Ngeri, Inilah Jembatan Unik Dan Berbahaya Di Dunia

Mendengar kata jembatan pasti membuat sahabatanehdidunia.com langsung membayangkan tentang dua tempat atau lebih yang terputus dan terhalang oleh misalnya sungai, lembah dan lain-lain yang kemudian dihubungkan dengan sebuah struktur konstruksi. Struktur konstruksi yang berguna untuk menghubungkan dua tempat atau lebih itulah disebut jembatan.

Di dunia ini tentu saja banyak wilayah-wilayah dengan tipikal seperti diatas. Oleh karena itu, pasti banyak struktur konstruksi jembatan yang dibuat. Bahkan di beberapa negara di benua Eropa dan Amerika, banyak jembatan-jembatan modern yang dibangun tak hanya sebagai penghubung namun juga menjelma menjadi sebuah ikon yang mencirikan identitas tempat tersebut sebut saja jembatan golden gate. Akan tetapi selain jembatan indah modern tersebut, ada juga jembatan yang terlihat mengerikan dan kerap dianggap berbahaya seperti berikut ini.

The Monkey Bridge – Vietnam

Vietnam adalah salah satu negara kawasan Asia Tenggara yang dikenal memiliki karakteristik hampir mirip dengan Indonesia. Memiliki banyak sungai dan juga pantai yang indah, tak heran jika di Vietnam sendiri juga memiliki banyak jembatan sebagai penghubung dari satu wilayah ke wilayah yang lainnya. Diantara banyaknya jembatan-jembatan yang ada di Vietnam, ada satu jembatan yang sangat unik. Bukan karena bertebaran lampu dan tampak indah di malam hari namun karena struktur konstruksinya yang sederhana dan membahayakan! Yup, jembatan tersebut tak lain bernama The Monkey Bridge. Sesuai dengan namanya, setiap orang yang melewati jembatan ini memang “dipaksa” melewati bak monyet. Bagaimana tidak? konstruksi The Monkey Bridge hanya terbuat dari bambu dan tali! Bambu memanjang yang digunakan untuk berpijak serta seutas tali untuk berpegangan membuat siapapun yang tidak terbiasa menyeberang diatasnya bergidik ngeri. Meski ketinggiannya tidak bisa dianggap tinggi, namun jembatan yang berada diatas Sungai Mekong ini cukup beresiko apalagi jika tidak memiliki daya keseimbangan yang cukup untuk melintasinya. Meski demikian, The Monkey Bridge kerap dijadikan objek wisata asing.

Quepos Bridge – Kosta Rika

Setelah ke Vietnam di kawasan Asia, mari kita sedikit meloncat ke wilayah Amerika Utara tepatnya adalah ke Kosta Rika. Di negara ini ternyata juga memiliki jembatan yang masuk kategori sebagai salah satu jembatan membahayakan di dunia. Jembatan tersebut tak lain adalah Quepos Bridge yang sebenarnya telah dibangun sejak tahun 1930-1940an. Menurut sejarah, Quepos Bridge ini sendiri dibangun oleh sebuah perusahaan bernama Bananera Company. Tujuan dibuatnya adalah sebagai akses kereta pengangkut pisang menuju pelabuhan. Namun rupanya hingga saat ini meski Bananera Company sudah tutup, jembatan tersebut masih tetap digunakan sebagai jalan umum. Mirisnya struktur konstruksi dari jembatan ini begitu buruk karena banyak mengalami kerusakan di berbagai sisi. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat orang-orang khawatir untuk melewatinya. Bahkan meski hanya bisa dilewati oleh kendaraan dalam satu arah saja namun secara rutin Quepos Bridge dilewati oleh mobil dan juga kendaraan berat seperti truk! Quepos Bridge ini sendiri menghubungkan wilayah Jaco dengan Quepos yang berada di wilayah Pantai Pasifik Tengah. Karena tingkat resiko bahayanya yang tinggi, maka jembatan ini juga mendapat julukan Bridge of Death!

