Berita Aneh Unik

Fakta Tren Mannequin Challenge

23 Nov 2016

Dengan berkembangnya teknologi, ada-ada saja hal yang membuat sesuatu bisa menjadi trend dan diikuti oleh banyak masyarakat pengguna media sosial. Kali ini, ada trend baru yang tengah menjadi perbincangan masyarakat dan menghebohkan karena munculnya video tantangan bernama Mannequin Challenge. Tantangan tersebut mengharuskan para pemain di dalam video berlaku seperti patung selama beberapa menit saat pengambilan video tanpa bergerak sedikitpun. Jadi, mereka harus benar-benar bisa bertahan sampai pengambilan video tantangan Mannequin Challenge selesai.

Saking viralnya di internet, video ini sudah banyak diikuti oleh banyak masyarakat seperti pelajar, para artis, bahkan para atlet pun juga ikut melakukan Mannequin Challenge saat mereka sedang berlatih. Bisa dibayangkan betapa mereka harus sedikit tersiksa saat menahan dirinya tanpa bergerak, apalagi saat mereka berlatih dengan membawa barbel. Kali ini akan dibahas fakta di balik hebohnya video Mannequin Challenge yang begitu heboh, tak kalah dengan video sebelumnya seperti Harlem Shake dan Ice Bucket Challenge.

Fakta Tren Mannequin Challenge

Pertama Kali Munculnya Mannequin Challenge

Sebenarnya, trend Mannequin Challenge ini bisa dikatakan cukup aneh tetapi menarik. Kita bisa melihat bagaimana orang-orang yang berusaha mengikuti harus memaksa dirinya tidak bergerak seperti mannequin/patung selama beberapa waktu. Namun, mungkin banyak yang masih belum paham mengapa bisa ada Mannequin Challenge dan siapa yang pertama kali memiliki ide untuk melakukan Mannequin Challenge ini. Ternyata, dia adalah salah satu siswa di Edward H. White High School di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat. Pada awalnya, dia hanya sedang berdiri di depan kelas dalam waktu yang cukup lama. Lalu ada seorang temannya yang berkata “hei kamu seperti mannequin, hanya berdiri dan diam saja.” Ia kemudian berpikiran untuk merekam aksinya dengan berpose seperti mannequin dan mengajak teman-temannya untuk ikut bersamanya. Maka dari itu, muncullah fenomena Mannequin Challenge tersebut. Video Mannequin Challenge pertama kali di upload melalui akun twitternya dan sudah di  retweet dan di like lebih dari 4 ribu kali, khususnya para siswa di Amerika Serikat, sejak di populerkan pada tanggal 12 Oktober 2016.

Mannequin Challenge Menjadi Salah Satu Kampanye Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS)

Menjelang pemilihan presiden di Amerika Serikat (AS), satu hari sebelumnya, calon presiden dan Partai Demokrat Hillary Clinton juga ikut berpartisipasi dengan membuat video Mannequin Challenge dan ditemani Bon Jovi, Bill CLINTON, Huma Abedin, dan beberapa stafnya. Sebenarnya dibalik partisipasinya mengikuti Mannequin Challenge, Hillary Clinton juga bermaksud untuk mengajak pemilik suara agar ikut menyumbangkan suara mereka, dan tak hanya diam seperti mannequin..

Mannequin Challenge Memiliki Konsep Sama Seperti Video Clip Burna Boy

Jika ada yang pernah mengerti Burna Boy, ia adalah penyanyi reggae yang berasal dari Nigeria. Ia membuat konsep video clip dari salah satu lagunya yang berjudul “Soke”. Burna menggunakan konsep yang sama dengan Mannequin Challenge, dimana para aktor yang berada di video clipnya tak bergerak seolah-olah berlagak seperti patung. Burna membuat video clipnya pada tahun 2015. Mengenai konsep yang sama, itu hanyalah ketidak dengajaan. Bukan karena penemu Mannequin Challenge ingin meniru konsep dari video milik Burna. Walaupun sama, tetap saja berbeda jika diperhatikan. Orang-orang hanya merasa sedikit ada kemiripan mengenai konsep mereka.

Backsound Video Mannequin Challenge

Video Mannequin Challenge pertama yang beredar dan menjadi viral di internet menggunakan lagu dari Rae Sremmurd “Black Beatles”. Kemudian karena Mannequin Challenge, lagu tersebut menjadi 10 besar peringkat teratas Top Billboard. Namun setiap orang-orang yang mengikuti trend Mannequin Challenge tersebut memiliki backsound lagu yang berbeda agar kesannya setiap trend video Mannequin Challenge memiliki ciri keunikan dan ciri khas yang berbeda.

