Pesawat Kepresidenan Negara Ini Punya Harga Fantastis


Menjadi seorang presiden tentu bukanlah pekerjaan yang mudah, segala hal yang menyangkut kepentingan negara harus dikerjakan, segala bentuk masalah harus diselesaikan dan segala bentuk keputusan harus dilakoni serta masih banyak lagi tugas lainnya. Karena tanggung jawab yang berat itu jugalah, presiden mendapat hak-hak istimewa bertujuan untuk memudahkan mobilitas mereka. Seperti kemudahan visa untuk keluar negeri, pesawat khusus atau istilah lainnya pesawat kepresidenan dan lain sebagainya.

Bicara soal pesawat kepresidenan, di Indonesia sendiri juga punya denga tipe Boeing 737-800 yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kepentingan presiden. Pesawat kepresidenan di Indonesia biasanya digunakan oleh Presiden dan atau Wakil Presiden ketika harus melakukan perjalanan dalam atau luar negeri yang membutuhkan transportasi udara. Bisa dipastikan kalau pesawat kepresidenan tentu punya fasilitas berbeda dengan pesawat umum lain. Sahabatanehdidunia.com mari kita ulik pesawat kepresidenan beberapa negara di bawah ini yang punya harga fantastis!

Bangladesh – Boeing 777-300ER


Mungkin banyak diantara para sahabatanehdidunia.com yang berpikiran bahwa Bangladesh adalah negara berkembang yang masih berjuang meningkatkan perekonomian penduduknya. Namun untuk urusan pesawat kepresidenan, Bangladesh tak tanggung-tanggung dalam hal memilih dan membelinya. Pesawat Boeing 777-300ER merupakan pesawat yang digunakan presiden maupun perdana menteri ketika melakukan perjalanan diplomatik. Mau tahu berapa harga pesawat ini? Sebanyak $260 juta atau setara dengan Rp. 3,4 triliun pemerintah Bangladesh keluarkan “hanya” untuk membeli pesawat ini. Dengan nilai harga sebesar itu, tentu saja fasilitas serta mesin-mesinnya dibuat dengan kualitas terbaik serta kecanggihan dan keamanan tingkat tinggi. Pesawat kepresidenan 777-300ER Bangladesh ini masuk dalam jajaran elit armada Birman Bangladesh Airlines di tahun 2011.

Jepang – Boeing 747-400


Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara yang kemajuan teknologinya sangat cepat. Apalagi soal transportasinya, Jepang dikenal sangat memerhatikan kenyamanan pengguna, kecepatan layanan dan lain sebagainya. Bisa dilihat dari kereta api yang menjadi sarana transportasi utama disana, tak hanya nyaman dan canggih saja namun diimbangi dengan kecepatannya yang kilat. Tak heran jika pesawat kepresidenannya pun juga berteknologi tinggi, Boeing 747-400 adalah yang dipilih untuk menjadi pesawat khusus pemerintah. Pesawat ini memiliki daya kecepatan hingga 916 km/jam, sayap-sayap pesawatnya pun juga lebar sekitar 70 meter dan dilengkapi dengan berbagai sistem otomatis di dalamnya. Dengan kecanggihan luar biasa seperti itu, sepertinya Jepang tak masalah merogoh kocek sebesar $300 juta atau sama dengan 4 triliun rupiah!

Baca Juga:  Virus Zika Asal Mula Gejala Bahaya Dan Pencegahan

Zimbabwe – Boeing 767


Afrika memang dikenal sebagai benua dengan banyak negara-negara berkembang atau miskin. Mulai dari isu kekurangan air bersih, kasus kelaparan dan penyakit-penyakit berbahaya sangat akrab di kehidupan masyarakatnya. Meski demikian ada satu negaranya yang walau dalam kondisi jauh dari kemakmuran namun pemerintahannya memiliki pesawat kepresidenan denga harga yang sangat mahal! Negara tersebut adalah Zimbabwe yang juga dikenal dengan presidennya yang sangat kontroversial, Robert Mugabe. Pesawat Boeing 767 memang dibeli oleh Mugabe untuk memudahkan perjalanan diplomatiknya keluar negeri. Kondisi ekonomi negaranya yang masih sering mengandalkan bantuan negara lain seolah berbanding terbalik dengan kenyataan bahwa pesawat Boeing 767 rela dibeli seharga Rp. 5 triliun “hanya” sekedar dijadikan pesawat kepresidenan!

Arab Saudi – Boeing 747


Jika ingin sedikit iseng membanding-bandingkan, Zimbabwe yang dikenal sebagai negara berkembang saja mampu membeli pesawat seharga 5 triliun rupiah, bagaimana dengan negara kaya minyak Arab Saudi? Sudah bisa dipastikan tak akan kalah juga. Tipe pesawat yang dipilih untuk dirombak menjadi pesawat kepresidenan adalah pesawat Boeing 747. Kalau mau langsung membahas harga rasanya kurang pas jika belum tahu sedikit tentang apa saja yang ada di dalam pesawat tersebut. Sedikit bocoran kalau pesawat kepresidenan milik raja Arab Saudi ini memiliki air mancur buatan di dalamnya! Meski terdengar mustahil namun kenyataannya memang benar karena untuk mendesain bagian dalam saja menghabiskan uang sebanyak $150 juta! Lalu berapa harga yang dikeluarkan petinggi Arab Saudi untuk kenyamanan pesawatnya ini? Sebesar $520 juta atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 6,8 triliun! Uniknya lagi pesawat kepresidenan ini juga mendapat julukan “Flying Palace”

Meksiko


Negara terbesar ketiga di wilayah Amerika Utara yakni Meksiko merupakan negara yang memiliki pesawat kepresidenan dengan harga paling tinggi nomor satu di dunia saat ini. Pesawat tersebut tak lain adalah pesawat Boeing 787-8 Dreamliner yang sering digunakan presiden bepergian utuk kepentingan negara. Pesawat Boeing 787-8 Dreamliner ini sendiri dibeli oleh presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto dengan harga yang benar-benar sangat fantastis yaitu $600 juta! Harga tersebut jika dikurskan dalam rupiah hampir setara dengan 8 triliun rupiah! Dengan harganya yang sebanyak itu, Boeing 787-8 Dreamliner tampil dengan desain lebih ramping serta tingkat kecanggihan yang tinggi. Selain itu, pesawat kepresidenan ini mampu menempuh jarak mulai dari Pantai Barat Amerika Utara hingga Pantai Timur Asia dengan kecepatan 1.000 mil per jam!

Baca Juga:  Kehidupan dan Foto Pemain Sirkus Paling Aneh Dan Unik Sepanjang Masa

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa pesawat kepresidenan di beberapa negara yang memiliki harga sangat fantastis. Harapannya dengan fasilitas yang negara berikan, kinerja para pemimpin negara tersebut juga bisa dipercaya untuk kepentingan rakyatnya masing-masing. Untuk negara tercinta Indonesia sendiri semoga walau pesawat kepresidenannya kalah jauh harga dibandingkan negara-negara diatas namun kinerjanya lebih baik untuk kemajuan negara.

sumber referensi:
http://www.therichest.com/luxury/most-expensive/the-20-most-luxurious-presidential-planes-in-the-world/

Foto Aneh Unik