Fakta Unik “Maneki Neko” Boneka Kucing Pembawa Keberuntungan Asal Jepang


Sahabat anehdidunia.com apa diantara kalian pernah ada yang kebetulan melihat sebuah boneka kucing lucu dengan tangan yang mengayun? Kalau ya maka boneka tersebut bernama “Maneki Neko,” sebuah boneka tradisional asal Jepang yang telah mendunia. Boneka ini biasanya kita lihat di toko-toko milik orang Asia, khususnya restoran milik orang Jepang dan China. Boneka kucing unik ini sendiri biasanya diletakan di sebelah meja kasir atau di depan toko.

Tapi tahukah kalian kenapa boneka ini biasanya diletakkan di samping meja kasir? Ternyata hal ini bukanlah kebetulan saja, karena dalam budaya orang Jepang dan China, Maneki Neko merupakan boneka pembawa keberuntungan yang bisa mengundang rezeki. Boneka ini dipercaya sebagai jimat yang manjur untuk menyerap rezeki yang tersebar, jadi tak heran jika banyak toko ataupun bisnis apapun yang dimiliki orang Jepang biasanya ada boneka ini.

Selain itu bentuk boneka ini juga cukup lucu jadi bisa menjadi pajangan yang menarik. Dan tak jarang pula orang yang memasang boneka kucing lucu ini di toko mereka tanpa tahu makna sesungguhnya. Nah selain hal-hal barusan masih ada beberapa fakta unik lain dari Maneki Neko yang jarang diketahui orang. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan membagikan fakta-fakta menarik itu dalam “Fakta Unik Maneki Neko, Boneka Kucing Pembawa Keberuntungan Asal Jepang” versi anehdidunia.com

Asal-Usul Nama Maneki Neko

Meski tak ada yan tahu pasti kapan Maneko Neki, mulai ditemukan, namun boneka kucing yang dipercaya membawa keberuntungan ini diperkirakan sudah ada sejak Abad 17 tepatnya pada zama Edo. Lalu bagaimana boneka kucing ini kemudian memiliki nama Maneki Neko?

Jawabanya sebenarnya cukup mudah, karena kata Maneki Neko sendiri dalam bahasa Jepang berarti “Kucing Pengundang.” Hal ini berhubungan dengan gerakan tangan patung ini yang selalu menganyu. Ayunan tangan ke atas dan ke bawah ini jika diperhatikan seolah sedang mengundang orang untuk datang. Bagi para pedagang makin banyak orang yang datang itu berarti makin banyak pula rezeki yanga akan mereka dapat. Nah dari sinilah boneka kucing ini kemudian di sebut “Maneki Neko” yang artinya kucing pengundang.

Legenda Tentang Maneki Neko

Meski masih banyak orang yang bingung tentang asal usul Maneki Neko, namun di Jepang terdapat beberapa legenda populer tentang asal muasal kucing pembawa keberuntungan ini. Salah satunya adalah cerita tentang seorang saudagar kaya yang berubah hidupnya setelah bertemu seekor kucing di sebuah kuil.

Dahulu kala konon ada seorang Saudagar kaya yang harus berteduh di sebuah pohon di dekat kuil akibat hujan yang deras. Saat berteduh ini Saudagar tersebut heran saat melihat seekor kucing di dalam kuil, yang terus melambaikan cakarnya seolah menyuruh saudagara tersebut untuk masuk ke dalam kuil.

Baca Juga:  Misteri Keangkeran Kamar Hotel Di Dunia

Karena merasa penasaran saudagar ini kemudian memutuskan untuk masuk ke kuil dan melihat kucing tersebut dari jarak dekat. Saat itulah tiba-tiba sebuah petir besar menyambar pohon yang tadi digunakan oleh saudagar tadi untuk berteduh. Setelah itu saudagar tersebut merasa bahwa kucing itu telah menyelamatkan nyawanya dan sangat bersyukur atas itu. Karena itu ia mulai menyumbangkan kekayaanya dalam jumlah yang besar untuk mendanai kuil tersebut.

Alhasil kuil tadi menjadi tempat yang megah dan makmur, saudagar tersebut kemudian juga sangat menyayangi kucing. Dan saat saudagar itu akhirnya meninggal, dibuatlah seekor patung kucing yang tanganya bisa melambai untuk menghormati kedermawanan sang saudagar. Dari sinilah kemudian mulai muncul kepercayaan tentang boneka Maneki Neko yang bisa memanggil rezeki.

Makna Dari Cakar yang Naik Turun

Pada umumnya pada boneka Maneki Neko, biasanya akan ada satu tangan yang terangkat dan juga terus mengayun. Tapi yang tak banyak orang tahu ternyata posisi tangan ini tak selalu sama dan memiliki beberapa versi dan makna.

Posisi yang pertama adalah tangan sebelah kiri diangkat, boneka dengan tangan seperti ini menurut kepercayaan orang Jepang merupakan boneka untuk menarik pelanggan datang.

Yang ke dua adalah boneka dengan tangan sebelah kanan yang diangkat. Untuk yang satu ini hampir mirip dengan yang tangan kiri di angkat, hanya saja yang dipanggil oleh beneka dengan tangan kanan terangkat ini bukanya pelanggan melainkan uang dan kekayaan.

