Berita Aneh Unik

Mitos Tentang Pohon Yang Paling Aneh Di Indonesia

09 Sept 2016

Jika membicarakan tentang hal-hal yang berbau klenik dan juga Mitos, Indonesia bisa dibilang sebagai gudangnya tentang hal-hal yang berbau mistis seperti ini. Meskipun sebagai besar orang Indonesia kini telah melek teknologi, namun hal berbau mistis masih saja mendapatkan tempat, tersendiri dalam keseharian masyarakat kita. Salah satu yang paling kentara adalah mitos tentang berbagai pantangan yang tetap dipegang dengan teguh oleh sebagian besar orang. Dan jika harus membahas tentang mitos orang Indonesia, mungkin butuh berjilid-jilid kertas untuk menuliskanya. Karena hampir dalam setiap kegiatan sehari-hari hingga benda-benda yang dimiliki orang Indonesia biasanya memiliki mitosnya tersendiri. Salah satu diantaranya ada mitos tentang pepohonan. berbeda halnya dengan orang barat yang menganggap pohon hanya sebagai bagian dari tanaman yang ada di bumi. Bagi orang Indonesia, pohom memiliki arti tersendiri dengan beragam mitos. Salah satu mitos yang cukup populer tentu adalah pohon yang di percaya sebagai tempat tinggal bagi makhluh halus. Selain mitos tersebut tentu masih ada mitos-mitos lain mengenai pohon yang tak kalah anehnya. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan membahas tentang berbagai mitos soal pohon dalam artikel Mitos Tentang Pohon Yang Paling Aneh Di Indonesia, versi anehdidunia.com

Pantangan Untuk Menebang Pohon Beringin

Untuk urusan pamor sebagai pohon yang kental dengan nuansa mistis rasanya tak akan ada yang meragukan sebuah pohon yang sudah melegenda yaitu pohon Beringin. Pohon yang biasanya berukuran cukup besar dengan akar yang menjuntai kemana-mana ini dipercaya memiliki nilai klenik yang tinggi, hingga banyak orang yang mengkeramatkanya. Untuk urusan pantangan pohon beringin juga memikili berbagai macam larangan, salah satu diantaranya adalah larangan untuk kencing sembarangan di dekat pohonberingin apalagi mengencinginya. Karena konon hal ini akan membuat para penunggu pohon keramat ini marah dan akan menyentil orang yang kencing sembarang tersebut. Efeknya juga tak main-main karena konon sentilan ini dapat membuat orang menjadi cacat seumur hidupnya.


Selain itu pantangan lain yang cukup populer adalah larang untuk menebang pohon beringin apapun alasanya. Konon mitosnya barang siapa berani menebang pohon ini, diyakini bakal miskin sampai tujuh turunan. Pantangan ini sendiri didasari oleh kepercayaan masyarakat Jawa yang menganggap pohon beringin sebagai rumah bagi para makhluk halus. Dan tentu saja para lelembut ini akan marah dan mengutuk orang yang berani menebang rumah mereka, untuk ditimpa kesialan dan miskin hingga ke anak, cucunya kelak.

Pantangan Untuk Menanam Pohon Sawo Di Halaman Rumah

Bagi sebagian orang halaman rumah merupakan tempat untuk berekspresi, dengan menanam berbagai tanama yang bisa mempercantik rumah. Namun jangan sekali-kali berfikir untuk menanam pohon Sawo di halaman rumah. Karena walau pohon ini terlihat lumayan bagus dan dapat berbuah dengan cepat. Namun jika dilihat dari sudut pandang klenik, pohon Sawo dipercaya sebagai rumah dari genderuwo. Hal ini sering ditandai dengan terciumnya bau ubi bakar, jika melewati area sekitar pohon ini saat menjelang magrib. Bau aneh ini dipercaya sebagai tandadari eksistensi genderuwo yang memang benar bermuin di dalam pohon Sawo.


