Karena banyaknya hujatan yang ia terima dari masyarakat dan netizen, wanita tersebut pun berkilah dan mengatakan bahwa rokok tersebut tidak benar-benar dihisap oleh anaknya melainkan ditempel di mulut saja. Benar atau tidak penjelasan dari Ve tersebut, yang jelas foto selfie yang sudah terlanjur ia unggah tersebut amat disayangkan dan tak dapat dijadikan panutan.

Sahabatanehdidunia.com sebenarnya melakukan selfie adalah hal yang sah-sah saja dan sangat wajar. Pasalnya selfie juga bisa dianggap sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan diri sendiri dan menuangkan kebahagiaan serta mengabadikan momen yang berarti dan mengesankan. Akan tetapi ada hal-hal yang patut diperhatikan dan diantisipasi ketika akan berselfie. Beberapa diantaranya adalah terkait dengan keamanan serta norma kepantasan. Keamanan agar selfie tidak membahayakan keselamatan diri sendiri, norma kepantasan adalah peka terhadap situasi dan kondisi sekitar. Apalagi jika foto selfie akan diunggah ke media sosial maka hal tersebut lebih utama diperhatikan.

Sumber referensi:
http://indonesiacraft.com/7-foto-selfie-paling-dikecam-di-dunia/
http://www.pimbie.com/2016/05/foto-selfie-paling-dikecam-dunia.html
http://www.harsindo.com/2015/03/petugas-ambulan-callous-tatiana-kulikova-di-pecat-usai-foto-selfie-dengan-pasien-sekarat.html
http://jateng.tribunnews.com/2015/08/25/heboh-foto-selfie-dokter-wanita-sambil-pegang-rudal-pasien


Related Article

Paling Aneh