Nah untuk yang terakhir ini agak sedih karena jika ada patung kucing dengan kedua tanganya terangkat itu artinya kucing itu sedang meminta perlindungan dan merasa sedih. Wah lumayan banyak juga ternyata filosofi dari patung kucing ini.

Arti dari Setiap Warna di Tubuh Maneki Neko

Bagi yang sudah pernah melihat boneka Maneki Neko, tentu akan menyadari jika kebanyakan boneka ini berwarna putih dengan sedikit aksesoris berwarna merah pada leherna dan sebuah koin emas. Tapi ternyata betuk seperi ini bukan aturan pasti untuk boneka ini, karena nyatanya masih adapula warna lain dari boneka ini yang ternyata juga menyimpan maknanya tersendiri.

Beberapa makna dari warna Maneki Neko ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Calico (krem): kombinasi dua warna tradisional, boneka Maneki Neko dengan warna ini dianggap paling Hoki dan membawa keberuntungan

Putih: warna putish selalu identik dengan hal yang suci, hal serupa nampaknya juga berlaku bagi Maneki Neko. Karena Maneki Neko berwarna putih juga bermakna kebahagiaan, kesucian, dan juga pengundang hal positif untuk datang.

Emas: Sesuai dengan warnaya Maneki Neko berwarna Emas konon dapat mendatangkan kekayaan dan kemakmuran

Hitam: Warna hitam biasanya identik dengan hal-hal yang seram, namun untuk Maneki Neko warna ini justru merupakan penangkan aura jahat.

Merah: Cinta itu membara, karena itu rasa cinta sering di identikan dengan warna merah dan merah muda. Warna ini ternyata juga melambangkan cinta dan persahabatan pada boneka Maneki Neko.

Baca Juga:  Tempat Paling Indah Sekaligus Mematikan Yang Ada Di Dunia

Hijau: Meski sangat jaran ternyata ada juga boneka Maneki Neko yang berwarna Hijau, warna ini juga berarti lumayan bagus karena konon berhubungan dengan kesehatan yang prima.

Nah itulah beberapa makna dibalik warna dari Maneki Neko, lumayan unik ternyata ya..

Makna dalam Aksesoris Maneki Neko

Jika barusan kita baru saja membawas tentang makna dari warna Maneki Neko, rasanya akan kurang lengkap jik tak membahas tentang pernak-pernik yang biasanya melengkapi Maneki Neko. Makna dari aksesoris ini sendiri berasal dari Zaman Edo dimana para saudagar kala itu sangat senang mendadani kucing peliharaanya. Mulai dari aksesoris berupa lonceng dan baju sudah umum digunakan pada kucing. Hal ini kemudian juga berlaku pada Maneki Neko yang jua di buat dengan berbagai aksesoris hiasan dengan beberapa makna.

Nah berikut ini adalah makna unik dari aksesoris tersebut:

  • Logam Oval Emas 1 Ryo
    Bagi yang pernah melihat Maneki Neko tentu familiar dengan adanya logam emas di dada, boneka kucing ini. Nah logam ini ternyata tak hanya sekedar aksesoris saja melainkan lambang kekayaan. Pada zaman Edo dulu 1 Ryo sangatlah banya. Jadi dengan adanya logam emas ini orang berharap Maneki Neko dapat mendatangkan kekayaan untuk mereka.
  • Martil dan Uang Magis
    Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari Maneki Neko adalah tanganya yang bisa bergerak. Nah tangan ini konon sebenarnya merupakan martil yang bisa memanggil uang gaib. Jadi makan banyak mengayun maka makin banyak pula rezeki yang datang.
  • Ikan
    Meski sangat jarang adakalanya kita bisa menemukan boneka Maneki Neko yang memegang ikan. Nah ikan ini adalah ikan carper, bagi masyarakat Jepang Ikan merupakan lambanh klelimpahan rezeki yang besar. Hal ini di dasari oleh jarangnya orang Jepang pada masa itu yang bisa mengkonsumsi ikan. Karena jauhnya letak laut, sementara orang Jepang pada masa itu kebanyakan hidup di gunung dan bertani.
  • Kelereng
    Beberapa Maneki Neko dihiasi dengan kelereng atau batu permata, hal ini konon katanya merupakan magnet penarik rezeki yang paling bagus. Kelereng dan permata yang berkilau konon bisa mendatangkan banyak rezeki, selain itu benda-benad yang berkilau juga merupakan lambang kebijaksanaan

Selain beberapa benda tadi, Kucing Keberuntungan ini juga bisa dihias dengan benda-benda lain seperti labu manis, kertas doa, lobak, dan batang logam. Barang-barang ini konon juga merupakan pengundang kekayaan dan nasib baik.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa fakta unik tentang Maneki Neko. Bagaimana menurut kalian apakah artikel ini cukup menghibur. Kalau ya jangan lupa share artikel ini agar makin banyak orang yang tahu ya 🙂

Referensi:

https//japanesestation.com/5-fakta-menarik-mengenai-boneka-kucing-keberuntungan-maneki-neko/

Supranatural