Helikopter Tempur Paling Canggih Yang Pernah Ada


Meski sedikit susah untuk dikendarai dan hanya mampu menampung sedikit penumpang, Helikopter merupakan salah satu kendaraan tarnsportasi yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini disebabkan karena kendaraan udara ini memiliki keunggulan khusus yang tak dimiliki kendaraan lain yaitu kemampuanya untuk menerjang segala medan dan juga kecepatanya. Selain itu Kendaraan udara ini juga tak membutuhkan laha yang luas untuk mendarat dan juga lepas landas. Karena itu Helikopter sering kali digunakan saat melakukan operasi penyelamatan ke medan-medan yang berat dan juga terpencil.

Namun meski kini lebih banyak digunakan sebagai kendaraan angkut dalam operasi penyelamatan, dalam sejarahnya Helikopter sebenarnya lebih sering digunakan sebagai kendaraan tempur dalam berbagai peperangan. Jadi tak heran jika di dunia saat ini ada lebih dari 27 jenis Helikopter Tempur. Helikopter-Helikopter ini sengaja dirancang lengkap dengan persenjataan komplit dan juga teknologi termutakhir di dunia pada zamanya agar bisa digunakan dalam perang. Tapi diantara semua Helikopter tempur ini, manakah yang paling bisa disebut sebagai yang paling canggih pada masanya. Informasi inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan sesuai dengan beberapa katagori dasar seperti Kinierja, Kecepatan, Kemampuan serta kelengkapan persenjataan yang ada dalam “Helikopter Tempur Paling Canggih Yang Pernah Ada” versi anehdidunia.com

Mil Mi-24 Hind – Rusia

Mil Mi-24 bisa dibilang sebagai Helikopter tempur generasi pertama yang sudah mengusung sistem yang cukup modern. Heli dengan kapasitas angkut 8 orang ini dilengkapi dengan dengan senapan mesin kembar 23mm dan juga peluncur rudal anti-tank 9M17P Skorpion (AT-2 Swatter) dan 9M114 Shturm (AT-6 Spiral). Dengan deretan senjata yang komlit ini, hingga saat ini Mi- 24 masih menjadi Heli tempur paling dikenal di dunia dan masih digunakan oleh sekitar 50 kesatuan udara yang ada di seluruh dunia.

Keunggulan lain dari Mi-24 juga terletak pada kecepatanya yang bisa mencapai 335 km perjam. Angka ini terhitung cukup hebat mengingat ukuran Mi-24 yang lumayan besar. Heli ini juga dibandrol dengan harga yang lumayan murah, berkisar antara 10-12 juta dollar. Sebuah angka yang cukup masuk akal dan sesuai dengan kas dari sebagian negara di dunia, jika dibandingkan dengan fitur yang ditawarkan.

Boeing AH-64D Longbow Apache – Amerika Serikat

Meski terlihat berukuran kecil, namun jangan meremehkan tampilan sederhana dari Boeing AH-64 Apache. Karena Helikopter buatan Amerika ini dikenal sebagai pemilik persenjataan anti-tank lapis baja yang paling mutakhir saat masa perang teluk. Helikopter yang identik dengan gelap ini bahkan disebut sebagai penguasa langit saat perang teluk yang berlangsung tahun 1990-1991.

Pertama kali dibuat dan mengudara pada tahun 1981, AH-64 Apache dilengkapi dengan meriam M230 dan membawa 16 ruda anti-tank AGM-114L Hellfire 2, 4 rudal Stinger, Mistral untuk 2 rudal udara-ke-udara AIM-9 Sidewinder atau 2 rudal anti radar AGM-122 Sidearm dan selongsong roket 19-tembakan Hydra 70. Hingga saat ini AH-64E Apache masih digunakan oleh beberapa negara sebagai Helikopter tempur mereka dan juga masih terus diproduksi dengan versi terbarunya yang diluncurkan pada tahun 2012 yang lalu dengan seri AH-64D Block III atau biasa juga di sebut AH-64E Apache Guardian.

Agusta A129 Mangusta – Italia

Mulai dirancang pada tahun 1978m Agusta A129 Mangusta, merupakan Helikopter Tempur pertama yang dibuat oleh negara asal Eropa Barat. Pada masanya Helikopter ini merupakan yang tercanggih dan futuristik dengan desain kokpit unik dimana kedua pilotnya diduk secara berjajar. Hal ini dilakukan untuk membuat daya pandang kedua pilot ini sama. Fungsi dari kedua pilot ini sendiri berbeda dimana yang satu bertugas untuk mengendalikan Helikopter sedangkan yang satu lagi mengoperasikan senjata.

Sama halnya dengan Helikopter tempur lain Agusta A129 Mangusta, juga merupakan Heli yang dirancang khusus sebagai senjata anti-tank lapis baja. Namun Heli buatan Italia ini memiliki keunggulan karena memiliki satu laras meriam 20-mm yang bisa dihubungkan dengan serenteng senapan mesin 12,7-mm. A129 juga bisa membawa 8 rudal anti-tank TOW-2A, 50 roket Medusa 70-mm atau 81-mm yang membuat Helikopter ini sangat taktis dilapangan.