Selain itu mitos yang cukup populer lain mengenai pohon Sawo adalah pantangan untuk menanamnya di halaman rumah. Barang siapa berani menanam pohon ini di pekaranganya, maka dipercaya jika rumah yang Ia tinggali akan senantiasa sepi. Tak hanya itu rumah yang pada halamanya terdapat pohon Sawo juga konon dapat membuat penghuninya merasa tak kerasan dan ingin pindah.

Pantangan Menanam Pohon Pisang Di Depan Rumah

Selain pohon Sawo, Pohon Pisang juga pamali atau terlarang untuk ditanam di depan rumah. Hal ini didasari oleh kepercayaan mistis tentang pohon pisang yang berkaitan erat dengan salah satu makhluk halus yaitu Pocong. Pohon yang memiliki buah manis ini dipercaya sebagai tempat favorit bagi pocong untuk mojok. Karena itu terdapat sebuah larangan untuk menanam pohon pisang di depan rumah karena dapat membawa energi negatih ke sekitar rumah tersebut. Energi negatif ini dipercaya muncul, akibat banyaknya makhluk halus yang hobi nongkrong di rumah yang terdapat pohon pisang di depanya.

Mitos Kesaktian Bambu Kuning

Bagi masyaraka Indonesia, Tanaman bambu memang sudah memiliki tempat tersendiri dalam dunia mistis. Rimbunya pohon bambu sering diidentikan sebagai tempat bersemayam bagi pasangan Wewe gombel dan juga Genderuwo. Maka dari itu pada masyarakat Indonesia umumnya berkembang kepercayaan jika ada anak yang bermain-main di sekitar area pepohonan bambu maka anak itu akan menghilang akibat di culik oleh dedemit.


Namun stigma negatif ini tak berlaku bagi semua pohon bambu, karena ada satu jenis bambu yang justru di percaya memiliki kesaktian serta membawa energi positif bagi orang di sektarnya. Jenis bambu ini adalah bambu kuning yang banyak kita temui ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah orang. Keistimewaan jenis bambu ini pun sudah di akui oleh para pakar ilmu mistis, yang menyebutkan jika bambu kuning memiliki beberapa keistimewaan diantara, sebagai pagar gaib untuk menghalau serangan mistis hingga memberikan aura positif pada rumah hingga membuat orang yang mau berbuat jahat seperti maling ogah menginjakan kakinya di rumah tersebut.

Pohon Bugenvil Yang Membuat Susah Dapat Jodoh

Banyak hal yang bisa menjadi alasan seseorang begitu susah untuk mendapatkan jodoh. Mulai dari alasan klasik seperti faktor ekonomi, fisik yang di bawah rata-rata, hingga memiliki sifat yang buruk. Segala sesuatu tersebut tentu akan membuat seseorang susah mendapatkan Jodoh. Tapi bagaimana jika seseorang sudah memiliki kriteria yang bagus namun masih susah untuk mendapatkan jodoh. Mungkin saja orang tersebut telah melanggar sebuah pantangan yang membuat jodoh enggan menghampirinya.


Dan pantangan tersut berkaitan dengan sebuah pohon bernama Bugenvil, atau yang lebih dikenal dengan bunga kertas. Menurut mitos yang ada jika ada rumah yang dipelataran rumahnya terdapat pohon Bugenvil. Maka sala satu dari penghuni rumah tersebut akan kesulitan untuk mendapatkan pasangat hidup alias seret jodoh. Hal ini tentu sulit untuk di buktikan secara ilmiah. Namun kebetulan jika di rumah kalian memang terdapat pohon Begenvil dan sedang mengalami masalah untuk mendapatkan jodoh. Maka tak ada salahnya bukan, untuk mencoba sedikit menjauh dari pohon ini, siapa tahu saja akan langsung mendapatkan jodoh.


Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa mitos tentang pohon yang masih banyak di percaya di kalanagan masyarakaat Indonesia. Masalah percaya tak percaya itu semua bergantung pada pribadi masing-masing orang. Namun selama tak merepotka ada baiknya untuk menghindari pantangan tersebut, toh tak ada ruginya juga.

Referensi:
http://www.boombastis.com/mitos-tentang-pohon/56768


Related Article

Paling Aneh