Vine Footpaths – Jepang

Jepang adalah negara kawasan Asia Timur yang wilayah geografisnya dikenal sangat rawan mengalami musibah seperti banjir, gempa bumi dan bahkan tsunami. Selain memiliki banyak laut, Jepang adalah negara yang terkenal memiliki banyak sungai dan juga lembah. Tak heran jika di Negeri Sakura ini banyak sekali jembatan-jembatan penghubung yang menghubungkan wilayah satu dengan wilayah yang lain. Namun ada satu jembatan unik yang dikenal cukup membahayakan di Jepang, namanya adalah Vine Footpaths. Terletak di wilayah Lembah Ivy tepatnya diatas Sungai Iya, Vine Footpaths memiliki ketinggian 45 meter. Yang membuatnya disebut sebagai salah satu jembatan paling berbahaya di dunia adalah jembatan ini terbuat dari papan kayu dipasang dengan jarak sekitar 33 cm! Bisa dibayangkan bukan bagaimana jembatan ini terlihat mengerikan karena siapapun yang melintas diatasnya bisa melihat langsung pemandangan sungai di bawahnya. Jembatan ini juga menjadi penghubung menuju Repovesi Nature Park, akan tetapi bagi anda yang memiliki phobia ketinggian tidak disarankan lewat jembatan ini.

Qeswachaka Bridge – Peru

Selain Jepang, Peru juga salah satu negara yang terkenal memiliki banyak lembah dan bukit-bukit tingginya. Di negara Peru sendiri, jembatan merupakan akses yang sangat penting karena membantu jalur transportasi dari wilayah satu ke wilayah yang lain. Qeswachaka Bridge adalah salah satu jembatan terkenal yang tak hanya dijadikan jalur transportasi saja melainkan destinasi wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati aktivitas menantang. Qeswachaka Bridge sendiri terbilang cukup unik karena dibuat dari rumput yang memanjang mencapai 36 meter! Berada tepat diatas Sungai Apurimac, Peru jembatan ini cukup terkenal sebagai salah satu objek wisata. Karena terbuat dari rumput, tentu saja jembatan ini tidak berdiri kokoh dan bisa sewaktu-waktu terputus karena beban yang ditopangnya. Mungkin karena itulah jembatan ini dianggap memiliki resiko yang cukup berbahaya. Untuk menyiasati masalah tidak kokoh tersebut, maka Qeswachaka Bridge ini diperbaharui tiap satu atau dua tahun sekali dengan tak lupa mengikutsertakan tradisi perayaannya yang dilakukan oleh para warga lokal.

Hussaini Hanging Bridge – Pakistan

Inilah jembatan yang saat ini disebut-sebut sebagai jembatan paling berbahaya di dunia, Hussaini hanging Bridge. Lokasinya berada di wilayah Pakistan, tepatnya di wilayah pegunungan bagian utara negara tersebut. Hussaini Hanging Bridge ini sendiri adalah jembatan yang menghubungkan ke Danau Borit. Jembatan Hussain ini sendiri pun berada diatas Sungai Hunza. Lalu dimanakah letah bahayanya jembatan ini? Hussain Hanging Bridge dibuat dengan struktur konstruksi ala kadarnya, yang mana hanya terbuat dari beberapa untaian kabel dan papan kayu saja. Mirisnya papan kayu tersebut tidak dibentangkan dengan cara merapatkan bagian satu dengan lainnya, namun dengan jarak yang tidak beraturan. Sehingga tak jarang orang-orang yang melintasinyapun terkadang harus sedikit melompat dari papan kayu satu ke papan kayu yang lain. Belum lagi jika cuaca buruk datang yang bisa saja membuat Sungai Hunza meluap, resiko siapapun yang melintasi jembatan ini tentu saja amat berbahaya.

Itulah beberapa jembatan unik dan memiliki rsiko berbahaya paling tinggi di dunia. Bisa disimpulkan jika disebut bahaya karena memang struktur konstruksinya yang tidak seoptimal jembatanpada umum dan seharusnya. Mungkin apabila jembatan-jembatan diatas direnovasi dengan lebih baik, besar kemungkinan bahwa jembatan-jembatan tersebut tak lagi masuk kategori sebagai jembatan paling berbahaya di dunia.

Sumber referensi:
tahupedia.com/content/show/1279/10-Jembatan-Paling-Berbahaya-Di-Dunia

Foto Aneh Unik