Penjelasan Finger Lift Challenge Hingga Dianggap Magis


Ice Bucket Challenge, Don’t Judge Challenge, Mannequin Challenge dan lain sejenisnya adalah sebagian kecil dari banyaknya jenis challenge atau tantangan yang sempat ramai diikuti oleh masyarakat di berbagai negara di dunia untuk kemudian dibagikan di berbagai akun sosial media milik mereka. Tidak ada diantara challenge-challenge atau tantangan tersebut yang tidak viral, karena tentu saja selain kekuatan media sosial, kreativitas setiap orang atau kelompok dalam melakukan tantangan tersebut sangat unik hingga tak mengherankan jika menjadi pusat perhatian.
Tantangan-tantangan tersebut saling bergantian datang bermunculan hingga masing-masing berubah menjadi fenomena atau tren baru yang populer diikuti berbagai macam orang. Namun tentu saja yang namanya sebuah tren pasti ada masanya turun atau menghilang karena tergantikan oleh tren baru yang dianggap lebih menarik, unik dan lucu.

Seperti baru-baru ini setelah tren mannequin challenge menurun, muncullah sebuah tren challenge baru yang dinamakan Finger Lift Challenge. Sama seperti tren challenge yang lebih dulu viral, tren Finger Lift Challenge ini juga menghebohkan dunia maya karena keunikannya yang khas jika dibandingkan dengan tren-tren challenge sebelumnya. Berawal dari seorang youtuber asal Amerika Serikat bernama Alex Wassabi yang pertama kali melakukan tantangan ini dan kemudian mengunggahnya di channel Youtube miliknya Wassabi Productions. Tentu saja dengan jumlah subscribers atau pelanggan channelnya yang mencapai 8,1 juta lebih membuat tayangan video Finger Lift Challengen tersebut dengan mudah menjadi viral dan kemudian ditiru oleh masyarakat.

Dalam video tersebut tampak Alex Wassabi dengan empat orang teman-temannya yang semua perempuan membentuk sebuah lingkaran mengelilingi satu teman laki-laki dengan ukuran tubuh lebih gemuk yang berada di tengah. Dalam video tersebut tampak Alex Wassabi mengajak keempat temannya untuk mengangkat tubuh laki-laki di tengah tersebut hanya dengan masing-masing orang menggunakan dua jari. Hasilnya? Sudah bisa ditebak kalau mereka tidak berhasil mengangkat tubuh pria yang berbadan tersebut. Namun Alex Wassabi menunjukkan cara lain bagaimana bisa mengangkat tubuh pria yang terdengarnya sangat mustahil tersebut.

Baca Juga:  Asal Kehebatan Ilmu Feng Shui Atau Hong Shui

Percobaan kedua diawali dengan tangan masing-masing orang diletakkan diatas kepala pria yang akan diangkat tersebut secara bertumpuk. Ritual saling menumpuk tangan tersebut pun juga harus diperhatikan, karena tangan satu orang dengan orang lainnya tidak boleh saling bersentuhan. Selain itu, tangan-tangan yang ditumpuk itupun harus saling berurutan searah dengan jarum jam, itu artinya diawali dari tangan kanan kemudian lanjut tangan kiri. Setelah selesai, masing-masing tangan tersebut diturunkan kembali dan kemudian bersiap untuk mengangkat tubuh pria di tengah tersebut.

Ajaib! Tubuh pria yang di percobaan pertama tak bisa diangkat tersebut justru terlihat sangat mudah diangkat. Tentu saja dengan masing-masing orang hanya menggunakan dua jari! Sehingga bisa disimpulkan bahwa tubuh pria tersebut bisa terangkat dengan total 10 jari dari lima orang yang mengelilinginya tersebut.

Keanehan dan keunikan dari situlah yang membuat banyak orang berpikiran bahwa Finger Lift Challenge dilakukan dengan menggunakan unsur magis di dalamnya. Apalagi ditambah dengan metode menumpuk tangan sebelum beraksi seolah Finger Lift Challenge benar-benar dianggap sebuah tantangan yang memiliki “ritual” wajib sebelum melakukannya. Benarkah demikian? Apakah tidak ada penjelasan yang lebih logis terkait dengan tantangan ini? Ada, yup sebenarnya ada!

Sebenarnya, dulu sudah lebih ada permainan yang disebut dengan Light as a feather, stiff as a board. Meski cara bermainnya sedikit berbeda namun konsepnya tetap sama dengan Finger Lift Challenge yakni mengangkat beban tubuh seseorang. Dan sesungguhnya dari permainan Finger Lift Challenge ini, terdapat trik ilmiah hingga mengangkat tubuh seseorang dengan menggunakan jari menjadi sangat mungkin untuk dilakukan.

Pertama adalah kekuatan sugesti, secara ilmiah sekelompok orang yang meyakini bahwa ia sanggup untuk melakukannya tentu saja tanpa disadari tubuh merespon sugesti tersebut dan akhirnya turut melakukan apa yang telah disugestikan. Kedua adalah koordinasi, yup kerja sama yang baik dan sempurna biasanya lahir dari koordinasi yang tepat sehingga melahirkan kekompakan. Ketika diberlakukan hitungan sebelum mengangkat tubuh tersebut, maka secara bersamaan pula orang-orang akan mengangkat tubuh secara bersamaan karena tubuh menerima perintah koordinasi tersebut.

Baca Juga:  Misteri Keangkeran Kamar Hotel Di Dunia

Ketiga adalah kekuatan jari. Yup, meskipun berukuran kecil dan dianggap merupakan bagian tubuh yang tidak memiliki tenaga. Namun sebenarnya jari memiliki kekuatan dan daya yang cukup besar untuk mengangkat beban berat. Hanya saja kebanyakan manusia tidak mampu mengoptimalkannya. Fakta menyebutkan bahwa kepalan jari manis dan kelingking juga bermanfaat untuk menyangga kekuatan yang ada pada jari tengah dan jari telunjuk.

Dan yang terakhir adalah trik melawan gravitasi. Trik menumpuk tangan namun tidak saling bersentuhan tersebut sebenarnya merupakan trik melawan gravitasi. Yup, mengangkat tangan ke atas dalam waktu tertentu ternyata bermanfaat untuk menyimpan energi di bagian otot tangan. Dengan kekuatan otot tangan yang lebih besar daripada tidak mengangkat tangan, mengangkat tangan terbukti dapat dijadikan trik melawan gravitasi dan mengangkat beban yang mencapai 100 kg atau bahkan lebih menjadi tidak mustahil lagi.

Nah, sahabatanehdidunia.com ternyata Finger Lift Challenge tidak semagis yang dibayangkan bukan. Tantangan ini menjawab bahwa segala bentuk tantangan yang viral saat ini tak lebih bedanya dengan teknik bermain sulap yakni menggunakan trik. Dengan adanya rahasia terkait Finger Lift Challenge yang terkuak ini, apakah kalian berminat untuk mencobanya bersama teman-teman?

Sumber referensi:
https://viral.kincir.com/hip/menjawab-misteri-finger-lift-challenge

Supranatural