Baca Juga:  Perjalan Asap Rokok Dan Penyakit Akibat Merokok Di Tubuh

Denel AH-2 Rooivalk – Afrika Selatan

Dibuat oleh perusahaan Denel Aviation asal Afrika Selatan, AH-2 Rooivalk, merupakan Helikopter tempur generasi baru yang dibuat berdasarkan Helikopter Puma. Helikopter ini sendiri merupakan proyek ambisius dari pemerintah Afrika Selatan pada tahun 1999 dalam rangka memperkuat sistem pertahana militer negara mereka. Sedangkan nama Rooviak sendiri diambil dari nama sejenis burung elang diAfrika.

Keunggulan dari AH-2 Rooivalk sebdiri terletak pada kemampuanya untuk mengganti senjata sesuai dengan kebutuhan yang ada. Helikopter ini bisa membawa senjata seperti meriam 20-mm Armscor, peluncur roket 4 x 4 untuk TOW dan juga rudal anti-tank Denel ZT-6 Mokopa ketika harus berhadapan dengan senjata berat. Sedangkan saat kondisi normal AH-2 Rooivalk hanya akan membawa peluncur roket 70-mm.

CAIC Z-10 – China

CAIC Z-10 atau biasa dikenal juga dengan nama WZ-10 merupakan helikopter tempur buatan China yang dirancang secara khusus sebagai senjata anti-tank. WZ sendiri merupakan singkatan kata dari Wuzhuang Zhishengji yang secara harfiah diartikan sebagai Helikopter Bersenjata. WZ-10 merupakan proyek jangka panjang dari pemerintah China yang sudah di mulai sejak tahun 1970an, namun baru resmi masuk dalam tahap pengembangan yang serius pada tahun 1998.

WZ-10 sering kali disamakan dengan Rooivalk AH-2 dan A-129 Mangusta yang dianggap merupkan helikopter tempur yang ada di kelas yang sama. Helikopter ini memiliki desain yang ramping jadi sangat mudah untuk melakukan manuver di area yang tak begitu luas. Sama halnya dengan Rooivalk AH-2 dan A-129 Mangusta, WZ-10 juga di desain denhan kokpit ganda bertingkat. Sedangkan untuk persenjataanya, WZ-10 di bekali dengan sepucuk meriam 30-mm dan peluncur rudal anti-tank HJ-9 atau HJ-10. Selain kedua senjata tadi WZ-10 juda dilengkapi dengan rudal TY-90 untuk serangan udara dan juga selongsong roket biasa, sebagai pelengkapan untuk mengatasi musuh di udara.

Eurocopter Tiger – Prancis & Jerman

Dibangun oleh dua negara besar Eropa yaitu Jerman dan Prancis, Eurocopter Tiger merupakan salah satu helikopter tempur paling canggih yang ada saat ini. Pertama kali resmi berdinas pada tahun 2003, Eurocopter Tiger merupakan Helikopter dengan mesin ganda dengan 4 bilah baling-baling yang diproduksi oleh dirgantara Eropa yaitu DaimlerChrysler Aerospace (Jerman), Aerospatiale Matra (Perancis) dan CASA (Spanyol). Untuk bahan pembuatanya juga tak sembarangan karena keseluruhan body dari Eurocopter Tiger dibuat dengan bahan yang terdiri dari 80% serat karbon yang diperkuat dengan polimer dan Kevlar, 11% aluminium, dan 6% titanium yang membuat badan Heli ini sangat kuat dan tahan banting.

Sedangkan untuk persenjataan Eurocopter Tiger juga tak tanggung-tanggung dengan sederet senjata mutakhir yang terpasang diantaranya sepucuk meriam 30-mm dan membawa 8 rudal anti-tank HOT 2, HOT 3 atau Trigat 2, sebanyak 4 rudal udara-ke-udara jarak pendek Stinger 2 atau Mistral, ditambah dengan roket 68 x 68-mm dan serenteng senapan mesin 12,7 mm. Dengan persenjataan yang lumayan komplik ini maka tak salah jika banyak negara Eropa seperi Jerman, Prancis dan Spanyol yang menggunakan Eurocopter Tiger, sebagai Heli tempur untuk angatan bersenjata mereka.

Mil Mi-28 Havoc – Rusia

Mil Mi-28 Havoc merupakan Helikopter Tempur penerus dari Mil Mi-24 Hind buatan Rusia dengan beberapa pembaharuan dari segi teknologi. Berbeda dengan Mil Mi-24 Hind versi terbaru dari Mil Mi-28 Havoc dirancang khusus untuk bisa beroperasi dalam segala jenis cuaca dan dapat beroperasi dengan baik di siang maupun malam hari. Dengan kecepatan yang mampu mencapai 320kilometer perjan dan body rangka yang dilapisi baja, helikopter ini juga bisa digunakan sebagai sarana transportasi udara sekunder.