Berikut Video The Best Mannequin Challenge

Mannequin Challenge Juga Diikuti Oleh Selebriti Tanah Air

Trend Mannequin Challenge ternyata juga membuat beberapa selebriti di Indonesia tertarik untuk mengikutinya. Mereka tidak mau kalah sampai ikut-ikut membuat video Mannequin Challenge, seperti Aming beserta istrinya yang membuat videonya di sebuah studio foto kecil, dimana mereka memakai pakaian yang sama dengan Teuku Zacky dan Titi Rajo Bintang, lalu mereka pun berpose seolah-olah mereka sudah siap untuk melakukan photoshoot. Syahrini pun ikut membuat video Mannequin Challenge yang memiliki durasi hanya 46 detik ini bersama Cara Khan, Natasha Wilona, Felicya Angelista, Immanuel Caesar Hito, dan Ritchie Ismail ini dengan beberapa pose seperti patung. Namun di dalam video tersebut juga ada sedikit behind the scene dari pembuatan video Mannequin Challenge mereka. Tak ingin kalah eksis, Raffi Ahmad dan tim produksi film Rafathar juga membuat video Mannequin Challenge yang di dalamnya terlihat ada orang-orang dalam produksi tersebut sedang membeku saat melakukan aktivitas mereka.

Populernya Hastag #MannequinChallenge

Siapa yang mengira bahwa hastag dari #MannequinChallenge akan menjadi hastag yang populer dan banyak digunakan oleh orang-orang yang aktif di sosial media. Banyak yang menggunakan hastag #MannequinChallenge ini di akun pribadi mereka, yakni di twitter, instagram, path, dan lain-lain. Dengan banyaknya yang membuat hastag #MannequinChallenge ini, membuat trend Mannequin Challenge semakin banyak yang mengikuti. Mereka semakin banyak yang berlomba-lomba ingin membuat video Mannequin Challenge selucu-lucunya dan seunik-uniknya.

Mannequin Challenge Dibandingkan Dengan Adegan Film

Siapa yang mengira bahwa Mannequin Challenge bisa dibandingkan dengan beberapa adegan film. Banyak yang membandingkan orang-orang yang melihat video Mannequin Challenge dengan adegan film fiksi yang bisa dianggap ilmiah seperti X-Men, The Matrix “Lost In Space”, Buffalo 66, dan Days of Future Past ini menampilkan bahwa seolah-olah mereka benar-benar seorang patung/Mannequin Challenge. Mannequin Challenge dibandingkan dengan salah satu adegan dari beberapa film tersebut karena terdapat adegan dimana waktu yang menjadi seolah-olah berhenti, seperti apa yang dilakukan di video Mannequin Challenge, yang kesannya waktu tidak berjalan lagi karena orang-orang yang terlibat di dalam video tersebut benar-benar diam tanpa bergerak.

Itulah beberapa cerita mengenai bagaimana orang-orang yang aktif di sosial media mengetahui bagaimana mereka bisa melakukan Mannequin Challenge dengan beberapa teman atau saudara yang mereka ajak melakukannya bersama-sama agar terkesan ramai di video. Tantangan tersebut cukup berat jika yang melakukannya tidak terbiasa diam dengan tidak melakukan apapun sama sekali, dan harus diitahan sampai beberapa menit sesuai dengan ketentuan mereka membuat video. Pose apapun mereka lakukan, dan mereka membuatnya menjadi seunik-uniknya dengan backsound yang berbeda. Namun perjuangan mereka tak akan sia-sia yang membuat orang-orang yang menyaksikannya tertarik, walaupun harus menahan dirinya terus diam sampai ada yang merasa salah satu anggota badannya menjadi kram. Kita lihat saja bagaimana perkembangan dari Mannequin Challenge dan video-video yang unik dan nyentrik yang akan tersebar selanjutnya.

Sumber referensi:
http://citizen6.liputan6.com/read/2656910/10-fakta-di-balik-viralnya-mannequin-challenge
http://soulofjakarta.com/index.php?modul=fakta%E2%80%93-fakta-unik-tentang-mannequin-challenge.html&kat=3&id=MTE4ODU=
http://www.ceritadibagi.com/2016/11/fakta-unik-mannequin-challenge.html


Related Article

Paling Aneh