Baca Juga:  Kisah Hidup Kembar Siam Paling Fenomenal Di Dunia

Sedangkan untuk urusan perlengkapan senjara, Mil Mi-28 Havoc dibekali dengan sepucuk meriam 30-mm dan membawa 9 rudal M114 Shturm-C, 9 rudal M120 atau M121F Vikhr, serta 9 rudal anti-tank A-2200. Jadi untuk urusan kelengkapan fungsi dan persenjataan Mil Mi-28 Havoc sudah tak perlu diragukan lagi.

Kamov Ka-52 Hokum-B – Rusia

Helikopter tempur canggih kali ini masih dari Rusia, negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini nampaknya benar-benar serius dalam membangun kekuatan militernya dengan banyaknya jumlah Helikopter buatan mereka dalam daftar kali ini. Kamov Ka-52 Hokum-B atau juga dikenal dengan sebutan “The Aligator” merupakan Helikopter tempur dengan kokpit yang memiliki 2 kursi yang merupakan pembaharuan dari dari Ka-50. Dengan kecepatan rata-rata mencapai 280km perjam dan top speed yang mencapai 320km perjam, Kamov Aligator saat ini dikenal sebagai salah satu helikopter tempur paling canggih dan cepat yang ada di dunia.

Sama halnya dengan Mil Mi-28 Havoc, Kamov Aligator juga dirancang sebagai Helikopter tempur yang mampu beroperasi dalam kondisi cuaca apapun dan juga bisa beroperasi dengan baik pada siang ataupun malam. Untuk urusan persenjataan sendiri The Aligator dilengkapi dengan sepucuk meriam 30-mm dengan 460 butir peluru, 12 rudal anti-tank Vikhr (AT-9 Spiral) serta 4 rudal udara-ke-udara Igla-V dan dapat membawa beberapa roket biasa.

Bell AH-1Z Viper – Amerika Serikat

Saat mendengar “mesin twin turbo” kebanyakan orang mungkin akan terbayang dengan sebuah mobil sport. Padahal nyatanya mesin tiwn tubo tak hanya digunakan oleh mobil saja, tapi adapula helikopter yang menggunakan tipe mesin seperti ini. Tentu saja meski namanya sama ada beberapa spesifikasi yang berbeda. Salah satu contoh helikopter dengan mesin twin turbo ini diantaranya adalah Bell AH-1Z Viper, buatan Amerika.

Helikopter yang merupakan pembaruan dari AH-1 Cobra ini sekarang dikenal sebagai helikopter tenpur termaju di dunia dengan kemampuan serbu yang paling mengerikan. AH-1Z Viper merupakan satu-satunya helikopter yang dibekali dengan rydal terintegerasi penuh yang dikenal dengan nama Tomahawk. Selain itu helikopter ini memiliki meriam 3-laras ukuran 20-mm dengan 750 peluru dan membawa rudal anti-tank AGM-114A/B/C, rudal anti-kapal AGM-114F, rudal udara-ke-udara AIM-9, sejumlah selongsong untuk roket 70-mm biasa, dan bom dengan daya ledak tinggi.

AH-64E Apache Guardian – Amerika Serikat

Jika membicarakan tentang helikopter tempur paling canggih di dunia saat ini, maka belum ada yang bisa melengserkan AH-64E Apache Guardian buatan Amerika dari urutan teratas. Helikopter dengan dua awak ini dinilai sebagai yang paling tangkas baik dari kecepatan maupun persenjataan yang di usung. Sama halnya dengan “Bell AH-1Z Viper,” AH-64E Apache juga dibekali dengan mesin twin turbo yang membuat helikopter berukuran sedang ini bisa mencapai kecepatan rata-rata mencapai 300 km perjam. Helikopter ini juga dirancang untuk bisa beroperasi di segala medan dan jenis cuaca dengan desain unik pada roda pendaratan yang terletak di bagian ekor.

Sedangkan untuk urusan persenjataan AH-64E Apache Guardian, dilengkapi dengan sepucuk meriam 30-mm dan membawa 16 rudal AGM-114L Hellfire, 2 rudal anti-tank, 4 rudal AIM-92 Stinger, atau 2 rudal udara-ke-udara AIM-9 Sidewinder, 2 rudal anti-radiasi AGM-122 Sidearm dan selongsong roket 19-tembakan roket Hydra 70. Daftar senjata ini merupakan yang terbaik saat ini jika dinilai dari kekomplitanya. Karena itu tak salah jika AH-64E Apache Guardian sering disebut sebagai helikopter tempur paling canggih dan terbaik yang ada di dunia sampai saat ini.

Sahabat anehdidunia.com itulah daftar helikopter paling canggih yang ada di dunia saat ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sekaligus menambah wawasan.

Referensi:

http//global.liputan6.com/read/2610065/ini-10-helikopter-serbu-paling-sangar-di-muka-bumi

https//en.wikipedia.org/wiki/Helicopter

Motivasi